26 July 2022

by Glenn Kaonang

Minecraft Larang NFT, Epic Games: Kami Tetap Netral

Menanggapi keputusan Mojang yang melarang keberadaan NFT di Minecraft, bos Epic Games menegaskan kembali bahwa perusahaannya tetap bersikap netral

NFT di ranah gaming terus menuai kontroversi. Baik opini publik maupun pelaku industri sama-sama terbagi dua. Ada perusahaan game yang sepenuhnya mendukung keberadaan NFT pada produk-produknya, ada juga yang terang-terangan melarang NFT. Salah satu contoh dari kubu yang kedua ini adalah Mojang Studios, yang pekan lalu memutuskan untuk melarang keberadaan NFT dan blockchain di Minecraft.

Kalau melihat popularitas Minecraft yang bombastis, keputusan Mojang melarang NFT ini jelas bakal memberikan pengaruh yang sangat besar di industri video game. Satu yang mungkin terjadi adalah, perusahaan-perusahaan game lain tergerak untuk ikut memberikan pernyataan sikapnya mengenai NFT; apakah mereka mendukung atau menolak keberadaan NFT di game-game bikinannya.

Namun yang mungkin jadi pertanyaan adalah, apakah hanya dua itu opsinya? Apakah tidak ada opsi untuk menjadi netral dalam kontroversi ini? Kalau menurut Epic Games, jawabannya ada. CEO sekaligus pendiri Epic Games, Tim Sweeney, belum lama ini kembali menegaskan bahwa perusahaannya tidak akan melarang distribusi game NFT di platform Epic Games Store.

Developer harus bebas memutuskan bagaimana membuat game mereka, dan Anda bebas memutuskan apakah akan memainkannya. Saya percaya toko dan pembuat sistem operasi tidak boleh ikut campur dengan memaksakan pandangan mereka ke yang lain. Pastinya kami tidak akan melakukannya,” ucap Tim melalui sebuah cuitan.

Langkah yang diambil Epic Games ini jelas sangat berbeda dari yang diambil Valve, yang secara terang-terangan melarang keberadaan game NFT di platform Steam. Pada kenyataannya, Epic Games Store malah tengah bersiap untuk menyambut game NFT pertama di platform distribusinya, yaitu GRIT.

Sayangnya, sikap netral Epic Games ini sering kali disalahartikan bahwa mereka sepenuhnya mendukung NFT. Menanggapi anggapan tersebut, Tim ingin meluruskan bahwa Epic Games tidak akan menghadirkan NFT di game bikinan mereka sendiri, macam Fortnite misalnya. Namun dalam berperan sebagai penyedia teknologi Unreal Engine dan platform Epic Games Store untuk kalangan developer, Tim memastikan bahwa Epic tidak melarang keberadaan NFT.

Sumber: NFT Now.