Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Epic Games Luncurkan Kompetisi Fortnite Musiman, Fortnite Champion Series

6 August 2019Ayyub Mustofa

Tampaknya esports Fortnite akan semakin menyebar luas dan kuat di akar rumput.

Setelah hype serta ancang-ancang yang cukup panjang, Fortnite World Cup digelar juga pada tanggal 29 Juli lalu. Kyle “Bugha” Giersdorf menjadi juara pertama, dan ajang ini mencetak rekor sebagai turnamen esports berhadiah terbesar di dunia—setidaknya untuk sekarang. Bersamaan dengan berakhirnya Fortnite World Cup, Epic Games juga meluncurkan update baru yang disebut Season X.

Anda mungkin bertanya-tanya, selanjutnya apa? Apa yang akan dilakukan Epic Games sebagai follow-up dari momen kejuaraan dunia ini? Dari pengumuman resmi yang telah beredar, tampaknya Epic Games ingin agar lebih banyak orang bisa merasakan serunya berkompetisi lewat Fortnite dan meraih hadiah. Berikut ini adalah beberapa program kompetisi yang disiapkan oleh Epic Games untuk meluncur dalam waktu dekat.

Fortnite Champion Series

Fortnite Champion Series adalah turnamen in-game yang diluncurkan Epic Games bersamaan dengan Season X. Mulai tanggal 17 Agustus, para pemain dapat membentuk tim terdiri dari tiga orang (Trios) kemudian berkompetisi di server regional masing-masing setiap hari Sabtu dan Minggu. Epic Games menyediakan prize pool tersendiri untuk setiap minggunya.

Turnamen ini akan memiliki leaderboard khusus dalam game yang sifatnya persisten. Kemudian setelah lima minggu, tim-tim terbaik dari setiap region server akan bertarung untuk menentukan siapa yang menjadi juara regional Season X Champions. Pertarungan puncak ini digelar pada tanggal 20 – 22 September 2019.

Epic Games tidak menyebutkan secara pasti jumlah hadiah yang akan didapatkan para peserta. Namun mereka berkata bahwa total hadiahnya mencapai “jutaan dolar” untuk Fortnite Champion Series musim pertama. Saat ini Epic Games juga hanya menyediakan turnamen untuk mode Trios, tapi hal itu bisa saja berubah di masa mendatang.

Fortnite Season X
Sumber: Epic Games

Fortnite Cash Cup

Selain Fortnite Champion Series, Epic Games juga meluncurkan kompetisi rutin dengan skala yang lebih kecil, yaitu Fortnite Cash Cup mulai tanggal 21 Agustus. Turnamen ini digelar setiap hari Rabu dan Kamis untuk Solo Cash Cup. Sementara Trios Cash Cup digelar setiap Jumat mulai 23 Agustus.

Solo Cash Cup di hari Rabu terbuka untuk siapa saja yang telah mencapai level Contender di Arena. Sementara turnamen hari Kamis hanya boleh diikuti mereka yang menyandang status Champion.

Fortnite Spotlight

Satu lagi program Epic Games dalam waktu dekat adalah Fortnite Spotlight. Pada dasarnya, Fortnite Spotlight adalah seri turnamen yang digelar dengan melibatkan organizer, kreator konten, dan komunitas Fortnite di seluruh dunia. Sayangnya Epic Games belum memberi info lebih lanjut tentang program ini, tapi melihat deskripsinya, kemungkinan sistem yang digunakan akan seperti Tekken World Tour Dojo.

Epic Games berkata bahwa program-program di atas hanyalah sebuah langkah awal. Mereka masih akan terus mengadakan event bersama para kreator dari berbagai wilayah. Sesuai dengan janji mereka tahun lalu untuk mendukung event dan komunitas di mana semua orang bisa turut berpartisipasi, tampaknya esports Fortnite akan tumbuh semakin pesat dan kuat di level akar rumput.

Sumber: Epic Games

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV