Dark
Light

Flex Hinge Baru Bikin Galaxy Z Flip5 dan Fold5 Lebih Ramping Tetapi Tetap Tangguh

1 min read
August 25, 2023

Pada tahun 2019, Samsung membawa konsep futuristik smartphone foldable menjadi kenyataan dengan peluncuran Galaxy Fold. Sebagai pionir dan sekaligus pemimpin kategori smartphone foldable, dalam beberapa tahun terakhir Samsung secara konsisten meningkatkan dan mengoptimalkan setiap pembaharuan dari Galaxy Z Series.

Kini Samsung telah memperkenalkan langkah berikutnya dalam evolusi Galaxy Z Series, generasi kelima lini foldable Samsung ini hadir dengan desain lebih compact dan lebih solid. Namun di balik inovasi dan desain lipat yang revolusioner, satu aspek yang masih dipertanyakan oleh calon konsumen yang belum pernah mencoba ialah durabilitas.

Meski Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 menjanjikan pengalaman unik berkat fleksibilitas dan keserbagunaan dari form factor lipatnya. Jelas kita menginginkan perangkat yang tahan lama dan dapat digunakan dalam jangka panjang tanpa masalah besar.

Maka dari itu, Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 dirancang dengan sangat hati-hati untuk memenuhi ekspektasi pengguna akan durabilitasnya. Pertanyaannya berapa banyak duo HP lipat terbaru Samsung ini mampu menahan lipatan demi lipatan?

Integrated Hinge Module with Dual Rail

Samsung Galaxy Z Flip5

Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 hadir dengan engsel terintegrasi baru yang dilengkapi struktur rel ganda. Hal itu membuatnya mampu meredam benturan eksternal ketika perangkat terjatuh sehingga lipatan dalam perangkat ini tetap terjaga.

Berkat teknologi zero-gap hinge, layar Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 dapat dilipat tanpa celah sehingga perangkat menjadi lebih ramping. Flex Hinge terbaru juga membuat lipatan pada tampilan layar utamanya lebih tak kasat mata.

Form factor Samsung Galaxy Z Fold5 misalnya, kini lebih ramping 2,4mm saat ditutup dan 0,2mm saat dibuka. Serta, lebih ringan 9 gram dari pendahulunya. S Pen pada Galaxy Z Fold5 juga hadir dengan ukuran 41% lebih ramping.

Meski mengusung desain yang makin ramping berkat teknologi zero-gap hinge, namun ketahanan Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 diklaim tetap kokoh. Samsung mengatakan bahwa perangkat tahan dilipat berulang kali hingga 200.000 kali dan tersertifikasi Bureau Veritas.

Layar utama kini dilengkapi dengan struktur lapisan yang membuat lebih tahan terhadap guncangan dan bagian belakang yang telah didesain ulang untuk menciptakan layar yang lebih solid. Keandalan layar semakin ditingkatkan dengan penggunaan Ultra Thin Glass dan Gorilla Glass Victus 2 yang dipasang di Flex Window dan bagian belakang perangkat, ditambah rangka Armor Aluminum.

Selain itu, perangkat ini juga memiliki peringkat ketahanan air IPX8. Bisa selamat ketika perangkat tersiram air minum, bahkan terendam hingga 1,5 meter dalam air tawar selama 30 menit. Namun tidak disarankan untuk digunakan basah-basahan di pantai atau kolam renang.

Demi memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna dalam beraktivitas sehari-hari, Samsung menghadirkan Galaxy Z Premier Service yang menawarkan berbagai layanan khusus untuk menjaga HP lipat Anda tetap dalam kondisi prima.

Layanan after sales eksklusif tersebut meliputi beberapa kali pergantian protective film secara gratis selama 1 tahun hingga Premium Foldable Hotline khusus bagi pengguna Galaxy Z Series yang membutuhkan bantuan ketika menghadapi masalah pada perangkat.

Sudah tidak meragukan durabilitas HP lipat Samsung kan? Bila berminat, Galaxy Z Flip5 hadir dengan harga mulai dari Rp15.999.000 (8/256 GB), Rp17.999.000 (8/512 GB), sedangkan Galaxy Z Fold5 dibanderol dengan harga mulai dari Rp24.999.000 (12/256 GB), Rp26.999.000 (12/512 GB), dan Rp29.999.000 (12/1TB).

Review-OPPO-Reno10-5G-1
Previous Story

Review OPPO Reno10 5G, Meningkat Pesat dan Unggulkan Kamera Portrait Telephoto

Galaxy Tab S9
Next Story

Fitur Ini yang Menjadikan Galaxy Tab S9 Sangat Powerful Untuk Mendukung Proses Kreatif

Latest from Blog

Don't Miss

Sambut Perangkat Baru Samsung Hadirkan Galaxy Experience Spaces

Samsung mengajak para penggemarnya di seluruh dunia untuk menyelami dunia
Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Bagi yang tertarik dan penasaran bagaimana pengalaman menggunakan smartphone foldable,