8 December 2017

by Bambang Winarso

Setahun Instant Games, Facebook Hadirkan Fitur Tambahan dan Game Baru

Fitur live streaming sudah bisa digunakan, sementara untuk fitur video chat dan game tambahan baru hadir tahun depan

Instant Games lahir kurang lebih setahun yang lalu. Ini adalah platform gaming online yang bisa dijumpai di dalam aplikasi Messenger milik Facebook. Setahun berjalan, kini Instant Games sudah dihuni lebih dari 70 judul game yang tadinya cuma berjumlah 20 judul, termasuk tambahan baru game Tetris, Zynga Words dan Angry Birds.

Facebook menandai setahun kelahiran instant Games dengan memberikan beberapa fitur baru termasuk tambahan judul game, fitur live streaming dan juga percakapan video yang bakal secara efektif tersedia mulai hari ini dan dituntaskan oleh kehadiran game Angy Bird pada awal tahun 2018 mendatang.

Fitur live streaming yang dipersembahkan oleh Facebook Live sudah bisa dipakai mulai hari oleh seluruh pengguna Instant Games. Dengannya, pemain bisa menyiarkan secara langsung aksinya memainkan game-game favoritnya ke Facebook Page atau profil. Untuk menyiarkan video, pengguna cukup menyentuh ikon kamera baru di bagian kanan atas saat bermain game. Setelah menambahkan sedikit deskripsi, pengguna bisa langsung mulai menyiarkan permainan dengan mentap tombol “Start Live Video”.

Fitur ini sama persis dengan apa yang ditawarkan oleh Twitch, tentu dengan ciri khasnya masing-masing. Di Facebook, pengguna lebih kepada sekadar berbagi dengan teman, keluarga atau kenalan, bukan memonetasi lewat berbagai program yang biasa ditawarkan oleh Twitch atau YouTube.

Sementara itu, fitur percakapan video disebut baru akan debut tahun depan bersama dengan game keluaran Rovio dan Zynga. Menurut Facebook, per bulannya ada 245 juta pengguna Messenger menggunakan fitur percakapan video untuk berbagai keperluan. Angka ini menjadi indikasi seberapa besar potensinya dan bagaimana fitur ini akan disambut oleh komunitas Instant Games.

Sumber berita FbNewsroom.