Fnatic CS:GO Kembali Menjadi Peringkat 1 Dunia

Fnatic CS:GO kembali menjadi peringkat 1 dunia menurut HLTV. Tim asal Swedia ini menyalip NAVI setelah memenangkan ESL Pro League Season 11.

Fnatic baru-baru ini berhasil menyodok peringkat 1 dunia di kancah Counter-Strike:Global Offensive (CS:GO). Ini merupakan kali ketiga organisasi esports asal Swedia merebut peringkat satu dunia di kancah kompetitif CS:GO.

Peringkat tim CS:GO terbaik dunia ini dibesut oleh salah situs media serta pencatat performa tim dan pemain esports CS:GO yang berdiri sejak 2002 lalu, HLTV.org. Fnatic menyusul Natus Vincere yang berada di peringkat teratas sebelumnya.

?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1254818797275484160&ref_url=https%3A%2F%2Fdotesports.com%2Fcounter-strike%2Fnews%2Ffnatic-surpass-navi-for-no-1-spot-in-hltvs-world-rankings

NAVI berada di peringkat paling atas selama kurang lebih 2 bulan lamanya, menurunkan Astralis dari tahta, setelah memenangkan IEM Katowice 2020 pada awal Maret 2020 kemarin. Namun sayang, NAVI tidak berhasil mempertahankan peringkat mereka, setelah harus puas mendapat peringkat 4 saja saat bertanding di gelaran online ESL Pro League Season 11, yang akhirnya dimenangkan oleh Fnatic.

Seperti disebut di awal, ini adalah kali ketiga Fnatic merebut peringkat 1 ranking HLTV. Pertama kali Fnatic menjadi peringkat 1 dunia adalah saat sistem rank HLTV diperkenalkan untuk pertama kalinya pada Oktober 2015.

Fnatic berhasil mempertahankan peringkat tersebut selama tiga pekan, namun setelahnya mereka disalip oleh Team Solomid, yang ketika itu bertanding dengan roster Astralis saat ini. Tim asal Swedia ini akhirnya berhasil menyalip kembali, dan menduduki pemuncak klasemen sebelum akhir tahun 2015.

Ketika itu, mereka berhasil mempertahankan peringkat 1 selama empat bulan, sampai akhirnya NAVI merebut itu di tahun 2016. Dengan pergeseran peringkat ini, Astralis kini menjadi tim terbaik dunia ketiga. Ini adalah peringkat terendah yang pernah diterima tim asal Denmark tersebut, sejak September 2019, setelah memenangkan StarLadder Berlin Major.

Sumber: ESL Official Media

Turnamen berikut yang bisa kembali menggoyang peringkat ini adalah ESL One: Road to Rio regional Eropa dan Amerika Utara yang sudah berjalan. HLTV mengatakan, walau ini diselenggarakan secara online, namun memenangkan kompetisi tersebut tetap dianggap sebagai sebuah pencapaian untuk menggambarkan skena kompetitif CS:GO yang berubah karena situasi pandemi COVID-19.

Fnatic saat ini terbilang cukup terpuruk pada pertandingan yang sudah dimulai sejak 22 April 2020 kemarin tersebut. Bertanding di grup A bersama 7 tim lainnya, Fnatic kini berada di peringkat 6 dengan perolehan menang-kalah 1-2.

Peringkat satu grup A sementara ini diduduki oleh Ninja in Pyjamans dengan perolehan menang-kalah 3-0. Lalu di grup B ada FaZe Clan, yang juga mendominasi pertandingan sejauh ini dengan perolehan menang-kalah 3-0.

Melihat keadaan ini, akankah Fnatic bisa terus mempertahankan peringkat 1 dunia ranking HLTV?