Esports Ecosystem

Fnatic Gandeng PCSpecialist Sebagai Penyuplai PC Gaming

28 Jan 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Kolaborasi Fnatic dan PCSpecialist meliputi pengadaan Official Fnatic Gaming PC

Fnatic mengumumkan kerja sama dengan PCSpecialist, menjadikan perusahaan manufaktur komputer tersebut sebagai rekan PC gaming mereka. Itu artinya, PCSpecialist akan menyediakan PC gaming untuk semua tim Fnatic. Saat ini, Fnatic memiliki beberapa tim yang berlaga di berbagai game esports, seperti League of Legends, Counter-Strike: Global Offensive, dan Fortnite. PCSpecialist tidak hanya memberikan PC gaming untuk para pemain Fnatic, mereka juga akan menyuplai markas Fnatic yang ada di London, Berlin, dan Kuala Lumpur dengan PC gaming serupa. Selain itu, PCSpecialist dan Fnatic juga akan bekerja sama untuk membuat konten yang akan diunggah ke media sosial Fnatic.

“PCSpecialist adalah rekan hardware yang sempurna untuk kami. Mereka mengerti apa yang tim kami perlukan dan mereka dapat memberikan perangkat yang memiliki performa yang sangat baik, memungkinkan pemain kami untuk menunjukkan performa terbaik mereka,” kata Patrik Sättermon, Chief Gaming Officer, dikutip dari Esports Insider. “Mereka juga memungkinkan fans dan orang-orang yang ingin menjadi atlet esportsprofesional di Eropa untuk bermain game menggunakan Official Fnatic Gaming PC.”

Official Fnatic Gaming PC. | Sumber: Fnatic via Esports Insider
Official Fnatic Gaming PC. | Sumber: Fnatic via Esports Insider

Memang, salah satu bagian dari kerja sama antara PCSPecialist dan Fnatic adalah pengadaan Official Fnatic Gaming PC yang tersedia untuk konsumen di Eropa. PC tersebut bisa dibeli secara online atau di toko Currys PC World. Official Fnatic Gaming PC dihargai GBP 1.599 (sekitar Rp28,4 juta). Inilah spesifikasi dari PC tersebut:

Prosesor: AMD Ryzen 7 3700X
VGA: AMD Radeon RX 5700 XT
RAM: 16GB Corsair VENGEANCE RGB Pro 3200MHz
Storage: 500GB Samsung 970 EVO PLUS M.2 SSD dan 2TB SEAGATE BARRACUDA HDD
Cooler: PCS Frostflow RGB High Performance Liquid Cooler
OS: Windows 10 Home

John Medley, Commercial Manager, PCSpecialist mengaku bangga dengan kolaborasi ini. “Gaming merupakan bagian penting dari DNA PCSpecialist. Jadi, kesempatan untuk bekerja sama dengan salah satu organisasi esports terbesar di dunia adalah prospek yang sangat membanggakan bagi kami,” ujarnya.

Esports kini memang tengah menjadi perhatian semua orang. Tahun lalu, nilai industri esports diperkirakan telah menembus US$1 miliar. Angka itu diduga masih akan terus naik. Tidak hanya merek endemik seperti merek hardware yang tertarik untuk mendukung esports, merek-merek non-endemik — mulai dari merek makanan sampai perusahaan manufaktur mobil — yang juga tertarik untuk mendukung esports. Pemerintah dan politikus pun mulai melirik esports.