Dark
Light

WhatsApp Perkenalkan Fitur Baru “Saluran WhatsApp”

by
1 min read
June 12, 2023
Fitur Saluran WhatsApp

Setiap orang tentu memiliki hobi dan kegemarannya masing-masing di dunia maya. WhatsApp kelihatannya ingin memfasilitasi para penggunanya agar dapat terus terhubung dengan update terbaru terkait hal kegemaran mereka.

Hal tersebut direalisasikan oleh Meta melalui fitur baru yang disebut Saluran WhatsApp (Channel). Dalam deskripsinya, fitur Saluran adalah cara simpel, andal, dan privat untuk menerima info terkini dari berbagai hal langsung di dalam WhatsApp.

Nantinya, akan ada tab khusus Saluran yang disebut sebagai Pembaruan. Di sana pengguna akan menemukan status dan saluran yang bisa dipilih dan diikuti. Uniknya, kolom ini akan terpisah dari obrolan utama WhatsApp.

Setiap saluran merupakan siarah satu arah yang dikelola oleh admin. Para admin ini dapat mengirim teks, foto, video, stiker, dan polling untuk para pengikutnya. Admin nantinya juga dapat membagikan undangan untuk mengikuti saluran milik mereka.

WhatsApp telah mempersiapkan beberapa saluran resmi yang dapat diikuti. Saluran-saluran resmi ini sudah terbagi ke dalam beberapa direktori seperti hobi, tim olahraga, informasi terbaru, otoritas setempat, dan banyak lainnya.

Visi WhatsApp untuk fitur ini adalah membangun sebuah layanan siaran yang paling privat, sehingga informasi pribadi dari para admin dan juga orang-orang yang mengikuti saluran tersebut tidak akan ditampilkan.

Sebagai admin saluran, nomor telepon dan foto profil Anda tidak akan ditampilkan kepada pengikut. Demikian pula sebaliknya, nomor telepon Anda juga tidak akan diungkapkan kepada admin dan pengikut lainnya dalam saluran tersebut.

Mengantisipasi ruang penyimpanan yang dapat membeludak, WhatsApp mengonfirmasi bahwa mereka hanya akan menyimpan riwayat saluran di server hingga 30 hari. Pengguna bahkan akan mendapat cara untuk menghilangkan pembaruan lebih cepat.

Terakhir, WhatsApp turut memberikan kemampuan kepada admin untuk memutuskan siapa saja yang dapat mengikuti saluran mereka. Lebih spesifik lagi, mereka juga dapat mengatur saluran mereka untuk dapat ditemukan di direktori atau tidak.

“Untuk memulai Saluran, kami sangat antusias untuk bekerja sama dengan suara-suara global terkemuka dan organisasi pilihan di Kolombia dan Singapura,” tulis siaran pers resmi dari WhatsApp indonesia.

Kolombia dan Singapura memang menjadi dua negara pertama yang mendapatkan fitur Saluran ini. Namun WhatsApp berjanji dalam beberapa bulan mendatang mereka akan memperluas fitur ini ke lebih banyak negara, termasuk halnya Indonesia.

First impression Diablo 4
Previous Story

First Impression Diablo 4: Mudah Sekali Ketagihan dengan Game Ini

ASUS ROG Flow Z13 ACRONYM
Next Story

ASUS Rilis Laptop Gaming 2-in-1 ROG Flow Z13 Edisi Khusus ACRONYM

Latest from Blog

Don't Miss

Qualcomm Bekerja Sama dengan Meta untuk Inovasi AI On-Device

Qualcomm Technologies, Inc. baru saja mengumumkan kolaborasi besar dengan Meta
WhatsApp screen sharing

Fitur Terbaru WhatsApp, Bisa Berbagi Layar Saat Lakukan Video Call

WhatsApp sebagai salah satu platform milik Meta Inc. baru saja