Dark
Light

Fly Thunderbird, Fly!

1 min read
December 10, 2009

thunderbirdDitengah keriuhan berita tentang Google yang menyita perhatian, dengan bertubi-tubi up date, juga ditengah peluncuran Vevo, yang sayangnya belum bisa diakses bagi user dari Indonesia, penyedia jasa aplikasi e-mail Thunderbird meluncurkan versi 3.0 mereka.

Thunderbird kompatibel dengan Windows, Mac OS X dan Linux, diklaim memiliki 10 sampai 15 juta pengguna Thunderbird memang harus bersaing dengan Gmail, Yahoo! Mail, Outlook, Zimbra dan aplikasi lain. Tapi bagi penggemar Firefox, ada 3 poin penting yang dapat dinikmati di versi 3.0 ini dan alasan kenapa saya mengaitkan Thunderbird dengan Firefox.

Fungsi search, yang merupakan salah satu kelebihan utama yang ada di Thunderbird versi 3.0 ini, memungkinkan anda mencari e-mail dengan lebih tepat sesuai dengan apa yang anda cari. Hasil pencarian email akan di tampilkan pada tab sehingga memudahkan anda untuk tetap bekerja dengan e-mail anda. Fungsi search ini juga akan memudahkan mencari e-mail baik itu berdasarkan kata, kontak maupun attachment.

Email tab seperti di Firefox, ini dia salah satu fungsi yang menjadi alasan, kenapa saya mengaitkan Thunderbird dengan Firefox. Fungsi tabs adalah sebuah fungsi yang akan membuat tampilan e-mail yang anda buka seperti tab di browser internet. Ketika anda membuka inbox atau daftar e-mail, lalu double klik pada email yang ingin anda baca, maka Thunderbird akan membuka email ini pada tab baru, jadi anda bisa multitasking dalam membaca email. Bisa jadi Thunderbird mengincar para penggemar Firefox untuk menggunakan aplikasi ini, karena jika anda menyukai Firefox anda dipastikan akan menyukai fasilitas ini. Tapi terus terang saya malah jadi teringat pada tampilam Yahoo Mail yang baru, meski tidak dalam bentuk tab.

Archive feature, selain itu Thunderbird juga memberikan kemudahan bagi anda yang tetap memerlukan e-mail meski sudah terbaca. Dengan aplikasi ini anda bisa menyimpan e-mail penting untuk anda baca kembali lain waktu, tentu dengan sistem yang baru dan cara yang mudah.

Ketiga kelebihan ini, memang hanya beberapa dari up date yang ada di Thunderbird versi 3.0. Saya langsung mendownload dan mencobanya, meski masih terikat dengan Gmail serta Yahoo! Mail versi baru yang cukup memudahkan dalam mengelola dan membaca email, tapi saya akan mencoba aplikasi ini dalam beberapa hari ke depan.

Itu pendapat saya, bagaimana dengan anda? Jangan lupa untuk share pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Chrome Extensions, Hebat Atau Biasa Saja?

Next Story

Friendster Sudah Terjual !

Latest from Blog

Don't Miss

Tips Mengubah Pembeli Jadi Pelanggan dengan Email Marketing - DailySocial.id

Tips Mengubah Pembeli Jadi Pelanggan dengan Email Marketing

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pastinya memiliki pembeli adalah hal yang
5 Cara Untuk Meningkatkan Email Marketing Bisnis Anda

5 Cara Untuk Meningkatkan Email Marketing Bisnis Anda

Adaptasi email marketing oleh perusahaan baik kecil maupun menengah terus