Dark
Light

Android Dapatkan Firefox 4 Beta dan Adobe AIR

1 min read
October 13, 2010

Persenjataan sistem operasi mobile Android kini semakin lengkap dengan dirilisnya dua nama yang semakin mendekatkan fungsionalitas perangkat genggam ke desktop, yaitu Firefox 4 Beta dan Adobe AIR.

Firefox 4 Beta merupakan kelanjutan dari Fennec versi Alpha yang dirilis akhir Agustus lalu, nama kode Fennec tampaknya sudah ditinggalkan menuju nama produk resminya yaitu Firefox. Selain untuk Android, Firefox 4 Beta juga dirilis untuk platform Maemo.

Sedangkan AIR adalah komponen dari platform Flash milik Adobe yang dikembangkan sebagai lingkungan tempat hidupnya aplikasi web yang dibangun dengan Flash di luar browser.

Dengan adanya Adobe AIR untuk android, maka pengembang dapat menggunakan kode program aplikasi Flash-nya yang ditulis dalam ActionScript 3 untuk membuat aplikasi Android, tanpa harus menulis ulang kodenya. Adobe menunjukkan contoh aplikasi game yang ditulis dalam satu kode yang sama dan berjalan dengan AIR di lima device berbeda pada blog mereka.

Saat ini memang masih belum banyak aplikasi di Android Market yang berjalan dengan AIR, jadi belum bisa ada ukuran kemampuan AIR sebagai platform di Android.

Sementara itu Firefox 4 Beta pastinya menawarkan sinkronisasi dengan Firefox di desktop, dan juga add-on sebagai personalisasi browser. Firefox 4 Beta bisa diunduh lewat Firefox.com/m/beta, dan karena masih versi beta maka handset Android yang ingin diinstall harus mengijinkan instalasi aplikasi yang tidak signed dulu.

Patut dipertimbangkan bahwa Firefox 4 Beta ini memakan tempat kurang lebih 45 MB setelah diinstall. Sebuah angka yang sangat besar untuk aplikasi Android, apalagi kalau instalasinya tidak bisa dilakukan di SD Card.

6 Comments

  1. ralat untuk DailySocial. Adobe AIR tidak hanya mendukung Actionscript (Flash/Flex) tapi juga HTML/JavaScript/CSS . 1 lagi, Adobe AIR bukan komponen tapi sebuah runtime (runtime itu seperti java jdk/.net framework), jadi lebih tepatnya Runtime dari Adobe, yang pemrogramannya bisa dengan AS 3 dan HTML/CSS/JS. ­čÖé

  2. Thank you for the correction hidrodixtion! Really appreciate it ­čÖé


    sent from rampokdroid®
    blackberries can suck it.

  3. Thank you for the correction hidrodixtion! Really appreciate it ­čÖé


    sent from rampokdroid®
    blackberries can suck it.

  4. Keknya spec device untuk Firefox 4 harus tinggi deh.. soalnya saya install di Galaxy 5 ga mau running…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Foursquare Umumkan Aplikasi Untuk Ponsel Berbasis Symbian

Next Story

Digg Dengarkan Pengguna Mereka, Kembalikan Beberapa Fitur Versi Sebelumnya

Latest from Blog

Don't Miss

Review Infinix Note 40 Pro 5G, Smartphone All Rounder Cakepnya Merata

Di tahun 2024 ini, Infinix memperketat persaingan pasar smartphone kelas
Review Poco X6 5G Hybrid

Review Poco X6 5G, Performa Ekstrem dan Sudah Dapat Pembaruan HyperOS

Poco X6 membawa layar AMOLED 120Hz dengan Dolby Vision lalu