Gaming News

Street Fighter V Dapatkan 3 Karakter Baru: E. Honda, Poison, dan Lucia

01 Aug 2019 | Ayyub Mustofa
Pengumuman yang seharusnya diungkap setelah EVO 2019 ini ternyata bocor lebih cepat.

Ajang kompetisi Evolution Championship Series alias EVO sudah lama jadi pilihan bagi developer fighting game yang ingin mengungkap pengumuman baru. Begitu pula EVO 2019, apalagi EVO kali ini disponsori langsung oleh Sony PlayStation. Penggemar tentu semakin bertanya-tanya, bakal ada hal baru apa yang muncul. Akan tetapi tampaknya tahun ini keseruan melihat pengumuman baru tersebut akan sedikit berkurang.

Tak lama sebelum acara EVO 2019 dimulai, sebuah video trailer baru Street Fighter V: Arcade Edition bocor ke Steam. Trailer tersebut menunjukkan tiga karakter baru, yaitu E. Honda, serta Poison dan Lucia yang sama-sama berasal dari seri Final Fight.

Tidak jelas apakah pembocoran trailer tersebut disengaja atau tidak, namun akun Twitter resmi Street Fighter berkata bahwa mereka bersikap “terlalu bersemangat”. Hal ini kemudian diikuti oleh beberapa cuitan dari produser seri Street Fighter, Yoshinori Ono. Ia berkata bahwa hal tak terduga telah terjadi, dan ia marah serta sedih karenanya. “Saya kehilangan beberapa tahun dari hidup saya. Tim #SFVAE telah bekerja keras untuk membagikan pengumuman spesial ini!”

Mungkin karena sudah terlanjur basah, akhirnya Capcom dan Ono pun langsung merilis trailer resmi berisi pengumuman tiga karakter tersebut. E. Honda, Poison, dan Lucia akan dirilis pada tanggal 4 Agustus—seharusnya tepat setelah Grand Final Street Fighter V di EVO. Masing-masing karakter dirilis bersama empat kostum alternatif, serta satu stage baru yang merupakan stage khas E. Honda di Street Fighter klasik.Mereka juga tersedia dalam versi bundel bernama Summer 2019 Character Bundle.

Channel YouTube resmi Street Fighter kemudian mengunggah tiga video terpisah yang menunjukkan cuplikan gameplay dari masing-masing karakter. Secara umum, baik E. Honda maupun Poison sama-sama menunjukkan gaya main yang masih mirip dengan penampilan mereka di judul-judul Street Fighter sebelumnya. Kecuali beberapa perubahan dengan rasa Street Fighter V, seperti command grab milik E. Honda yang kini menjadi salah satu V-Trigger, atau V-Trigger I milik Poison yang memberinya senjata berupa bom molotov. Sementara Lucia jelas merupakan karakter yang baru pertama kali ada dalam seri ini.

Kabar lain yang muncul adalah bahwa Yoshinori Ono tidak akan hadir dalam EVO 2019, tidak seperti biasanya di mana beliau selalu datang dan menyapa para penggemar. Namun bukan berarti ia batal datang karena marah terhadap bocoran ini. Ono hanya berharap agar para penggemar menyukai konten-konten baru Street Fighter, dan ia akan kembali hadir di tengah fans untuk pengumuman berikutnya.

Bocoran berita terkadang memang menarik bagi kita yang menemukannya. Akan tetapi di sisi developer/penerbit game, hal seperti ini bisa berdampak cukup buruk. Apalagi bila mereka telah menghabiskan cukup banyak dana untuk mempersiapkan pengumuman besar. Katsuhiro Harada, produser Tekken, juga pernah mengungkapkan kemarahan di Twitter karena berbagai informasi tentang Bandai Namco sempat bocor sebelum E3. Semoga saja hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi di masa depan. Lagi pula, lebih seru bila sebuah pengumuman dinikmati secara serentak oleh seluruh penggemar, bukan?

Sumber: Capcom, Yoshinori Ono