Dark
Light

Aplikasi Urbanesia Kini Tersedia di Android Market dan Ponsel Nexian

1 min read
August 19, 2010

Aplikasi Urbanesia untuk Android kini telah tersedia di ponsel Nexian, selain itu Urbanesia Android App juga telah tersedia di Android Market.

Berita tentang peluncuran aplikasi untuk perangkat bergerak dari Urbanesia telah muncul sejak bulan Juli yang lalu, sedangkan untuk perkembangan aplikasi mereka yang secara langsung ditempatkan di ponsel Nexian juga pernah dibahas oleh DailySocial, beberapa waktu yang lalu.

Saya juga sempat mencoba aplikasi Urbanesia Android ketika bertemu dengan Tista di acara Bandung Ventures Night minggu kemarin. Kini pengguna umum telah bisa mengunduh aplikasi Android dari Urbanesia ini di Android Market. Selain itu seperti yang dituliskan oleh Okezone, aplikasi Urbanesia juga telah disematkan di ponsel Nexian, sebagai salah satu aplikasi lokal yang disematkan pada ponsel Nexian Journey NX-A890.

Berikut contoh tampilan dari Urbanesia di ponsel berbasis Android.

Rilis versi Android atau versi mobile dari Urbanesia ini memang sudah bisa ditebak sejak awal, ketika mereka menempatkan Tista untuk mengisi posisi CIO, selain pengembang aplikasi Android, Tista juga dikenal sebagai pengembang aplikasi Augmented Reality, dan di aplikasi Urbanesia ini juga diterapkan teknologi Augmented Reality, misalnya ada semacam ikon radar untuk menentukan di mana posisi lokasi yang ingin dicari, yang data lokasinya diambil dari direktori Urbanesia, radar ini nantinya akan memberikan keterangan jarak berupa titik yang akan menunjukkan perubahan ketika posisi ponsel kita semakin mendekat dengan lokasi yang kita cari tersebut.

Pertama kali ditunjukkan aplikasi ini, kesan saya, sangat menarik, terutama dari peluang bisnis yang bisa diciptakan dari aplikasi ini. Kalau memungkinkan, misalnya jika digabungkan dengan QR code atau image recognition dan digabungkan lagi dengan promo diskon, jadi dengan hanya mengarahkan kamera ponsel pada titik tertentu akan muncul keterangan tentang lokasi tersebut yang diambil dari situs Urbanesia, termasuk keterangan promo di lokasi tersebut.

Disisi lain, menarik juga melihat peran Nexian dengan Android-nya untuk terus mendekati para pengembang lokal, bukan hanya karena Sanny Gaddafi, Head of Applications Development, Nexian adalah salah satu pegiat startup lokal, tapi juga dikarenakan memang hasil karya startup lokal tidak kalah dengan aplikasi yang datang dari luar. Lagi pula ini semacam simbiosis mutualisma, dimana para pengembang dan Nexian bisa menjalin kerjasama yang saling menguntungkan, Nexian membutuhkan aplikasi yang digunakan banyak pengguna lokal, sedangkan startup butuh penambahan skala pengguna yang bisa berpeluang didapatkan di Nexian, yang merupakan produsen ponsel kedua terbesar di Indonesia.

Saya yakin, kita akan melihat kerjasama lain dari Nexian dengan ponsel Android mereka yang berhubungan dengan startup lokal, dan untuk Urbanesia, kita lihat perkembangan selanjutnya dari pertumbuhan pengguna mereka yang didapatkan dari pengakses situs Urbanesia lewat ponsel berbasis Android.

Terima kasih untuk Tista atas tampilan gambar dari Urbanesia Android App.

Update: From Tista, CIO Urbanesia, FYI: Urbanesia app runs on Nexian Android devices only for now.” Untuk informasi lengkap bisa cek blog Urbanesia di tautan berikut.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Tampilan Baru, Plasa.com Kerjasama Dengan GantiBaju

Next Story

Intel Akuisisi McAfee Senilai 7.7 Milyar Dollar. Untuk Apa?

Latest from Blog

Don't Miss

Fitur dan Pengembangan Baru di Android 15

Mari kita intip terlebih dahulu fitur dan pengembangan apa saja

Review Infinix Note 40 Pro 5G, Smartphone All Rounder Cakepnya Merata

Di tahun 2024 ini, Infinix memperketat persaingan pasar smartphone kelas