26 April 2022

by Glenn Kaonang

Diablo Immortal Resmi Meluncur 2 Juni, Juga Akan Tersedia di PC

Tidak seperti rencana awal Blizzard untuk merilis di Android dan iOS saja, Diablo Immortal juga akan tersedia di PC, tidak perlu emulator

Hampir empat tahun sejak pertama diumumkan, Diablo Immortal akhirnya siap dirilis secara resmi. Melalui sebuah posting blog, Blizzard mengumumkan bahwa Diablo Immortal akan mendarat di perangkat Android dan iOS pada 2 Juni. Namun yang cukup mengejutkan, Blizzard rupanya juga berniat membawa Diablo Immortal ke platform PC.

Buat yang kurang familier, Diablo Immortal merupakan game Diablo pertama yang dikembangkan untuk perangkat mobile. Gameplay action RPG-nya kurang lebih mirip seperti tiga game Diablo yang pernah Blizzard luncurkan sebelumnya, akan tetapi kali ini Blizzard secara spesifik merancangnya untuk dikontrol menggunakan layar sentuh.

Keputusan menghadirkan Diablo Immortal di perangkat Windows tentu kontras dengan rencana awal Blizzard. Namun Blizzard menjelaskan bahwa salah satu masukan terbanyak yang mereka tampung dari para tester Diablo Immortal selama ini adalah supaya Blizzard juga meluncurkan game-nya di PC. Blizzard juga menyadari bahwa seandainya mereka bersikukuh dengan rencana awalnya, para penggemar sejati Diablo akan tetap mencoba untuk memainkan Immortal menggunakan emulator Android, sehingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk menggarap versi PC-nya demi menghadirkan pengalaman yang lebih baik.

Berhubung Diablo Immortal sejak awal sudah dirancang untuk dimainkan di smartphone dan tablet, Blizzard pun harus menerapkan sejumlah penyesuaian pada versi PC-nya, terutama dari segi tampilan antarmuka dan kontrolnya. Di PC, elemen-elemen UI Diablo Immortal akan terlihat lebih kecil, dan pengguna bisa memilih untuk bermain menggunakan kombo mouse + keyboard atau menggunakan gamepad.

Untuk pertama kalinya di sepanjang sejarah Diablo, Blizzard menghadirkan kontrol pergerakan menggunakan tombol WASD di keyboard sebagai alternatif terhadap kontrol pergerakan menggunakan mouse. Selebihnya, pemain Diablo Immortal akan mendapatkan pengalaman yang serupa di perangkat mobile dan PC. Blizzard bahkan telah merancang Diablo Immortal agar mendukung cross-play dan cross-progression antar platform.

Ini penting mengingat Diablo Immortal merupakan game Diablo pertama yang mengadopsi elemen MMO, yang berarti sosialisasi antar pemain merupakan salah satu aspek yang paling krusial. Sebagai sebuah MMO, tentu saja peluncuran per region menjadi faktor lain yang perlu diperhatikan; untuk region Asia Pasifik, termasuk halnya Indonesia, Blizzard memastikan bahwa Diablo Immortal akan tersedia di mobile dan PC pada bulan yang sama, meski mungkin pada tanggal yang berbeda.

Hal terakhir yang perlu dicatat, Diablo Immortal versi PC bakal meluncur dalam status open beta, tidak seperti versi mobile-nya yang sudah final. Kendati demikian, Blizzard memastikan bahwa semua progres pemain tidak akan hilang ketika versi PC-nya sudah siap meninggalkan fase beta nantinya.