Esports Ecosystem

PUBG Continental Series Resmi Gantikan PUBG Global Championship 2020

11 Jun 2020 | Narendra Soejoedi
Situasi pandemi yang merebak secara global memaksa gelaran PUBG Global Championship dibatalkan

PUBG Global Championship adalah gelaran puncak dari turnamen PUBG tingkat internasional. Di waktu bersamaan, keberlangsungan liga di beberapa region harus dihentikan dengan alasan kesehatan yang mendesak. Region Eropa, Tiongkok, dan Amerika Utara adalah beberapa liga yang harus dihentikan ketika masih berjalan. Protokol kesehatan yang perlu diterapkan secara ketat sangat berdampak pada gelaran esports di lingkup global.

Sekalipun beberapa liga dihentikan saat masih berlangsung, PUBG Esports tetap memberikan kompensasi bagi tim-tim yang bertanding. Kompensasi dibagikan dari besaran prizepool dan disesuaikan dengan capaian masing-masing tim sampai liga dinyatakan berhenti.

New Vikendi | via: PUBG.com
New Vikendi | via: PUBG.com

Bermula dari merebaknya virus COVID-19 di awal tahun 2020 ini, bulan Februari diputuskan jika gelaran PUBG Global Championship dibatalkan. Sebagai gantinya PUBG Esports memperkenalkan PUBG Continental Series. Sistem region yang sudah ada sebelumnya dirombak kembali menjadi 4 region : Amerika Utara, Eropa, Asia, dan Asia Pasifik

PUBG Continental Series dibuka dengan turnamen invitational bertajuk PCS Charity Showdown yang berlangsung 14 – 31 Mei 2020 yang lalu. Hadiah sebesar US$ 200.000 akan diperebutkan dan kemudian juga didonasikan oleh tim yang keluar sebagai pemenang dari masing-masing region.

feat pabji3-711x400

Sedangkan secara berturut-turut PCS Charity Showdown dimenangkan oleh Oath Gaming dari region Amerika Utara, Northern Lights dari region Eropa, Tianba Gaming dari region Asia, dan DivisionX Gaming dari region Asia Pasifik.

Tim Victim FTF adalah wakil dari Indonesia yang berlaga pada PCS Charity Showdown region Asia Pasifik. Hanya saja tim Victim FTF belum dapat memberikan performa terbaiknya dengan menduduki urutan ke-11.

Berlanjut ke pertengahan tahun 2020, kita akan disajikan gelaran PCS seri 1 dan 2. Turnamen akan berlangsung selama 2 minggu dengan rotasi 5 map per harinya. Ada 16 slot yang akan diperebutkan melalui tahapan kualifikasi nasional. Tidak seperti Thailand dan Vietnam yang memiliki masing-masing 5 slot, Indonesia hanya memiliki 2.

Exclusive In Game Items PCS | via: pubgesports.com
Exclusive In Game Items PCS | via: pubgesports.com

Lebih jauh lagi tentang gelaran PCS, PUBG Esports menghadirkan kembali fitur Pick’Em Challenge. Fitur yang sama sudah pernah diterapkan di gelaran PGC tahun 2019. Melalui fitur tersebut penonton akan berkesempatan mendapatkan in-gameitem eksklusif selama gelaran PCS.

PUBG Esports juga membuka kesempatan kepada fans untuk mendukung skena esports PUBG. Sebelum dan PCS digelar, melalui penjualan exclusive in-game item, Anda dapat menambahkan besaran prize pool. Sebagian profit yang terkumpul akan terdistribusi ke dalam prize pool di 4 region yang ada.