Esports Ecosystem

Esports Indo: Louvre Orange Esports, PUBG Indonesia Series 2020 Season 2, RRQ Endeavour

09 Aug 2020 | Narendra Soejoedi
Rekap skena esports di Indonesia sepekan terakhir, edisi 9 Agustus 2020.

Berikut adalah rekap berita skena esports Indonesia yang dihimpun selama sepekan:

 

Alter Ego Esports Jalin Kerja Sama Streaming Ekslusif dengan Nimo TV

via: Instagram alteregoesports
via: Instagram alteregoesports

Tim Alter Ego Esports baru saja mengumumkan kerja sama dengan platform layanan streaming, Nimo TV. Nantinya, secara rutin berbagai divisi game Alter Ego Esports akan melakukan streaming dan konten esklusif di platform Nimo TV. Dengan meningkatnya konsumsi konten gaming dan esports di tengah masa pandemi, hal ini akan memberikan momentum bagi tim Alter Ego Esports untuk memperkuat branding dan awareness mereka di dalam komunitas esports di Indonesia.

Di kesempatan yang lain, terbukti juga bahwa tim Mobile Legends Alter Ego Esports adalah tim yang sangat potensial dari segi pemainya karena sukses memenangkan turnamen Nimo TV Mobile Legends Arena beberapa waktu yang lalu.

Louvre Jalin Kerja Sama dengan Orange Esports dan akan Berlaga di MPL MY/SG Season 6 

Menjelang bergulirnya MPL di beberapa negara Asia Tenggara beberapa pekan mendatang, tanpa disangka-sangka organisasi Louvre Esports memperkenalkan tim divisi Mobile Legends mereka yang akan berlaga di MPL MY/SG Season 6. Sebelumnya, tercatat bahwa tim Mobile Legends Louvre Esports terpaksa membubarkan diri dikarenakan tidak lagi ikut dalam MPL ID yang beralih ke sistem franchise. Louvre Esports menjalin kerja sama dengan organisasi esports asal Kamboja, Orange Esports dan akan membawa nama Louvre Orange Esports di kancah kompetisi MPL MY/SG Season 6.

 

ONIC Esports Jalin Kerja Sama dengan Clothing Line KITC

merch concept | via: Instagram onicsupplyid
merch concept | via: Instagram onicsupplyid

Seperti yang dilansir dari laman media sosial ONIC Esports, dalam waktu dekat akan diluncurkan merchandise hasil kolaborasi antara ONIC Esports dan clothing line dari Bandung, KITC. Dari video yang diunggah pada laman Instagram ONIC Esports terlihat beberapa produk dengan nuansa yang mewakili warna dan aktivitas esports tim ONIC Esports.

Sejauh ini di Indonesia beberapa organisasi esports masih memproduksi merchandise berupa apparel secara eksklusif. Dengan munculnya kerja sama bisnis yang dilakukan ONIC Esports, bisa saja menandakan awal gelombang organisasi esports yang akan bekerja sama dengan clothing line dan merambah produk fashion lainnya.

 

Victim Rise Memimpin Klasemen Sementara Turnamen PUBG Indonesia Series 2020 Season 2

Victim Rise | via Instagram victimesports
Victim Rise | via Instagram victimesports

Di hari pertama bergulirnya turnamen PUBG Indonesia Series 2020 Season 2, tim Victim Rise berhasil menduduki posisi puncak di klasemen sementara. Lebih jauh lagi, tim Victim Rise adalah tim yang sudah berhasil mengumpulkan jam terbang yang cukup banyak karena konsisten berpartisipasi di ranah kompetitif PUBG di Indonesia. Sekalipun belum mendapat banyak sorotan, tim Indonesia masih menjadi langganan mengirimkan utusannya di perhelatan PUBG di tingkat internasional dan regional Asia Tenggara.

 

Hasil Kualifikasi Regional Indonesia Games Championship 2020

via: Instagram duniagames.esports.id
via: Instagram duniagames.esports.id

Sembari menunggu fase kualifikasi online yang berlangsung, gelaran turnamen Indonesia Games Championship 2020 mengumumkan beberapa tim yang lolos dari fase kualifikasi regional. Bagi kualifikasi regional, sudah dipertandingkan game AOV, Free Fire, dan COD Mobile. Hanya game League of Legends yang tidak membuka kualifikasi regional dan mengandalkan kualifikasi online mengingat skena kompetitifnya yang meredup beberapa waktu terakhir.

Berikut adalah nama-nama tim yang menjadi jawara regional dari masing-masing:

Free Fire:
-Tim Darkness V (Region Sumbagteng),
-Tim Soloco Bew (Region Central Jabotabek),
-Tim Unite Esports (Region Bali Nusa Tenggara),
-Tim Tme Perseus (Region Sulawesi).

COD Mobile:
-Tim Kayze (Region Sumbagut)
-Tim Rimo Team (Region Central Jabotabek)
-Tim Luxor 10z (Region Jawa Timur)
-Tim Infinity (Region Kalimantan)

Arena of Valor:
-Tim Arch Galaxy (Region Sumbagut)
-Tim Alliswell (Region Central Jabodetabek)
-Tim Hertz KBB (Region Jawa Tengah DIY)
-Tim Tiktod Epsrot (Region Sulawesi)

RRQ Endeavour Hijrah ke Valorant

Kabar mengejutkan datang dari RRQ Endeavour. Divisi Rex Regum Qeon yang sebelumnya bertanding di ranah esports Point Blank ini pindah ke Valorant. Dari roster yang diumumkan terakhir, ada 3 nama pemain besar dari skena esports FPS Indonesia — 2 dari Point Blank dan 1 dari CS: GO.

2 pemain yang sebelumnya berasal dari skena Point Blank adalah NextJacks dan Talent. Sedangkan Frostmisty adalah salah satu pemain jagoan FPS yang berangkat dari CS: GO. Aktifnya Frostmisty ke Valorant semakin menambah daftar panjang para pemain CS: GO yang hijrah ke Valorant. Sebelumnya, ada Atreyu yang bergabung dengan divisi Valorant teamNXL.