Dark
Light

Evolusi Galaxy Z Fold Series, Perkembangan Inovasi Smartphone Lipat Samsung

by
3 mins read
July 3, 2024
Sejarah galaxy z fold

Semenjak diperkenalkan pertama kali pada 2019 silam, Samsung Galaxy Z Fold memang membuka pasar baru untuk perkembangan smartphone. Dengan form factor uniknya yang dapat dilipat, Samsung mencoba untuk menghadirkan pengalaman baru yang belum pernah ditawarkan sebelumnya.

Tidak berhenti di situ, namun secara berkala Samsung terus merilis pembaruan untuk Galaxy Z Fold Series. Dan di setiap tahunnya, Samsung melakukan perkenalan dan pengembangan teknologi dan fitur yang semakin canggih, unik, dan revolusioner untuk smartphone lipatnya.

Sebelum menyambut seri terbaru dari Z Series yang akan hadir tahun ini, kita dapat melihat kembali bagaimana Galaxy Z Fold menetapkan standar baru di dunia smartphone. Yang bahkan menciptakan kelas baru yang akhirnya diikuti oleh brand-brand smartphone lainnya.

Galaxy Fold (2019) – Smartphone lipat pertama Samsung

Sejarah Galaxy Fold Series dimulai pada 2019, saat Samsung pertama kali meluncurkan Galaxy Fold. Smartphone ini menjadi smartphone revolusioner pertama yang memberikan pengalaman menggunakan smartphone dengan layar lebih besar saat dibuka dan tetap ringkas saat dilipat.

Konsep “melipat dan membuka” ini menjadi bagian baru dalam interaksi mobile, di mana Samsung menggunakan teknologi engsel inovatif guna memastikan pengalaman yang intuitif bagi pengguna. Engsel ini juga bertugas sebagai pelindung layar di dalam dengan baik.

Galaxy Z Fold2 (2020) – Era engsel tersembunyi dan teknologi Sweeper

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun Galaxy Fold pertama berhasil meyakinkan Samsung untuk melanjutkan smartphone lipatnya. Dan akhirnya, di 202 Samsung memperkenalkan Galaxy Z Fold2 yang membawa inovasi ke level berikutnya.

Salah satu fitur paling menarik perhatian pada Galaxy Z Fold2 adalah sistem engsel Hideaway Hinge. Fitur ini memberikan pengguna keleluasaan untuk mengatur sudut bukaan engselnya. Selain itu, engsel ini juga tersembunyi dengan saat baik saat dibuka dan ditutup.

Teknologi lainnya adalah Sweeper yang akan melindungi layar ponsel dari debu dan kotoran yang mungkin masuk melalui celah engsel smartphone. Hadirnya teknologi ini membuat Galaxy Z Fold2 dapat digunakan dengan lebih seamless dan juga lebih tahan lama.

Galaxy Z Fold3 (2021) – bukan hanya lebih cantik, namun juga kuat

Memasuki tahun ketiganya, Samsung semakin mematangkan formulanya untuk Galaxy Z Fold Series. Termasuk membuat Galaxy Z Fold3 memiliki fitur waterproof atau anti air. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir menggunakan smartphone lipatnya di berbagai keadaan.

Untuk mencapai hal tersebut, Samsung melengkapi bagian luar layar dengan pita karet di sekelilingnya untuk mencegah debu dan cairan masuk. Sementara di dalam bagian logam engsel dibuat dari material tahan karat dan dilapisi pelumas yang awet.

Tidak hanya itu, Galazy Z Fold3 juga dilengkapi dengan material Armor Aluminium yang membuat smartphone ini tahan terhadap benturan. Sehinngga mengurangi resiko kerusakan atau goresean, sekaligus membuat bodinya lebih tipis dan ringan.

Galaxy Z Fold4 (2022) – semakin tipis dan ringan

Melanjutkan kesuksesan seri Fold, Samsung merilis Galaxy Z Fold4 di tahun 2022 dengan pembaruan yang signifikan. Fokus Samsung pada seri Fold pada model ini adalah menurunkan bobot dan ketebalan smartphone-nya agar semakin nyaman digunakan.

Hasilnya, Galaxy Z Fold4 berhasil memangkas bobotnya hampir 20 gram dibanding pendahulunya. Ketebalan maksimum saat dilipat dari smartphone ini juga juga berkurang dibanding seri sebelumnya. Membuatnya menjadi foldable teringan Samsung.

Pada seri ini, Samsung juga memperkenalkan engsel model baru yang dirancang lebih ringan 21% dibanding sebelumnya. engsel baru ini juga menggunakan gir yang saling mengunci untuk memastikan layarnya dapat terbuka dan terlipat secara merata dan stabil.

Galaxy Z Fold5 (2023) – penyempurna serinya dengan mekanisme FlexHinge

Sejarah galaxy z fold

Meski Z Fold4 sudah memiliki hampir semua yang dibutuhkan sebah smartphone lipat, namun Samsung ternyata masih terus mendorong inovasi produk mereka. Dan akhirnya, Galaxy Z Fold5 hadir di tahun 2023 silam dengan berbagai peningkatan.

Salah satu peningkatan besar kembali ada pada engsel smartphone-nya. Kali ini Samsung mengembangkan mekanisme baru bernama FlexHinge untuk menggantikan engsel Hideaway tradisional mereka. Engsel baru ini memungkinkan layar melengkung masuk ke dalam engsel secara halus.

Dengan teknologi terbaru tersebut, Galaxy Z Fold5 menjadi perangkat Galaxy Z Fold series yang paling ringan dan tipis hingga saat ini. Smartphone-nya juga menjadi lebih ringkas, portable, dan stabil saat dilipat. Membuat bodi smartphone-nya ramping, kokoh, dan premium.

Galaxy Unpacked 2024

Tahun ini akan menjadi momen yang besar bagi Samsung saat mereka akan memperkenalkan jajaran perangkat Galaxy Z Series terbarunya. Melalui gelaran Galaxy Unpacked yang diadakan pada Rabu, 10 Juli 2024 pukul 20.00 WIB, di Paris, Perancis.

Event ini sekaligus menandakan dibukanya pre-order device terbaru Galaxy Z series. Melalui laman resminya, Samsung mengumumkan penawaran eksklusif yang tersedia bagi mereka yang melakukan pre-registrasi mulai dari 26 Juni – 9 Juli 2024.

Menariknya, konsumen yang melakukan pre-order Galazy Z Series terbaru ini berkesempatan memenangkan tiket liburan ke Seoul, Korea Selatan. Total akan ada tiga orang terpilih yang bisa membawa 1 partner untuk mengikuti trip 4 hari 3 malam ke Korea Selatan bersama Samsung. Perjalanan ini akan dilakukan pada akhir September 2024.

Jangan sampai ketinggalan, lakukan pre-registration dan segera PO device terbaru Samsung ini nanti jika sudah dibuka! Saksikan juga Galaxy Unpacked 2024 di situs resmi Samsung Unpacked

review Bose Ultra Open Earbuds
Previous Story

Review Bose Ultra Open Earbuds, Suara Bass Lembut dengan Desain Unik

Next Story

Review Main Game, Push Rank Honor of Kings di Poco F6 

Latest from Blog

Don't Miss

Sasar Gen Z yang Suka Olahraga, Samsung Unggulkan Fitur Kamera Galaxy Z Flip6

Pasca peluncuran pre-order-nya beberapa waktu silam, Samsung Galaxy Z Flip6

Blibli Buka Pre-Order Samsung Galaxy Z Series dengan Berbagai Benefit Menarik!

Kehadiran Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 tentu menjadi salah