Paket Langganan dan Cara Login di Netflix

Untuk bisa login ke Netflix, Anda harus membuat akun terlebih dulu

Dulu, jika Anda ingin menonton film di rumah, Anda harus membeli atau menyewa CD. Namun, sekarang, Anda bisa menonton film atau seri TV menggunakan layanan streaming, seperti Netflix. Dengan login ke Netflix, Anda bisa menonton semua film dan seri TV yang ada di katalognya.

Empat Paket Berlangganan Netflix

Netflix menawarkan empat paket langganan, yaitu Mobile, Basic, Standard, dan Premium. Mobile merupakan paket yang paling murah, dengan biaya langganan sebesar Rp54 ribu per bulan. Namun, jika Anda berlangganan paket ini, Anda hanya bisa menonton konten dari Netflix di perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet. Selain itu, Anda juga hanya bisa menonton film pada resolusi 480p.

Sementara jika Anda berlangganan dari tiga paket lainnya -- Basic, Standard, atau Premium -- Anda tidak hanya bisa menonton Netflix dari perangkat mobile, tapi juga dari laptop, PC, dan TV. Namun, harga dari ketiga paket itu memang lebih mahal dari paket Mobile.

Empat paket langganan dari Netflix.

Paket Basic dihargai Rp120 ribu per bulan. Dan pengguna paket ini juga hanya bisa menonton film pada resolusi 480p. Sementara itu, paket Standard dihargai Rp153 ribu. Pelanggan dari paket Standard bisa menonton konten dengan resolusi maksimal 1080p. Paket Premium menjadi paket yang paling mahal, dengan harga Rp186 ribu per bulan. Di paket ini, Anda bisa menonton konten pada resolusi 4K+HDR.

Jumlah perangkat yang bisa digunakan untuk login ke Netflix juga tergantung pada paket yang Anda pilih. Pengguna paket Mobile dan Basic hanya bisa login ke Netflix di satu perangkat. Sementara paket Standard bisa digunakan pada dua perangkat sekaligus dan pelanggan paket Premium bisa menonton Netflix pada empat perangkat sekaligus.

Cara Login ke Netflix

Sebelum bisa login ke Netflix, Anda harus membuat akun terlebih dulu. Anda bisa membuat akun Netflix dengan mengunjungi situs Netflix.com. Proses pembuatan akun di Netflix cukup mudah. Anda cukup memasukkan alamat email di bar yang tersedia dan mengklik tombol "Get Started". Lalu, Anda akan diminta untuk membuat password dari akun Anda, sebelum memilih paket langganan.

Setelah itu, Anda harus metode pembayaran. Ada tiga opsi pembayaran yang bisa Anda gunakan, yaitu kartu kredit atau kartu debit, e-wallet, dan gift code. Untuk pembayaran menggunakan kartu kredit atau kartu debit, pastikan bahwa kartu Anda memiliki salah satu logo dari VISA, Mastercard, atau American Express. Sementara untuk e-wallet, tiga dompet digital yang diterima oleh Netflix adalah Gopay, Dana, dan OVO.

Anda cukup memasukkan alamat email di bar dan menekan tombol "Get Started".

Jika Anda menggunakan kartu kredit atau kartu debit, Anda akan diminta untuk mengisi data diri dan informasi kartu. Sementara jika Anda memilih untuk membayar menggunakan e-wallet, Anda akan diminta untuk memilih salah satu dari tiga opsi e-wallet yang tersedia dan memasukkan nomor ponsel Anda. Setelah pembayaran selesai, Anda akan langsung bisa login ke Netflix dan menonton film atau seri TV yang ada.

Untuk masuk ke akun Netflix Anda, Anda hanya perlu menekan tombol Sign In padahal halaman utama dari Netflix.com atau pada aplikasi Netflix di smartphone. Kemudian, Anda harus memasukkan alamat email dan password yang Anda gunakan saat pembuatan akun.

Netflix Gratis dan Penggunaan VPN

Pada awalnnya, Netflix menawarkan free trial alias langganan gratis selama 30 hari. Hanya saja, sekarang, Netflix menyebutkan bahwa mereka tidak lagi menyediakan langganan gratis bagi pelanggan baru. Sebagai gantinya, mereka meyakinkan, pelanggan bisa membatalkan langganan mereka kapan pun, tanpa perlu khawatir akan biaya pembatalan.

Satu hal lain yang harus Anda ingat, Netflix kini tersedia di lebih dari 190 negara. Dan walaupun Netflix telah membuat sejumlah seri TV orisinal, seperti Stranger Things, Money Heist, dan Squid Game, mereka sejatinya adalah perusahaan streaming film. Artinya, hak distribusi film yang mereka pegang di setiap negara tempat mereka beroperasi berbeda-beda. Bagi pelanggan, hal ini berarti, katalog film yang bisa mereka akses akan terbatas pada negara tempat mereka tinggal.

VPN bisa membuat Anda mengakses katalog Netflix di negara lain. | Sumber: Make Use Of

Kabar baiknya, Anda bisa mengakali masalah ini dengan menggunakan Virtual Private Network (VPN). Selain itu, Anda juga bisa mengakses katalog film Netflix di negara lain menggunakan DNS tunneling atau Smart DNS. Seperti yang disebutkan oleh Make Use Of, pada dasarnya, VPN atau Smart DNS punya fungsi yang sama, yaitu membuat Netflix mengira bahwa lokasi perangkat Anda ada di negara lain.

Sayangnya, menggunakan VPN atau Smart DNS untuk mengakses Netflix juga punya dampak buruk. Salah satunya, penggunaan VPN bisa mempengaruhi kecepatan streaming saat Anda sedang menonton film.

Dalam beberapa bulan belakangan, Netflix kehilangan ratusan ribu pelanggannya. Hal ini memaksa mereka untuk mempertimbangkan strategi baru untuk tetap relevan. Salah satu hal yang mereka lakukan untuk mempertahankan pelanggan mereka adalah dengan membuat game. Selain itu, mereka juga mempertimbangkan untuk menampilkan iklan.

Sumber header: Pexels