16 September 2022

by Glenn Kaonang

Epic Games Store Hadirkan Game Web3 Pertamanya: Blankos Block Party

Blankos Block Party merupakan game multiplayer ala Fall Guys, akan tetapi yang semua karakternya merupakan aset NFT yang dapat diperjual-belikan

Epic Games Store akhirnya punya game Web3 pertamanya: Blankos Block Party. Statusnya memang masih early access, akan tetapi game-nya sekarang sudah bisa dimainkan di PC atau Mac, dan versi penuhnya pun juga sudah dijadwalkan untuk meluncur pada 28 September, bersamaan dengan dimulainya Season 1 dari Blankos Block Party.

Peluncuran Blankos Block Party berhasil mendahului GRIT, game battle royale berbumbu NFT yang sebelumnya diprediksi bakal menjadi game Web3 pertama di platform distribusi milik Epic. Pada laman Blankos Block Party di Epic Games Store, terpampang jelas tulisan bahwa ini merupakan game NFT/blockchain, serta keterangan tambahan bahwa semua kegiatan transaksi dalam game akan ditangani oleh pihak penerbit game-nya masing-masing.

Secara garis besar, Blankos Block Party merupakan game multiplayer ala Fall Guys. Ada banyak mode permainan yang bisa dimainkan, mulai dari balapan sampai gelut dan tembak-menembak. Bedanya tentu saja adalah, semua karakter di game ini merupakan aset NFT yang dapat diperjual-belikan, dengan informasi kepemilikan yang akan selalu tersimpan di blockchain.

Transaksi jual-beli antar sesama pemain ini berlangsung lewat marketplace milik Mythical Games, developer dari game ini. Demi menghadirkan pengalaman yang aksesibel, Mythical memutuskan untuk tidak melibatkan mata uang crypto sama sekali, dan setiap aset NFT Blanko dapat dibeli menggunakan kartu debit atau kartu kredit tradisional.

Pemain juga tidak perlu keluar uang satu sen pun untuk bisa bermain Blankos, sebab game ini secara teknis masuk kategori free-to-play, dan semua akun baru akan otomatis mendapatkan sebuah starter Blanko yang bukan merupakan aset NFT. Seiring pemain mencatatkan progres, mereka juga akan mengumpulkan in-game currency bernama Moola yang dapat ditukarkan dengan berbagai item dalam game.

Kehadiran game Web3 seperti Blankos di Epic Games Store semakin membuktikan sikap netral Epic terhadap tren NFT di industri video game. Sebelum ini, CEO Epic Games Tim Sweeney sudah beberapa kali menyampaikan bahwa platform Epic Games Store akan selalu terbuka untuk game yang mengintegrasikan NFT dan blockchain, akan tetapi Epic sendiri tidak tertarik menghadirkan NFT di game bikinan mereka sendiri.

Via: VentureBeat.