Build Candace Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"Nights in the desert are cruel. Sleep soundly, and know that ! am watching over you." - Candace

Candace merupakan karakter Hydro B4 baru pertama sejak Genshin Impact dirilis. Sebelumnya, karakter Hydro setelah Barbara dan Xingqiu selalu memiliki rarity B5.

Selain memiliki elemen yang kuat, Candace juga mampu memberikan hydro infusion kepada karakter lain. Sebagus apakah Candace di Genshin Impact?

Simak penjelasan Build Candace Genshin Impact terbaik berikut ini.

Build Candace Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Candace

Candace merupakan karakter B4 Hydro dengan senjata polearm. Ia didesain sebagai karakter support, yang mampu mengaplikasikan elemen Hydro melalui infusion Normal Attack, baik dari dirinya maupun karakter lain. Selain itu, Elemental Skill-nya mampu menahan serangan musuh yang datang. Kemampuan ini sangat mirip dengan parry milik Beidou dan Yun Jin. Partikel yang dihasilkan juga tergolong cukup banyak.

Sayangnya, kemampuan infusion-nya tidak terlalu dibutuhkan, sehingga Candace memiliki posisi yang membingungkan. Di satu sisi, sudah banyak karakter Hydro lain, yang jauh lebih kuat dan menawarkan manfaat lain, seperti Xingqiu, Yelan, Ayato, Childe, dan Kokomi.

Dan jika dilihat dari segi buff Normal Attack untuk karakter lain, Yun Jin sudah hadir terlebih dahulu dengan kemampuan yang sama persis. Yun Jin bahkan memiliki multiplier yang lebih tinggi dan durasi buff yang lebih lama. Sehingga, perbedaan elemen sajalah, yang membedakan cara bermain kedua karakter ini.

Namun bukan berarti, pemain harus memilih salah satu dari kedua karakter tersebut. Pemain masih bisa menggunakan keduanya di dalam satu tim, jika ingin membentuk sebuah komposisi tim yang spesifik.

Elemental Skill - Sacred Rite: Heron’s Sanctum

Saat ditekan, Candace akan memukul musuh di depannya dengan perisainya, memberikan Hydro DMG.

Saat ditahan, Candace akan mengangkat perisainya, dan akan menahan damage yang datang dari musuh. Pertahanan ini akan dihitung berdasarkan HP Candace, dan lebih efektif saat menahan damage Hydro yang masuk. Setelah menahan beberapa detik, Candace akan menghantam tanah, memberikan Hydro DMG kepada musuh.

Elemental Burst - Sacred Rite: Wagtail’s Tide

Saat diaktifkan, Candace akan mengeluarkan ledakan area, yang memberikan Hydro DMG kepada musuh, lalu buffPrayer of the Crimson Crown akan diberikan untuk karakter aktif.

Buff tersebut akan memberikan:

  • +20% Normal Attack DMG.
  • Normal Attack karakter bersenjata sword, claymore, dan polearm akan mendapatkan hydro infusion.
  • Saat sebuah karakter memasuki arena, mereka akan melepaskan ledakan Hydro DMG di sekitarnya selama buff ini belum habis.

Talenta Pasif 1: Aegis of Crossed Arrows

Saat Candace menerima serangan saat sedang menahan Elemental Skill, Candace langsung akan menghantam tanah tanpa perlu menunggu durasi habis.

Talenta Pasif 2: Celestial Dome of Sand

Untuk setiap 1000 poin dari maksimum HP Candace, serangan elemental Normal Attack dari karakter aktif akan bertambah sebanyak 0,5%.  Efek ini akan ditambahkan ke dalam buff Prayer of the Crimson pada Elemental Burst.

Talenta Pasif 3: To Dawn’s First Light

Konsumsi stamina saat memanjat akan dikurangi sebanyak 20%. Efek talenta pasif dengan efek yang sama tidak bisa ditumpuk.

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill.

Konstelasi

Konstelasi Penting: C1.

Secara sederhana, konstelasi Candace dapat dijelaskan seperti ini:

C1: Durasi buff Elemental Burst +3 detik.

C2: Saat Elemental Skill mengenai musuh, maksimum HP Candace bertambah 20% selama 15 detik.

C3: Elemental Burst bertambah 3 level.

C4Cooldown Elemental Skill versi ditahan akan menjadi 6 detik.

C5: Elemental Skill bertambah 3 level.

C6: Saat buff Elemental Burst aktif dan karakter aktif menyerang dengan serangan elemental Normal Attack, akan muncul sebuah ledakan yang akan memberikan Hydro DMG secara area, yang dihitung berdasarkan maksimum HP Candace. Ledakan ini dapat terpicu setiap 2,3 detik sekali dan akan dihitung sebagai damage Elemental Burst. Candace tidak akan memicu efek ini.

Artifact

Sebagai karakter support, Candace bisa memakai Artifact seperti 4-pc Noblesse Oblige, 4-pc The Exile, atau 4-pc Instructor, tergantung dari kebutuhan tim Anda. Candace juga bisa memakai 4-pc Deepwood Memories, jika Anda bermain tim Hyperbloom dan ingin meningkatkan damage Dendro di tim Anda.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan Artifact seperti 2-pc Tenacity of the Millelith dan 2-pc Emblem of Severed Fate.

Rekomendasi ER: 160%.

Main stat yang dicari:

  • Sands: HP%/Energy Recharge%.
  • Goblet: HP%.
  • Circlet: HP%/ Crit Rate% (Jika menggunakan Favonius Lance).

Prioritas sub stat: ER% > HP% > Crit Rate% (khusus Favonius Lance) > flat HP.

Senjata Candace Genshin Impact

Karena Candace hanya membutuhkan Energy Recharge dan HP% saja, maka Anda bisa menggunakan senjata-senjata dengan substat tersebut. Anda bisa menggunakan senjata seperti Favonius Lance, Black Tassel, Prototype Starglitter, Skyward Spine, Engulfing Lightning, atau The Catch.

Untuk The Catch dan pilihan senjata B5 yang telah disebutkan, disarankan untuk memprioritaskan karakter lain terlebih dahulu. Jika benar-benar tidak ada karakter yang memakainya, barulah Candace bisa memakainya.

Komposisi Tim

Candace tentunya dapat dimainkan di tim Freeze. Ia menjadi alternatif yang baik, ketika pemain hanya memiliki Xingqiu di akun mereka. Candace akan sangat membantu dalam pembentukan kedua tim Spiral Abyss, hingga pemain mendapatkan opsi yang lebih baik. Contoh tim Freeze yang bisa Anda gunakan adalah Candace, Ayaka/Kaeya, Rosaria dan Kazuha.

Tim Fridge merupakan sebuah variasi dari tim Freeze, namun dengan memasukkan karakter Dendro ke dalam tim. Karena Cryo dan Dendro tidak bisa bereaksi, Anda tidak perlu khawatir Dendro akan merusak reaksi Freeze. Contoh tim yang bisa Anda gunakan adalah Candace, Dendro MC, Kaeya/Rosaria, dan Diona.

Selain membekukan musuh, tim ini akan menghasilkan Dendro Cores, yang akan memberikan damage Dendro. Tim ini akan sangat terbantu, jika Anda memiliki Diona C6, yang akan sangat mengangkat Elemental Mastery dari karakter lain.

Candace dapat juga dimasukkan ke dalam Hyperbloom, yang merupakan reaksi Dendro Cores dengan Electro. Contoh tim yang bisa Anda gunakan adalah Candace, Dendro MC, Kuki Shinobu, dan Collei/Tighnari. Selain reaksi Hyperbloom, Anda juga bisa menyelipkan sedikit reaksi Quicken untuk meningkatkan damage Dendro, jika Anda menggunakan Tighnari.

Variasi lain dari tim sebelumnya adalah tim Burgeon. Tim ini akan memanfaatkan reaksi Dendro Cores dengan Pyro, yang akan meledak dan memberikan damage Dendro kepada musuh. Karakter Pyro yang paling cocok digunakan di tim ini adalah Thoma, karena memiliki internal cooldown yang akan meminimalisir terjadinya reaksi lain selain Burgeon. Contoh tim yang bisa Anda gunakan adalah Candace, Dendro MC, Collei, dan Thoma.

Salah satu karakter yang bisa memanfaatkan Candace adalah Diluc. Jika biasanya Diluc dipasangkan dengan karakter Hydro off-field, kini ia mampu menghasilkan reaksi Vaporize secara mandiri melalui Normal Attack-nya. Contoh tim yang bisa Anda gunakan adalah Diluc, Candace, Fischl, dan Bennett.

Selain Diluc, Ayato merupakan salah satu karakter yang paling cocok saat memanfaatkan semua manfaat Candace. Anda bisa mencoba komposisi tim yang berisikan Ayato, Candace, Yun Jin, dan Zhongli. Dengan menggunakan 2 Hydro dan 2 Geo, maka Elemental Resonance dari keduanya akan aktif. Namun, Anda bisa menggunakan Kazuha jika Anda membutuhkan crowd-control atau damage yang lebih besar.

Dan yang terakhir dalam daftar komposisi tim adalah tim Zhongli. Selain memiliki universal res shred, Zhongli memiliki attack string Normal Attack yang sangat cepat dan banyak, sehingga ia mampu memaksimalkan setiap buff dari Candace. Anda bisa menggunakan Candace dan Xingqiu/Yelan untuk mengaktifkan Hydro Resonance, yang akan menambah damage Zhongli lebih lagi. Untuk karakter terakhir, Anda bisa menggunakan Yun Jin.

Saat memakai tim ini, pastikan Zhongli Anda memakai 4-pc Archaic Petra, karena mampu meningkatkan damage Hydro hingga 40%. Hanya saja, perhatikan bahwa Zhongli lah yang harus mengambil shield Crystallize, agar efek Artifact tersebut aktif.

Tips Candace Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Sebelum Candace, sudah ada sejumlah kemampuan infusion lain yang dimiliki oleh karakter lain. Walau begitu, terdapat sejumlah elemental infusion yang bisa ditimpa Candace. Contohnya adalah Bennett C6, Elemental Burst Diluc, Ayaka, dan Keqing. Hanya Chongyun-lah yang tidak bisa ditimpa oleh Candace (dan karakter-karakter yang memang pada skill-nya sudah tertulis bahwa elemental infusionnya tidak bisa ditimpa seperti Cyno dan Raiden Shogun).

  2. Untuk karakter B4 yang didesain spesifik untuk meningkatkan Normal Attack, Candace sebenarnya memiliki multiplier yang cukup tinggi. Dengan demikian, Candace sebenarnya bisa dimainkan sebagai main DPS, walau memang tidak sekuat karakter-karakter yang didesain sebagai karakter DPS. Anda cukup memakai senjata polearm terbaik Anda, dan menggunakan Artifact 4-pc Heart of Depth jika ingin mencoba Candace Main DPS.

Penutup

Di balik desainnya yang unik, baik secara visual maupun gameplay, sayangnya Candace tidak memiliki peranan yang seunik dua aspek tersebut. Ia juga tersandung dengan konstelasi yang cukup membatasi potensinya.

Namun setidaknya, Candace masih bisa membantu pemain saat melakukan eksplorasi, karena talenta pengurangan konsumsi stamina saat memanjat, tidak dimiliki oleh karakter lain selain Xiao, hingga versi 3.1. Apalagi talenta yang sebelumnya terkesan eksklusif tersebut, kini diberikan untuk karakter B4.

Itulah tadi tips build Candace Genshin Impact terbaik yang bisa Anda praktekkan sendiri. Selamat mencoba!