18 October 2022

by Lukman Azis

Fitur Baru Netflix Profile Transfer Bikin Pelanggan Tidak Bergantung Pada Akun Netflix Orang Lain

Fitur Profile Transfer memungkinkan pengguna memindahkan rekomendasi film yang dipersonalisasi, riwayat, my list, dan save game ke akun baru

Saat ini Netflix menawarkan empat paket berlangganan. Mulai dari mobile (Rp54.000), basic (Rp120.000), standard (Rp153.000), serta paling mahal premium (Rp186.000 per bulan) yang mendukung resolusi video 4K HDR dan empat layar secara bersamaan.

Daripada memilih paket mobile termurah dengan fitur terbatas, yang mana hanya mendukung resolusi video 480p dan satu layar yang hanya diakses lewat smartphone atau tablet. Anda bisa mengajak keluarga atau teman dekat berlangganan paket premium, jika dibagi empat orang maka per bulan hanya Rp46.500 dan bisa diakses lewat komputer maupun smartTV.

Permasalahannya adalah tiap paket hanya menggunakan satu akun. Artinya jika menggunakan paket premium bersama dengan empat orang atau lebih maka harus berbagi kata sandi dan yang lain bergantung pada satu akun.

Meski kita bisa membuat profil untuk masing-masing anggota, mereka tetap bisa masuk ke profil orang lain, dan melihat riwayat menonton. Selain itu, jika Anda bermain game-game di Netflix, Anda bisa kehilangan data permainan jika nantinya memutuskan berhenti berlangganan bersama.

Oleh karena itu, Netflix telah mengumumkan fitur baru yang disebut Profile Transfer. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan rekomendasi film yang dipersonalisasi, riwayat menonton, my list, save game, dan pengaturan lainnya ke akun baru tanpa harus memulai dari awal.

Netflix ingin membantu mereka yang bergantung pada akun Netflix orang lain dan ingin beralih dari akun bersama menjadi solo tanpa harus kehilangan data mereka yang ada. Fitur Profile Transfer telah diuji sejak Maret di Chile, Costa Rica, dan Peru. Sekarang fitur ini diluncurkan lebih luas.

Alasan lain, langkah Netflix ini juga menindaklanjuti isu berbagi kata sandi dan mendorong lebih banyak orang membuat akun Netflix mereka sendiri sehingga meningkatkan jumlah pelanggan. Netflix memperkirakan bahwa lebih dari 100 juta rumah tangga mengakses layanan Netflix melalui akun bersama.

Saat ini Netflix memang sedang dalam tekanan, persaingan yang sengit membuat jumlah pengguna baru menurun drastis. Untuk mendatangkan untung besar bagi perusahaan, mereka juga tengah menguji fitur berbagi kata sandi dengan biaya tambahan. Netflix juga berencana meluncurkan paket yang lebih murah tetapi menampilkan iklan.

Sumber: TheVerge