26 June 2022

by Galih

Netflix Akhirnya Konfirmasi Kedatangan Iklan ke dalam Platform-nya

Era Netflix tanpa iklan sepertinya akan segera berakhir.

Bebas iklan merupakan salah satu nilai jual tertinggi yang dimiliki platform streaming Netflix sejak awal kemunculannya. Bahkan di awal-awal kepopulerannya, Netflix menjadi salah satu yang menentang keberadaan iklan di platform-nya

Namun sayangnya status tersebut akan segera berakhir karena Netflix kini mengkonfirmasi bahwa mereka akan segera mengimplementasikan iklan ke dalam platform-nya.

Persaingan yang semakin ketat melawan platform streaming lainnya seperti Amazon Prime, Disney+, dll. Ditambah dengan ekspansi besar-besaran ke industri video game yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Apalagi saat ini Netflix telah menaikkan biaya berlangganannya untuk yang kesekian kalinya. Hal ini membuat mereka harus mencari jalan baru untuk tetap dapat menghadirkan layanan mereka untuk para pelanggan yang menginginkan harga yang lebih murah.

Co-CEO Netflix ,Ted Sarandos | Image Credit: PinkNews

Dilaporkan oleh Hollywood Reporter, kehadiran iklan ke dalam Netflix tersebut dikonfirmasi langsung oleh sang Co-CEO ,Ted Sarandos yang tengah menghadiri Cannes Lions International Festival of Creativity di Perancis.

Sarandos menyebutkan bahwa Netflix telah kehilangan jumlah pelanggan yang signifikan sekarang. Mayoritas pelanggan tersebut merasa bahwa layanan streaming sekarang terlalu mahal bagi mereka.

Dan Sarandos percaya bahwa basis konsumen yang pergi ini tidak akan keberatan untuk kembali meskipun platform-nya kini memiliki iklan. Selama mereka bisa membayar lebih murah untuk berlangganan.

Keputusan kontroversial ini kelihatannya mau tidak mau diambil oleh Netflix setelah platform streaming ini dilaporkan kehilangan hingga 200.000 pelanggan dalam empat bulan pertama untuk tahun ini.

Bukan hanya itu, Netflix juga dikabarkan harus memberhetikan 300 karyawannya. Yang berarti 3% dari total karyawan yang ada di Netflix diberhentikan karena perlambatan pertumbuhan pendapatan perusahaannya.

Sarandos juga memastikan, bahwa iklan ini tidak akan mengambil alih platform Netflix secara keseluruhan. Tetapi akan diimplementasikan ke dalam paket baru yang lebih murah tadi.

Untuk saat ini Netflix dikabarkan tengah melakukan pembicaraan dengan para calon partner periklanan mereka. Yang berarti hanya akan ada beberapa brand khusus saja yang nantinya memasang iklannya ke dalam layanan streaming tersebut.

Dalam laporan oleh The Wall Street Journal, Netflix disebut juga akan menjalin kerja sama dengan Google dan juga NBC Universal dalam upaya menghadirkan paket baru dengan iklan ini.