21 July 2022

by Daniel Hamiaz

Build Fischl Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

“I, Fischl, am the Prinzessin der Verurteilung, Sovereign of Immernachtreich, omniscient and eminent judge of all the world's iniquity!” -Fischl.

Fischl merupakan karakter yang cukup sering dipakai di Genshin Impact. Walaupun gameplay-nya terkesan sederhana, namun banyak faktor yang mendongkrak output damage yang ia hasilkan. Faktor apa sajakah itu? Simak penjelasan panduan bermain Fischl berikut ini.

Build Fischl Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Fischl

Fischl merupakan karakter Electro B4 dengan senjata bow. Ia sering digunakan sebagai karakter sub DPS, yang bisa memberikan damage Electro secara konsisten. Gameplay-nya bisa dikatakan cukup gampang. Semua damage yang ia hasilkan, akan bergantung pada penggunaan Oz, gagak setia pendamping Fischl.

Selain memberikan damage, manfaat lain yang Fischl berikan adalah memberikan 1 partikel energi Electro kepada karakter aktif, setiap kali Oz melancarkan serangan. Hal inilah yang membuat Fischl sangat berharga di sejumlah komposisi tim.

Pada tim Taser, Fischl dapat dikatakan sebagai salah satu penyumbang damage terbesar. Selain dari serangan Oz per detiknya, ada damage tambahan dari talenta pasif, yang akan terpicu setiap kali karakter aktif memicu reaksi elemen berbasis Electro.

Dalam hal ini, Electro-Charged merupakan reaksi yang sangat mudah dilakukan, karena aura 2 elemen akan melekat beberapa saat, sebelum salah satunya menghilang. Semakin cepat reaksi terpicu, maka semakin besar pula damage yang Fischl hasilkan.

Sayangnya selain C6, konstelasi Fischl tergolong biasa saja, tanpa memberikan power spike yang berarti.

Elemental Skill – Nightrider

Fischl akan memanggil Oz, yang akan menyerang musuh terdekat dengan Electro DMG. Selama durasi Oz belum habis, Anda bisa menekan kembali Elemental Skill untuk merelokasi posisi Oz ke sebelah Fischl.

Elemental Burst – Midnight Phantasmagoria

Fischl akan berubah menjadi Oz dalam beberapa saat, mendapatkan tambahan Movement SPD, memberikan Electro DMG ke musuh sekitar. Saat durasi-nya habis, Oz akan muncul di posisi terakhir Fischl.

Manfaatkan Burst ini untuk mereset durasi dan cooldown Oz, saat Elemental Skill sedang cooldown.

Talenta Pasif 1: Stellar Predator

Saat Fischl menembakkan Charged Attack ke arah Oz, maka akan tercipta sebuah petir yang akan menyambar musuh dengan damage AoE Electro.

Skill ini tidaklah terlalu berguna, baik dari segi pertarungan maupun eksplorasi. Maka bisa dikatakan bahwa talenta ini bisa diabaikan.

Talenta Pasif 2: Undone Be Thy Sinful Hex

Jika karakter aktif memicu reaksi elemen berbasis Electro saat Oz berada di arena, maka akan muncul petir yang akan menyambar musuh dengan damage Electro.

Talenta ini menyumbang damage yang lumayan besar, khususnya pada tim yang memanfaatkan reaksi elemen secara konsisten, contohnya tim Taser.

Talenta Pasif 3: Mein Hausgarten

Saat Fischl melakukan ekspedisi di Mondstadt, ia akan memangkas waktu yang dibutuhkan sebanyak 25%.

Prioritas Talenta: Elemental Skill > Elemental Burst.

Konstelasi

Konstelasi Penting: C6.

Secara sederhana, konstelasi Fischl dapat dijelaskan seperti ini:

C1: Saat Fischl melakukan Normal Attack, akan ada serangan susulan dengan Physical DMG, yang dihitung berdasarkan dari 22% ATK Fischl.

C2: Saat memakai Elemental Skill, Oz akan memberikan DMG Electro kepada musuh sekitar. Efek ini akan terpicu sekali saja, saat Oz muncul.

C3: +3 level Elemental Skill.

C4: Saat memakai Elemental Burst, Oz akan memberikan damage tambahan. Saat durasi berakhir, Fischl akan mendapatkan pemulihan sebesar 20% HP setelah itu.

C5: +3 level Elemental Burst.

C6: Setiap kali karakter aktif melakukan Normal Attack, Oz akan ikut menyerang target dengan Electro DMG. Durasi Oz akan bertambah 2 detik.

Artifact

Ada 2 pilihan Artifact yang bisa digunakan oleh Fischl, yaitu antara 4 Tenacity of the Millelith atau antara 2 Gladiator's Finale/Shimenawa Reminiscence dan 2 Thundering Fury.

Serangan Oz sanggup memicu efek 4 Tenacity of the Millelith secara konsisten, dan efek pasif dari Artifact ini akan meningkatkan ATK dan Shield Strength dari anggota tim. Namun dengan memakai set ini, personal dmg Fischl akan menurun. jika dibandingkan dengan kombinasi 2 set tadi.

Selain itu, perlu diperhatikan juga saat menggunakan 4 Tenacity of the Millelith, pastikan karakter di tim Anda, memang menggunakan stat ATK sebagai scaling stat-nya. Karakter-karakter seperti Hu Tao atau Yelan, tidak membutuhkan ATK, sehingga selain dmg personal Fischl yang turun, menggunakan Artifact ini juga tidak terlalu bermanfaat di tim yang memakai karakter dengan scaling non-ATK.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK%.
  • Goblet: Electro DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > ATK% > ER% > EM.

Senjata Fischl Genshin Impact

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Untuk senjata terbaik, Anda bisa menggunakan senjata B5 terbaik Anda, tergantung dari substat yang ia butuhkan. Contoh senjata yang bisa Anda pakai adalah Thundering Pulse, Polar Star, Aqua Simulacra, Skyward Harp, Elegy of the End, atau The Viridescent Hunt dari Battle Pass.

Untuk Elegy for the End, senjata yang didesain untuk Venti ini masih bisa Fischl pakai dengan baik. Efek pasifnya bisa terpicu dengan mudah dari serangan Oz. Sayangnya, mirip dengan 4 Tenacity of the Millelith, senjata ini akan sedikit menurunkan damage personal Fischl untuk menaikkan ATK anggota tim. Selain itu, substat ER tidaklah terlalu bermanfaat, jika dibandingkan dengan substat Crit Rate/DMG dari senjata b5 lain.

Untuk senjata F2P, Anda bisa menggunakan The Stringless yang bisa meningkatkan damage Elemental Skill dan Burst dengan angka yang tinggi. Sayangnya, substat EM agak kurang fleksibel untuk Fischl.

Untuk pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan Windblume Ode, Fading Twilight, Favonius Warbow, atau Prototype Crescent.

Untuk Prototype Crescent, Anda perlu menembak weak spot musuh terlebih dahulu sebelum menggunakan Elemental Skill. Hal ini akan menyebabkan waktu yang Fischl habiskan lebih lama dibandingkan saat memakai senjata lain. Namun, dapat dikatakan bonus ATK yang diberikan Prototype Crescent cukup setara dengan waktu yang dihabiskan, apalagi dengan refinement tinggi.

Komposisi Tim Fischl Impact

Salah satu tim yang Fischl sering gunakan adalah tim Taser. Tim ini mengandalkan reaksi Electro-Charged, yang dipicu dari elemen Hydro dan Electro secara konsisten, dan diamplifikasi dengan reaksi Swirl dari Anemo.

Contoh komposisi tim yang paling umum digunakan di tim ini adalah Fischl, Sucrose, Xingqiu, Beidou. Jika Anda melawan musuh tipe single-target, Anda bisa mengganti Beidou dengan karakter Electro lain, seperti Raiden Shogun, Yae Miko, atau Kuki Shinobu jika membutuhkan healer Electro.

 

Tim Sukokomon merupakan sebuah tim yang ditemukan oleh komunitas, yang memanfaatkan reaksi Swirl gila-gilaan dari 3 elemen sekaligus secara bersamaan. Tim ini terdiri dari Sucrose, Kokomi, Fischl, dan Xiangling. Tim ini tidak memiliki alternatif karakter, sehingga peran Fischl sangat krusial di tim ini.

Nama Sukokomon ini sendiri merupakan singkatan dari Sucrose Kokomi Pokemon, yang menjelaskan gameplay dari tim ini. Dengan memanfaatkan unit-unit Deployable dari 3 karakter, lalu akan di Swirl oleh Sucrose.

Untuk menggunakan tim ini secara optimal, Anda perlu tahu rotasi dan timing yang benar. Karena itu, tim ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi, dibandingkan dengan komposisi tim lain di Genshin Impact. Untuk detail cara bermain tim ini, Anda bisa cek di bagian tips.

Fischl merupakan salah satu karakter Electro yang bagus untuk mengisi tim Eula. Karena pada dasarnya Fischl akan dengan sangat mudah memicu reaksi Superconduct dari campuran Cryo dan Electro, dan juga menghasilkan partikel energi untuk Eula. Untuk tim ini, Fischl juga bisa memanfaatkan 4 Tenacity of the Millelith jika diperlukan. Untuk karakter lain, Anda bisa pakai karakter sesuai kebutuhan Eula Anda. Salah satu komposisi tim Eula yang terdiri dari karakter B4 adalah dengan memakai Rosaria dan Diona.

Contoh tim terakhir yang diberikan adalah Xiao. Xiao memang merupakan karakter yang fleksibel untuk urusan team-building. Namun, terkadang ia agak kesulitan untuk memanfaatkan sub DPS lain, karena gameplay Plunge Attack-nya.

Ia akan kesulitan untuk memanfaatkan Xingqiu yang mewajibkan bermain Normal Attack atau Venti yang akan mengangkat musuh yang terlalu tinggi. Fischl merupakan salah satu opsi karakter yang bisa mengisi komposisi tim Anda, saat bermain Xiao. Terlebih lagi, ia akan sedikit membantu memberikan energi untuk Elemental Burst Xiao.

Tips Fischl Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Berbeda dengan karakter lain, jeda iframe atau Invincibility Frame yang Fischl miliki lebih rapat dan singkat. Jadi, jika Anda terbiasa untuk memanfaatkan iframe untuk menghindari serangan, sebaiknya jangan gunakan Elemental Burst Fischl. Selain itu, saat menjadi Oz, Fischl juga rawan terkena damage. apalagi, gerakan yang ia bisa lakukan dibatasi hanya ke depan, dan sedikit berbelok.

  2. Masih berhubungan dengan tips pertama, tidak semua properti Elemental Burst Fischl tidak berguna. Saat terbang dengan wujud Oz, Fischl akan terbang dengan sangat cepat, tanpa memakan stamina. Manfaatkan kecepatan tersebut untuk berpindah tempat atau lepas dari suatu area debuff berbahaya, seperti Slowing Water atau kurungan es.

Ada juga trik untuk meng-cancel animasi Oz. Anda cukup mengganti karakter lain, setelah mengaktifkan Elemental Burst Fischl. Gunakan trik ini untuk mereset ulang durasi Oz dengan cepat, tanpa perlu berpindah tempat.

  1. Berikut ini urutan dan penjelasan dari rotasi tim Sukokomon:

?t=435

Penutup

 

Walaupun dengan perilisan Yae Miko yang sempat digadang-gadang sebagai Fischl B5, namun nyatanya, Fischl masih memegang predikat sebagai salah satu karakter sub DPS terkuat di Genshin Impact. Apalagi rarity-nya sebagai karakter B4, menjadi nilai plus karena ia cenderung lebih mudah pemain dapatkan.

Jika Anda tertarik dengan karakter B4 terbaik di Genshin Impact lainnya, Anda bisa cek daftarnya di sini.

Apalagi, backstory yang miHoYo rilis mengenai masa kecil Fischl di versi 2.8, menambahkan pesona Fischl, sebagai karakter. Ditambah lagi, pemain bisa mendapatkan skin Fischl secara gratis di versi yang sama.

Itulah tadi guide Fischl Genshin Impact yang bisa Anda praktekkan agar jadi lebih baik. Selamat mencoba.