Esports Ecosystem

Capcom Luncurkan Fitur Online Tournament Mode dalam Street Fighter V

18 Sep 2019 | Ayyub Mustofa
Capcom juga merilis berbagai konten untuk menyambut hari Halloween 2019.

Street Fighter V: Arcade Edition hingga kini masih bertahan sebagai fighting game dengan ekosistem kompetitif yang sangat subur. Melihat jumlah partisipan di EVO 2019 mencapai hampir 2.000 orang (peringkat kedua tertinggi), kita bisa langsung tahu bahwa masih banyak pemain di luar sana yang ingin memainkan Street Fighter V, terutama di panggung besar.

Dari segi konten pun, Capcom selaku developernya masih terus meluncurkan karakter baru, kostum, dan beragam hal lainnya. Meski jadwal peluncuran kontennya kurang konsisten, mereka tetap bisa menghadirkan karakter yang banyak diinginkan penggemar. Rumornya, Capcom bahkan sudah menyiapkan bundel karakter lagi hingga akhir tahun 2019.

Selepas turnamen Capcom Pro Tour (CPT) 2019 Asia Premier pada akhir pekan lalu, Capcom kini kembali merilis update konten baru untuk Street Fighter V: Arcade Edition. Sebagaimana update yang berkaitan dengan gameplay lainnya, update ini pun sifatnya gratis dan dapat langsung diunduh oleh semua pemain. Tapi ada satu hal yang membuat banyak orang bertanya-tanya. Ukuran download yang diperlukan untuk update terbaru ini mencapai kurang lebih 14 GB untuk Street Fighter V versi Steam, dan 21 GB untuk versi PS4!

Ada apa gerangan hingga game ini memperoleh update demikian besar? Capcom telah merilis sejumlah catatan perubahan untuk update versi 04.081 ini. Pertama, dalam rangka menyambut perayaan Halloween yang akan jatuh pada bulan Oktober nanti, Capcom meluncurkan sejumlah item kosmetik bertema Halloween. Karakter yang mendapat kostum Halloween tahun in iadalah E. Honda dan Poison. Capcom juga meluncurkan stage baru dengan nama Union Graveyard.

https://twitter.com/StreetFighter/status/1174005312363388928

Capcom juga merils berbagai perbaikan bug serta event Fighting Chance untuk memperoleh kostum Balrog bernama No Escape. Tapi mungkin update yang paling signifikan adalah peluncuran fitur baru yaitu mode Online Tournament. Mode ini menjadi salah satu bagian dari fitur-fitur Capcom Fighters Network (CFN) dalam Street Fighter V.

Menurut Capcom, Online Tournament mode ini masih berada dalam tahap pengembangan dan saat ini dirilis dengan status closed beta saja. Sementara perilisan secara resinya baru akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan. Menariknya, berdasarkan hasil data mining oleh para pengguna Reddit, tampaknya mode turnamen ini juga akan mendukung format team battle 2v2 dan 3v3, seperti pertandingan Street Fighter League.

Turnamen online bukan hal asing dalam dunia fighting game, dan bahkan Capcom Pro Tour pun memiliki tingkatan turnamen Online Ranking Event di dalamnya. Dengan adanya mode Online Tournament ini, tampaknya pengadaan turnamen bisa berjalan lebih mudah dan lebih lancar ketimbang menggunakan lobby biasa. Tekken 7 pun memiliki mode serupa. Kita tunggu saja akan seperti apa fitur versi finalnya, semoga saja benar-benar bisa memfasilitasi kebutuhan turnamen sesuai standar pada umumnya.

Sumber: Shadaloo Combat Research Institute, Reddit