Esports Ecosystem

ESL Gandeng Mountain Dew dan AT&T, Beri Hiburan Baru untuk Pengunjung Event

22 Jul 2019 | Ayyub Mustofa
Berkat kerja sama ini, ESL Mobile Open berikutnya akan mencakup seluruh wilayah Amerika Utara.

ESL beberapa waktu lalu mengumumkan kerja sama dengan perusahaan PepsiCo (pemilik brand Pepsi, Mountain Dew, Gatorade, dsb) untuk menjadikan minuman energi MTN DEW APM GAME FUEL partner minuman resmi untuk seluruh event ESL global hingga sepanjang tahun 2020. Kerja sama ini berlaku mulai acara turnamen CS:GO Intel Extreme Masters (IEM) Chicago 2019, tanggal 18 Juli lalu, dan akan berlanjut ke berbagai kompetisi berikutnya. Termasuk ESL One dan ESL Pro League.

Sebagai bagian dari kerja sama ini, di dalam siaran-siaran event ESL akan disisipkan segmen khusus berjudul “MTN DEW AMP GAME FUEL Power Plays”. Segmen ini berisi analisis pertandingan, baik itu CS:GO ataupun Dota 2, pada babak semifinal dan final turnamen. Analisis serupa juga akan muncul di pertandingan-pertandingan ESL Pro League.

Ini bukan pertama kalinya ESL dan Mountain Dew berkolaborasi. Di tahun 2016 lalu, mereka pernah menjalin kerja sama untuk meluncurkan kompetisi CS:GO bertajuk Mountain Dew League (MDL). Liga ini sampai sekarang masih berjalan, dengan operasi yang ditangani oleh ESEA. Selain itu Mountain Dew juga mensponsori Call of Duty World League, juga beberapa tim esports ternama seperti OpTic Gaming, Immortals, dan SK Gaming.

Pada saat yang bersamaan, ESL juga meluncurkan kerja sama lain, yaitu dengan provider seluler AT&T. Sebetulnya kedua pihak ini sudah memiliki kerja sama sebelumnya, namun kini mereka melakukan pengembangan supaya kerja sama itu mencakup lebih banyak event. Kini brand AT&T turut hadir di acara IEM Chicago dan ESL One New York di bulan September mendatang.

Aktivasi brand yang dilakukan AT&T di IEM Chicago berupa promosi “Best Seat in the House”, di mana para pengunjung bisa memenangkan upgrade tiket ke kursi premium dengan cara memenangkan kompetisi di booth milik AT&T. Bentuk aktivasi lainnya antara lain sesi tanda tangan bersama para pemain yang terikat brand AT&T, serta fitur early access yang memperbolehkan pengunjung terpilih masuk ke arena sebelum acara dibuka untuk umum.

“Dengan pengembangan kerja sama ini, kami benar-benar fokus di beberapa area. Pertama: bagaimana kita dapat meningkatkan pengalaman on-site? Itu adalah area yang sangat penting bagi kami. Kami selalu berpikir: bagaimana cara kita memberi keuntungan pada para gamer dan penggemar gaming?” demikian ujar Shiz Suzuki, Assistant Vice President of Experiential Marketing & Sponsorship di AT&T, dilansir dari The Esports Observer.

Kolaborasi ESL dan AT&T sebelumnya meliputi peluncuran turnamen ESL Mobile Open yang musim pertamanya berlangsung pada bulan Maret – Juni kemarin, dengan babak final pada acara DreamHack Dallas. Pengembangan ini akan membawa ESL Mobile Open season berikutnya keluar dari Amerika Serikat, menjadi mencakup seluruh wilayah Amerika Utara, dengan babak puncak di acara ESL One New York (September 2019). Selanjutnya, puncak season tiga akan digelar di DreamHack Atlanta pada bulan November. AT&T juga akan hadir dalam acara-acara tersebut.

Sumber: The Esports Observer