Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Program Studi Esports Production Segera Dibuka di Nottingham

19 August 2020Narendra Soejoedi

Studi mendalam terkait esports menjadi hal yang diperlukan untuk terus mengembangkan industri esports di masa depan.

Dalam rentang beberapa tahun terakhir esports perlahan tumbuh menjadi industri yang bersakala besar bahkan global. Seiring dengan perkembangan teknologi dan pasar esports, kehadiran turnamen yang berlangsung secara offline menjadi dibutuhkan sekaligus menantang.

Lebih jauh lagi, selain internet, beberapa aspek sepeti live event production dan penyiaran adalah salah satu tulang punggung dari gelaran esports event dan kompetisi. Sejauh ini secara global jumlah penonton konten esports terus meningkat, baik dalam bentuk liga profesional, kompetisi, maupun konten lainnya yang masih terkait dengan gaming dan esports.

Adapun Confetti Institute of Creative Technologies berencana untuk membuka program studi baru yang akan berfokus pada aspek produksi esports. Setiap siswa yang mendaftar akan memiliki kesempatan untuk mempelajari sisi lain dari esports, selain bermain gamesecara kompetitif.

via: Confetti Institute
via: Confetti Institute

Keberadaan esports sebenarnya sangat-sangat ditunjang dengan ada teknologi dan berbagai bidang lain termasuk, aspek produksinya. Program studi yang akan dibuka juga mendapatkan dukungan dari British Esports Association, Twitch dan beberapa nama lainnya dari industri game dan esports.

Potensi perkembangan esports di masa depan bukan hanya cukup menjadi prediksi semata. Secara global pasar esports mulai tumbuh dan dapat bersaing dengan pasar olahraga tradisional yang umumnya masih digemari oleh kelompok dari generasi yang lebih tua secara usia.

Meskipun sudah jauh pesat berkembang selama sepuluh tahun terakhir, esports masih banyak memiliki ruang untuk dieksplorasi. Selain dari pengertian sebagian besar orang akan esports yang kurang tepat, berbagai isu dari orgnasisasi esports hingga kesejahteraan attlet esports menuntut pemahaman dan pengertian mendalam demi menjaga keberlangsungan industri esports yang masih terus berkembang.

Lebih jauh lagi, sembari berkembang dunia esports juga msaih menjadi zona yang abu-abu. Pada beberapa gelaran turnamen pernah timbul kecurigaan sebuah tim melakukan match fixing atau juga melakukan strategi teaming. Kedua hal tadi menjadi ancaman yang serius bagi industri esports. Pemahaman akan esports seharusnya dapat dibarengi dengan integritas dari semua pihak yang terlibat.

via: Confetti Institute
via: Confetti Institute

Andy Payne OBE, selaku Chair of British Esports Association menyatakan“kami sangat senang melihat institusi pendidikan seperti Confetti turut terlibat dalam pendidikan di ranah esports dan sangat senang dapat bermitra untuk program ini.”

Kerja sama antara institusi pendidikan dan pelaku industri adalah hal yang sangat diperlukan. Baik dari sisi studi maupun penerapan di lapangan keduanya bisa saling betukar pandangan dan meberikan respon yang relevan. Dengan interaksi yang baik di antara dunia kerja dan pendidikan niscaya kualitas SDM secara umum dapat dipastikan juga meningkat