Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Sambut Fortnite World Cup, Epic Games Gelar Turnamen Pemanasan Berhadiah $500.000

4 April 2019Ayyub Mustofa

Format pertandingan yang digunakan menyerupai format kualifikasi untuk Fortnite World Cup.

Fortnite World Cup akan segera digelar mulai tanggal 13 April besok, dan akan menjadi kompetisi esports dengan hadiah terbesar di dunia yang dananya murni datang dari developer game. Namun sebelum kita tiba di tanggal yang ditentukan masih ada satu akhir pekan lagi. Epic Games ingin memanfaatkan masa ini dengan optimal, karena itulah mereka meluncurkan turnamen kecil-kecilan untuk pemanasan, dengan nama Fortnite World Cup Warmup.

Meski dibilang “kecil-kecilan”, sebetulnya hadiah yang ditawarkan tergolong besar, yaitu US$500.000 (sekitar Rp7,1 miliar). Tapi bila dibandingkan dengan hadiah utama Fortnite World Cup yang mencapai US$30.000.000 memang itu belum ada apa-apanya. Turnamen ini akan diadakan pada haru Sabtu, tanggal 6 April 2019, dan berakhir pada babak Final di hari Minggu keesokan harinya.

Fortnite - Lava Legends Bundle
Sumber: Epic Games

Fortnite World Cup Warmup menggunakan mode yang baru saja dirilis yaitu Arena Mode, dan menggunakan format permainan Duo (tim berisi dua orang). Untuk mengikuti kompetisi ini, kedua pemain dalam tim harus sudah mencapai Divisi 6 di Contender’s League dalam Arena Mode. Epic mengalokasikan waktu khusus selama tiga jam untuk mereka bertanding di hari-H, kemudian mengambil 1.500 Duo terbaik dari tiap wilayah kompetisi untuk maju ke babak Final.

Format kompetisi yang digunakan mirip sekali dengan kualifikasi mingguan Fortnite World Cup yang disebut Online Open. Mungkin Epic Games memang ini turnamen pemanasan ini jadi tempat para pemain untuk mencicipi format turnamen dunia tersebut, sekaligus menjaga interaksi dengan pemain agar tetap hype hingga Fortnite World Cup dimulai.

Fortnite - The Floor is Lava
Sumber: Epic Games

Menariknya, Epic Games berjanji bahwa distribusi uang hadiah sebesar US$500.000 itu akan dilakukan lebih merata daripada turnamen-turnamen sebelumnya. Belum ada detail seperti apa pembagiannya, tapi ini berarti tiap pemain punya kesempatan lebih besar untuk membawa pulang hadiah dengan jumlah yang signifikan. Epic Games berkata akan merilis aturan lengkap tentang Fortnite World Cup Warmup dalam waktu dekat.

Selain mengadakan turnamen, Epic Games juga tengah mengusahakan agar Fortnite memiliki dukungan yang lebih baik untuk ekosistem kompetitif. Salah satu fitur yang sudah bisa dipakai adalah fitur replay. Fitur ini pertama kali diuji coba dalam ajang Luxe Cup di akhir Maret lalu. Saat ini sistem pengunduhan replay masih harus dilakukan manual lewat PC dengan mengunjungi tautan yang disediakan oleh Epic Games. Tapi di masa depan mereka ingin replay bisa ditonton langsung dari client Fortnite, juga ingin menerapkan fitur baru untuk broadcasting.

Sumber: Epic Games, The Esports Observer

Play video

3 June 2021

HY ESPORTS

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV