Dark
Light

Intel Akuisisi McAfee Senilai 7.7 Milyar Dollar. Untuk Apa?

1 min read
August 20, 2010

Tadi malam Intel, manufakturer chip terbesar di dunia mengumumkan akuisisi perusahaan software security McAfee. Baik Board of Director dari Intel dan McAfee telah sama-sama menyetujui proses akuisisi ini, namun tentu saja shareholder McAfee tetap memegang keputusan terakhir dari deal ini meskipun sepertinya terlihat jelas bahwa deal ini akan berjalan lancar. Nantinya tim McAfee akan tetap berjalan seperti biasa, namun secara struktural akan berada di bawah divisi Software and Services Intel.

McAfee yang memfokuskan diri di software antivirus ini terbilang perusahaan yang sangat sehat, tahun lalu McAfee membukukan revenue sebesar 2 milyar dollar. Cukup relevan kalau dibilang McAfee adalah sebuah perusahaan yang sehat dan tidak dalam keadaan terpaksa untuk mencari pembeli. Namun lagi-lagi, berita mengejutkan ini justru datang dari Intel, perusahaan hardware yang memproduksi chip silikon untuk perangkat elektronik. Buat apa sebuah perusahaan chip seperti Intel membeli perusahaan software security seperti McAfee?

George Kurtz, CTO dan Executive Vice President McAfee mempublish sebuah penjelasan mengenai gambaran besar dari akuisisi ini di blog McAfee. Menyadari orang banyak yang bingung mengenai latar belakang akuisisi ini, Kurtz mencoba memberikan sedikit overview mengenai masa depan Intel dan McAfee. Dari penjelasannya tersebut, dia menegaskan bahwa McAfee dan Intel memiliki beberapa segmen pasar yang sinergis, seperti ATM, Ā Printer, dan semua perangkat yang terhubung dengan jaringan internet (IP, Internet Protocol). Device-device ini pun tidak sedikit yang merupakan segmen pasar dari Intel sebagai penyedia chip prosesor.

Sekilas dari penjelasan George Kurtz di blog tersebut, nampak sebenarnya Intel memiliki misi besar yang belum bisa dishare ke publik setelah proses akuisisi ini selesai. Misi apakah itu? Mari kita tebak2an šŸ˜‰

Hal pertama yang terpikir tentunya adalah membawa security filter ke tingkat hardware. Security merupakan salah satu fokus utama dari layanan komputer, masih masuk akal kalau pada akhirnya hardware dan software security digabung menjadi satu dan tentu saja menjadi standard inovasi komputerisasi.

Hal kedua adalah ranah internet dan mobile, dua hal yang sepertinya sedang dijajaki oleh kedua perusahaan ini. Belum terlihat effort yang signifikan baik dari Intel maupun McAfee untuk masuk kesini, namun indikasinya terlihat dari akuisisi Intel terhadap perusahaan software developer mobile, Wind River. Dan ternyata, McAfee telah mulai masuk ke area security mobile sejak tahun lalu. Tahun 2009 lalu, McAfee juga sukses mengakuisisi Solidcore, sebuah perusahaan software security mobile sebesar 33 juta dollar. Indikasi bahwa Intel akan masuk ke ranah mobile and internet security makin kuat dengan akuisisi McAfee ini.

Hal ketiga yang mungkin terjadi adalah Intel sedang mendiversifikasi layanannya, berkembang dari sebuah perusahaan hardware menjadi perusahaan hardware + software terintegrasi namun masih relevan dengan produk hardwarenya itu sendiri. Kemungkinannya kecil sih, tapi ya McAfee toh masih memiliki produk enterprise dan korporat yang masih menarik untuk dijual.

So menurut anda, kenapa Intel mau membeli McAfee sebesar 7.7 Milyar dollar? 60% lebih tinggi dari harga pasar? Kami tunggu analisa anda di kolom komentar.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

2 Comments

  1. The so called analysts in the US who cannot understand this acquisition also do not understand that Intel has been developing advanced security technologies in-house (e.g. TPM, virtualization, trusted execution). These are far more interesting technologies than McAfee. What Intel gets from McAfee is (a) marriage of AV with these various architectures, and (b) at the very least a software distribution platform that can also address remote firmware updates.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Aplikasi Urbanesia Kini Tersedia di Android Market dan Ponsel Nexian

Next Story

Google Tetapkan Biaya Pendaftaran Untuk Chrome Extensions Gallery

Latest from Blog

Don't Miss

Keamanan Data Jadi Prioritas, Google Workspace Diperkuat Dengan AI

Dalam upaya terus meningkatkan keamanan dan kemampuan AI generatif, baru

Intel Jalin Kolaborasi Hadirkan Ekosistem dan Platform AI Terbuka Bagi Enterprise AI

Sederetan perusahaan teknologi seperti Intel, Anyscale, Articul8, DataStax, Domino, Hugging