Dark
Light

BoomTV Dapat Investasi Senilai Rp141 Miliar

1 min read
June 10, 2020
investasi BoomTV
BoomTV baru saja mendapatkan kucuran dana segar.

BoomTV baru saja mendapatkan investasi sebesar US$10 juta (sekitar Rp141 miliar). Pendanaan kali ini dipimpin oleh BITKRAFT Esports Ventures dan didukung oleh investor-investor lain seperti Crest Capital, Pole to Win, serta beberapa investor lama mereka. BoomTV menyediakan platform untuk memudahkan penyelenggara mengadakan turnamen esports, mulai dai mendaftarkan pemain, melacak skor, sampai menyiarkan pertandingan. Secara khusus, BoomTV menargetkan penyelenggara turnamen esports kecil, seperti grup komunitas dan klub sekolah.

BoomTV juga mengadakan turnamen Code Red setiap dua minggu sekali. Turnamen tersebut menjangkau jutaan orang setiap bulannya. Dalam 1 tahun terakhir, jumlah rata-rata unique viewers dari Code Red mencapai 2,7 juta orang. Sejak musim gugur 2018, BoomTV telah mengadakan 11 ribu turnamen dengan total hadiah mencapai US$3.9 juta (sekitar Rp55 miliar). Lebih dari 75.000 kreator konten dan 1.600 program universitas menggunakan BoomTV.

Dana investasi ini akan BoomTV gunakan untuk mengembangkan Code Red ProAm dengan menaikkan jumlah total hadiah yang ditawarkan, menjalin kerja sama dengan influencer baru, serta membuat program esports sendiri. Tak hanya itu, mereka juga akan menggunakan kucuran dana segar ini untuk membuat berbagai fitur baru di platform mereka.

investasi boomTV
Melalui investasi ini, BoomTV akan mengembangkan Code Red ProAm. | Sumber: Twitter

“BoomTV bertujuan untuk memudahkan proses penyelenggaraan turnamen esports, baik bagi para influencer, klub sekolah, kelompok di komunitas, warung internet, atau sekadar sekelompok teman yang ingin menggunakan BoomTV untuk membuat, menyiarkan, dan melacak hasil pertandingan esports yang mereka buat,” kata Managing Partner, BITKRAFT, Jens Hilgers, menurut laporan GamesIndustry. Belakangan, BITKRAFT memang sangat aktif dalam menanamkan investasi di perusahaan yang bergerak di bidang esports dan gaming, seperti Bazooka Tango, VERITAS Entertainment, Five Vectors, dan VENN.

Sementara itu, sebelum ini, BoomTV berusaha masuk ke pasar esports di tingkat universitas. Untuk melakukan itu, mereka mengakuisisi American Video Game League (AVGL), salah satu pembuat acara esports dan konten esports di tingkat universitas terbesar. Saat ini, setiap minggu, sejumlah influencer menggunakan platform BoomTV untuk mengadakan turnamen gaming di komunitas mereka.

“Dan semua itu bisa Anda lakukan secara virtual,” kata CEO BoomTV, Sumit Gupta dalam wawancara dengan GamesBeat. “Saat ini, belum ada pihak yang berusaha untuk membantu komunitas kecil. Jalan kami masih panjang, tapi pasar komunitas akar rumput memang sangat besar. Sekarang kami dapat membangun momentum berkat partisipasi dari para influencer.”

Donald Wihardja
Previous Story

CEO MDI Ventures Beberkan Jenis Startup yang Ideal Setelah Covid-19

Healthtech di Indonesia
Next Story

Edukasi Pengguna Masih Jadi Tantangan Mendasar Bagi Pelaku Startup Healthtech

Latest from Blog

Don't Miss

Valve Buat Regulasi Baru di CS:GO, Apa Dampaknya ke Ekosistem Esports?

Selama bertahun-tahun, Valve jarang turun tangan untuk menentukan arah perkembangan

Peran Mobile Esports Dalam Pertumbuhan Industri Esports Global

Beberapa tahun belakangan, industri esports memang tumbuh pesat. Setiap tahun,