Dark
Light

Chrome Extensions, Hebat Atau Biasa Saja?

1 min read
December 10, 2009

chromeextensionTernyata peluncuran extensions dari Chrome agak lebih cepat dari yang dulu pernah saya tulis. Peluncurannya ternyata hampir bersamaan dengan rilis resmi Chrome untuk Mac, kemarin Google merilis extensions beta untuk Chrome versi Windows dan Linux.

Situs Chrome extensions pun sudah bisa digunakan untuk user umum, tidak hanya untuk para developer. Ada banyak sekali pilihan extensions, saya mencoba beberapa aplikasi yang tampak familiar.

Beberapa extensions yang bagi saya yang cukup membantu adalah Feedly, Brizzly, Shareholic, Gmail Checker, RSS Subscription, Zemanta, Google Reader Notifier, dan Chromed Bird. Extensions seperti Chromed Bird mempunyai UI yang sederhana tapi cukup lengkap, tapi beberapa extensions yang saya coba, ada juga yangΒ  belum berfungsi maksimal seperti contohnya Ibrii, Google Translate, padahal saya cukup berharap banyak pada extensions yang terakhir ini.

Extensions dari Chrome sebenarnya menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu, mengingat aplikasi tambahan ini akan membuat Chrome menjadi sebuah tempat yang lebih menyenangkan, kecepatan udah punya, apalagi yang dibutuhkan selain extensions. Memang telah ada 300 extensions lebih yang siap dimasukkan dalan browser anda, instalasinya pun, saya harus bilang sangat mudah, saya mencoba beberapa extensions dan hanya membutuhkan tidak lebih dari 3 klik.

Dengan begitu banyak pilihan extensions, memang Firefox harus terus waspada, jangan-jangan addons Firefox yang menjadi bintang itu bisa tersusul oleh Chrome extensions, meski kayaknya masih jauh. πŸ™‚ Saran sederhana dari saya jika anda ingin mencoba beberapa extensions, cek dulu komentar user yang sudah menginstal, jadi anda bisa melihat saran-saran dari user lain sebelum mencobanya.

Dua kemenangan awal Chrome dari Firefox adalah: tidak perlu me-restart ketika menginstal dan meng-uninstal extensions. Developer juga menjadi titik utama pada extensions untuk Chrome, extensions yang di upload oleh developer akan langsung dapat dinikmati oleh para user.

Anda dapat mencari extensions dari situs resminya atau mencoba pilihan extensions lain di Googlechrome.org chromeextensions.org dan silahkan memulai membandingkan apakah extensions Chrome bisa mengalahkan addons Firefox.

Anda sudah mencoba extensions Chrome? Mari, share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

7 Comments

  1. Kayanya masih terlalu awal untuk menilai Extension di Chrome bisa membawa dampak sedemikian besar, seperti di Firefox.
    Namun ngeliat bahwa
    1) Chrome extension sejauh ini *tidak* membawa perlambatan browsernya sendiri, seperti di Firefox
    2) Developer GreaseMonkey bergabung dengan tim developer Chrome
    3) Komunitas engineer yang sehat di Google
    bisa jadi berefek positif, dan bawa banyak “enhancement” untuk Chrome. Untuk bantu mencapai target 10% market share Browser, yang dicanangkan oleh Google

  2. kesabaran anda sedang diuji sama Google πŸ™‚ tapi kayaknya beberapa hari kedepan udah ada kok πŸ™‚

  3. biasa sih, udah biasa di firefox.
    tapi emang udah ditunggu-tunggu, beberapa lama gak pake chrome karena butuh extension seperti ad-block.
    sekarang sih ga ragu lagi pakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Sudah Tersedia: Chrome Untuk Mac!

Next Story

Fly Thunderbird, Fly!

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan