Build Dori Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"I love Mora, and Mora loves me! I make Mora and it makes me happy! Lalala... ♪" - Dori

Dirilis pada 3.0, Dori merupakan karakter healer Electro kedua setelah Kuki Shinobu. Walau memiliki role yang sama, apakah Dori menawarkan hal yang berbeda? Sebagus apakah dirinya bila dibandingkan dengan karakter support lainnya?

Simak penjelasan Build Dori Genshin Impact terbaik berikut ini.

Build Dori Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Dori

Dori merupakan karakter Electro B4 dengan senjata claymore. Ia didesain sebagai karakter healer, yang mampu memulihkan karakter aktif melewati Elemental Burst-nya. Namun cara Dori memberikan heal cukup unik, bila dibandingkan dengan karakter yang sudah ada. Ia akan memanggil Jinni, menghubungkannya dengan karakter aktif, lalu memulihkannya. Jika hubungan ini terkena musuh, maka akan memberikan Electro DMG kepada musuh.

Sayangnya, Dori hanya bisa memberikan heal untuk 1 karakter saja (pada C0). Selain heal, Dori juga memiliki kemampuan untuk mengisi energi dari karakter yang terhubung tadi,serta memberikan aura Electro, sehingga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan (cleansing) elemen yang tidak diinginkan.

Sebagai karakter Electro healer alternatif setelah Kuki Shinobu, tentu Dori memiliki kelebihan dan kekurangan. Saat memakai Kuki Shinobu, pemain mungkin agak sedikit khawatir, karena ia perlu mengorbankan HP-nya untuk memulihkan karakter lain. Kekhawatiran ini tak lagi timbul saat memakai Dori.

Sebagai gantinya, heal dari Dori terletak di Elemental Burst, yang membutuhkan energi yang cukup besar, dengan cooldown yang lama pula. Berbeda dengan Kuki Shinobu yang memiliki uptime mendekati 100% untuk Elemental Skill-nya.

Namun keduanya merupakan karakter yang cukup baik, saat pemain membutuhkan sebuah karakter healer, saat bermain di tim yang membutuhkan reaksi Electro. Contoh tim yang membutuhkan karakter dengan situasi tersebut adalah tim Taser. Dengan adanya Dori, pemain kini memiliki opsi lain dalam memainkan tim ini.

Elemental Skill - Spirit-Warding Lamp: Troubleshooter Cannon

Melemparkan serangan ke depan, yang akan memberikan Electro DMG kepada musuh yang terkena. Setelah itu, akan tercipta 2 bola yang akan melacak musuh terdekat secara otomatis, yang memberikan Electro DMG susulan.

Skill Dori ini lebih dimanfaatkan untuk menghasilkan partikel energi dan aplikasi Electro ke musuh, ketimbang menghasilkan damage yang besar.

Elemental Burst - Alcazarzaray’s Exactitude

Dori memanggil Jinni yang akan memberikan bantuan kepada karakter yang terhubung dengannya. Bantuan yang diberikan berupa heal secara berkala, mengisi energi, dan mengaplikasikan Electro. Musuh yang terkena konektor antara Jinni dan karakter aktif, akan menerima Electro DMG setiap 0,4 detik sekali.

Talenta Pasif 1: An Eye for Gold

Jika karakter aktif memicu reaksi elemen Electro (Electro-Charged, Superconduct, Overloaded, Quicken, Aggravate, Hyperbloom, Electro Swirl, atau Crystallize), cooldown Elemental Skill akan berkurang 1 detik. Efek ini bisa terpicu setiap 3 detik sekali.

Talenta Pasif 2: Compound Interest

Saat Elemental Skill mengenai musuh, Dori akan mendapatkan 5 energi untuk setiap 100% Energy Recharge yang dimilikinya. Maksimum energi yang didapatkan melalui cara ini adalah 15 energi, dan hanya bisa dipicu sekali untuk satu pengaktifan Elemental Skill.

Talenta Pasif 3: Unexpected Order

Memiliki peluang untuk mendapatkan refund material sebesar 25% saat melakukan crafting material karakter dan senjata.

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill.

Konstelasi

Konstelasi Penting: C4.

Secara sederhana, konstelasi Dori dapat dijelaskan seperti ini:

C1: Bola Serangan yang tercipta dari Elemental Skill akan bertambah 1.

C2: Saat Jinni memulihkan karakter dan sedang berada di pertarungan, Jinni akan menembakkan serangan ke arah tempat karakter aktif berada, yang dihitung berdasarkan 50% dari ATK Dori.

C3: Elemental Burst bertambah 3 level.

C4: Karakter yang terhubung dengan Jinni akan mendapatkan buff tambahan, sesuai dengan HP dan Energy-nya saat itu: - Jika HP di bawah 50%, karakter akan mendapatkan 50% Healing Bonus. - Jika energi di bawah 50%, karakter akan mendapatkan 30% Energy Recharge.

C5: Elemental Skill bertambah 3 level.

C6:  Setelah mengaktifkan Elemental Skill, Dori akan mendapatkan sebuah buff, yaitu: Setiap Normal Attack yang mengenai musuh, setiap anggota tim akan menerima heal sebanyak 4% dari HP maksimum Dori. Efek ini akan aktif 3 detik setelah Elemental Skill diaktifkan, dan bisa terpicu setiap 0,1 detik sekali.

Artifact

Sebagai karakter healer dan support, Dori bisa menggunakan Artifact seperti 4-pc Noblesse Oblige, yang mampu meningkatkan ATK untuk 1 tim. Selain itu, ada juga pilihan lain seperti 4-pc Exile yang bisa mengisi energi tambahan untuk 1 tim, atau 4-pc Instructor untuk menambah Elemental Mastery anggota tim lainnya.

Namun jika Anda bermain di dalam sebuah tim yang berfokus pada reaksi Dendro, seperti Spread, Bloom, atau Hyperbloom, maka Anda bisa memakai 4-pc Deepwood Memories. Artifact ini mampu mengurangi Dendro RES, dan penggunanya tidak harus karakter Dendro. Cara penggunaan Artifact ini juga tergolong mudah.

Jika Anda belum memiliki Artifact yang telah disebutkan, Anda bisa memakai sementara kombinasi antara 2-pc Emblem of Severed Fate, 2-pc Ocean-Hued Clam, atau 2-pc Maiden's Beloved.

Rekomendasi ER: - Sekitar 180-200% jika ada 2 Electro di tim. - Lebih dari 200% jika Dori ditempatkan sendirian sebagai karakter Electro di tim.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ER%.
  • Goblet: HP%.
  • Circlet: Healing Bonus% / Crit rate% (khusus Favonius Greatsword).

Prioritas sub stat: ER% > HP% > Crit Rate% (khusus Favonius Greatsword) > flat HP.

Senjata Dori Genshin Impact

Karena membutuhkan energi yang cukup banyak, maka disarankan untuk memakai senjata dengan substat Energy Recharge. Pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Favonius Greatsword. Senjata ini memiliki substat ER terbanyak di Genshin Impact, serta efek pasif yang bisa memberikan partikel energi lagi kepada Dori dan anggota 1 tim.

Pilihan senjata lain yang bisa Anda gunakan adalah Sacrificial Greatsword, Forest Regalia, Skyward Pride, Rainslasher. Bloodtainted Greatsword.

Selain memberikan Energy Recharge, Forest Regalia juga mampu memberikan buff Elemental Mastery kepada 1 karakter di tim. Untuk Rainslasher dan Bloodtainted Greatsword, bisa digunakan jika Anda ingin mencoba memaksimalkan damage Dori melalui sejumlah reaksi seperti Hyperbloom atau Electro-Charged. Gunakan Skyward Pride jika tidak ada karakter lain yang menggunakannya, atau Anda belum memiliki senjata-senjata yang telah disebutkan sebelumnya.

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan The Bell. Walaupun dituliskan bahwa senjata ini bisa menciptakan shield, namun sayangnya shield tersebut hanya bisa digunakan pengguna The Bell saja, sehingga saat Anda mengganti ke karakter lain, tentu saja shield tersebut juga ikut lenyap.

Komposisi Tim

Sebagai healer, Dori bisa diletakkan di berbagai tim. Karena memiliki energy cost yang besar, Electro Resonance akan sangat membantu kebutuhan energi Dori.

Hyperbloom merupakan sub-reaksi dari reaksi Bloom, yang membutuhkan elemen Electro untuk meledakkan Dendro Cores. Di tim ini, Dori dapat dengan mudah melakukan hal tersebut. Karakter Dendro yang bisa Anda gunakan di tim ini adalah Dendro MC (DMC), Kazuha atau Sucrose yang mampu mengumpulkan Dendro Cores, dan tentunya 1 karakter Hydro seperti Yelan, Xingqiu, atau Ayato.

Tim Taser yang paling standar biasanya berisikan Sucrose, Fischl, Beidou, dan Xingqiu. Namun kini Anda bisa mengganti Beidou dengan Dori, jika Anda menginginkan karakter healer di tim ini. Anda juga bisa menggunakan Heizou sebagai pengganti Sucrose, dan Yelan atau Ayato sebagai pengganti Xingqiu.

Dan yang terakhir adalah tim Eula. Eula merupakan karakter main DPS Physical yang sangat haus energi. Dengan adanya Dori yang bisa meringankan kebutuhan ini, serta kemampuannya sebagai healer, maka Dori sangatlah cocok dimasukkan ke dalam tim Eula. Karena slot healer telah ada, maka Anda bisa menggunakan karakter-karakter yang lebih offensive seperti Raiden Shogun dan Rosaria di tim ini.

Tips Dori Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Elemental Burst Dori mampu menghasilkan damage Electro yang sangat banyak dalam waktu yang singkat. Namun sayangnya, HoYoverse memutuskan bahwa damage tersebut tidak dapat mengaplikasikan Electro kepada musuh sebanyak seharusnya, dengan menerapkan internal cooldown khusus. Biasanya, karakter mampu mengaplikasikan sebuah elemen setiap 3 serangan atau 2,5 detik sekali.

Dengan begitu, aplikasi Electro Dori sangatlah tidak konsisten, menyebabkan value-nya yang menurun, karena damage dan multiplier yang dimilikinya tergolong rendah. Reaksi elemen Dendro yang mengandalkan EM pun juga terhalang karena adanya internal cooldown khusus ini.

  1. Saat menggunakan Elemental Skill, Dori akan melemparkan lampu ajaibnya, lalu akan muncul bola serangan yang menyusul. Lemparan lampu ajaibnya ini memiliki jarak yang cukup pendek, sedangkan terkadang bisa tidak mengenai musuh. Untungnya, serangan bola susulannya memiliki auto-targetting yang baik dengan jarak yang cukup jauh, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir jikalau Elemental Skill Anda tidak mengenai musuh.

Penutup

Dori merupakan karakter yang mampu memberikan performa yang baik bahkan pada C0. Tak hanya sekadar heal, ia juga mampu mengisi energi karakter dan memberikan cleansing kepada karakter aktif. Ia merupakan tambahan yang bagus untuk jajaran karakter-karakter support yang sudah ada di Genshin Impact.

Sayangnya, pembatasan yang diberlakukan HoYoverse terhadap Elemental Burst-nya, sedikit mengunci kegunaannya. Mungkin saja, mereka memang khawatir karena tidak sengaja menciptakan karakter yang "broken" yang sudah tidak ditemukan lagi di karakter-karakter baru.

Itulah tadi build Dori Genshin Impact terbaik yang bisa Anda praktekkan sendiri. Selamat mencoba!