Esports Ecosystem

CSPPA Luncurkan Ranking Tim CS:GO yang Independen

14 Aug 2020 | Narendra Soejoedi
Tanpa diketahui banyak orang, sistem ranking yang ada di skena kompetitif CS:GO memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan dan kesejahteraan atlet esports CS:GO.

Beberapa waktu yang lalu Asosiasi Player Profesional Counter-Strike (CSPPA)  meluncurkan sistem ranking independen untuk atlet esports CS:GO. Selama ini masih ada beberapa sistem ranking lain yang dijadikan acuan oleh komunitas atlet esports, organisasi esports, dan penggemar game CS:GO secara luas. Tidak lupa, sistem ranking kerap kali dijadikan dasar pengambilan keputusan bagi tournament organizer untuk menentukan tim manakah yang mendapat direct invitation.

Adapun sebenarnya sistem ranking bisa memberikan sedikit gambaran mengenai performa tim maupaun atlet esports. Hanya saja sampai saat ini belum ada sistem ranking yang transparan dan independen yang dapat diacu bersama dan diterima bagi seluruh pegiat dan juga penggemar di skena kompetitif CS:GO secara global.

https://twitter.com/CSPPAgg/status/1293924977335566336

Berkaca dari fenomena yang ada, CSPPA mengambil inisiatif untuk meluncurkan sistem ranking yang transparan, independen, dan dapat menjadi acuan yang bisa disetujui oleh semua pihak. Terlepas dari kemungkinan adanya perdebatan yang muncul dari komunitas CS:GO, sistem ranking yang diluncurkan oleh CSPPA memberikan penekanan serius akan kesejahteraan atlet esports CS:GO.

Sistem ranking yang diterapkan CSPPA memungkinkan atlet esports CS:GO mendapatkan poin ranking secara individual. Tidak sampai di situ saja raihan poin yang dimiliki oleh atlet esports CS:GO tidak akan berkurang jika tidak dapat bertanding dikarenakan sakit atau alasan kesehatan lainnya. Sistem ranking yang sudah ada sebelumnya seakan memberikan kewajiban untuk atlet esports bertanding terus-menerus.

Rencananya sistem ranking yang diterapkan oleh CSPPA masih bersifat dinamis dan dapat terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang terjadi di skena kompetitif CS:GO. Secara terbuka CSPPA akan menerima saran dari publik, organisasi esports dan tentu saja atlet esports CS:GO. Sebelum peluncurannya metode dan sistem ranking yang diterapkan sudah dikonsultasikan dengan atlet esports, tournament organizer, dan organisasi esports yang berlaga pada disiplin game CS:GO.

“Menurut saya, sistem ranking perlu juga mempertimbangkan kesehatan mental atlet esports dan kebijakan proteksi ranking adalah perubahan yang baik bagi skena kompetitif CS:GO,” seperti yang disampaikan Markus “Kjaerbye” Kjærbye dalam sebuah keterangan resmi.

Markus "Kjaerbye" Kjærbye | via: liquipedia
Markus “Kjaerbye” Kjærbye | via: liquipedia

Lebih jauh lagi, isu kesehatan atlet esports adalah hal yang nyata dan menuntut perhatian yang serius. Skena kompetitif CSGO sudah beberapa kali melihat secara nyata fenomena kelelahan baik secara fisik maupun mental yang dialami atlet esports yang berkompetisi.

Sebagai tambahan berdasarkan ranking yang baru dirilis tim CS:GO Evil Genisuses, Natus Vincere dan Furia adalah deretan tim teratas  ranking CSPPA.