13 September 2022

by Galih

Disney Perkenalkan Lorcana, Game Trading Card dengan Karakter Kartun Ikonik

TCG ini akan menjadi proyek jangka panjang bagi publisher Ravensburger

Game trading card (TCG) memang menjadi genre unik di industri game dengan para fans yang terbilang cukup setia. Sehingga tidak mengherankan bila Disney pun ikut mencoba peruntungannya ke dalamnya melalui Disney Lorcana.

Diumumkan pada event D23 Convention di California, Amerika Serikat, Disney Lorcana akan membawa pemain ke pertarungan klasik TCG bersama karakter-karakter klasik Disney. Dan seperti TCG pada umumnya, setiap karakter Disney ini akan memiliki mekanik dan kekuatan spesialnya masing-masing.

Kartu TCG dari Disney Lorcana ini memang tampak menarik dengan setiap karakter memiliki warna, status, penjelasan, statistik serangan dan bertahan, dan bahkan lore dari masing-masing karakternya.

Sayangnya, Disney belum mengumumkan bagimana peraturan dari TCG ini nantinya.

Image Credit: Ravensburger

Game ini sendiri dikembangkan oleh Ravensburger, salah satu perusahaan board game dan puzzle legendaris. Ravensburger digandeng oleh House of the Mouse untuk mengembangkan permainan yang disebut sebagai "potensi terbesar" bagi Ravensburger.

CEO dan Global Head of Games Ravensburger North America, Filip Francke juga menyebut bahwa permainan ini adalah investasi terbesar mereka dalam proyek inisiatif apapun yang pernah mereka lakukan.

"Kami paham bahwa ketika Anda memasuki pasar TCG, berarti Anda akan mengundang para pemain ke dalam perjalanan panjang bertahun-tahun, dan kami tidak menyepelekan hal tersebut." ungkap Francke.

Untuk awalnya, House of the Mouse dan Ravensburger akan merilis set kartu pertamanya yang diberi nama "Disney Lorcana: The First Chapter". Dan set ini akan berisikan 7 kartu dengan berbagai karakter ikonik Disney di dalamnya.

Karakter yang akan muncul dalam set pertama ini antara lain Cruella De Vil, Elsa, Captain Hook, Maleficent dalam bentuk naga, Robin Hood, dan juga Stitch. Sebagai kartu istimewa, akan hadir Mickey Mouse dalam kostum klasik Brave Litle Tailor.

Untuk sekarang set kartu Disney Lorcana ini bisa dibeli di event Disney D23 yang tengah berlangsung hingga tanggal 11 September kemarin. Set kartu yang dibeli dalam event tersebut akan memiliki label khusus D23 Expo Collector Set.

Harga yang dipatok untuk set kartu ini adalah $49.99 atau sekitar Rp 740 ribuan.