Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Andika Rama Maulana Juara di Ajang Sim Racing Filipina

5 May 2020Akbar Priono

Akhir pekan lalu Andika Rama Maulana diundang dalam ajang Race for Frontliners. Ia berhasil menjadi juara setelah berkompetisi di balapan 8 lap yang sengit.

Semasa pandemi COVID-19 balapan Sim-Racing memang terbukti bisa menjadi solusi konten pengisi yang tepat. Banyak ajang balap motorsport dunia beralih ke Sim Racing, seperti Formula 1, atau balap NASCAR. Bahkan saluran televisi FOX Sports jadi menayangkan pertandingan Sim Racing, karena antusiasme yang baik dari para penonton.

Tak hanya secara internasional saja, beberapa ajang Sim Racing juga hadir menyemarakkan pada skena lokal regional Asia Tenggara. Ini juga diadakan seraya membantu memperbaiki situasi semasa pandemi COVID-19. Menariknya, Andika Rama Maulana sosok sim racer lokal, baru-baru ini berhasil menjadi juara dalam ajang Sim-Racing tersebut, yang diselenggarakan oleh promotor asal Filipina.

Bertajuk Race for Frontliners, ajang balap virtual ini menjadi kompetisi, juga ajang galang dana untuk membantu para petugas kesehatan garis depan di Filipina. Race for Frontliners berlangsung secara onlilne dan dengan durasi yang cukup singkat. Balapan hanya berlangsung pada satu trek sepanjang 8 lap saja.

“Sebetulnya gue diundang balap di acara ini juga terbilang dadakan banget. Awalnya balapan ini diadakan hanya untuk orang Filipina saja. Eh tiba-tiba penyelenggara mengundang gue dan kawan-kawan tim Legion of Racers untuk ikut. Undangannya bener-bener dadakan, karena pada hari itu juga gue harus segera balapan. Karena waktu kebetulan agak lowong, akhrinya saya ikut saja. Eh ternyata menang…hahaha.” ucap Andika Rama Maulana menceritakan awal mula ia mengikuti balapan ini.

Balapan dilakukan pada trek Brands Hatch Indy dengan menggunakan Honda Civic Type R FK2. Mengingat waktu persiapan yang singkat, Rama mengaku memang sudah cukup mengerti karakteristik trek dan juga mobil yang digunakan untuk balapan.

Sumber: Tuason Racing
Sumber: Tuason Racing
“Sebetulnya gue nggak expect menang, karena hari itu sedang ada pekerjaan dari pagi sampai siang. Jadi itu latihan betul-betul hanya 5 menit sebelum balap. Untung saya hafal karakteristik mobil sama trek. Persaingan top 3 cukup sengit, hasil kualifikasi saja cuma terpaut 0,2 detik saking rapatnya. Walau 8 lap terbilang singkat, tapi berhubung persaingat ketat lumayan bikin keringetan.” cerita Rama.

“Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Tuason Racing atas undangannya untuk berkompetisi di event kalian. Semoga galang dana untuk petugas kesehatan yang bertugas dapat tersalurkan dengan baik, semoga berkah!” tukas Rama menutup perbincangan soal balap virtual yang ia lakukan pada akhir pekan lalu.

Menghadapi masa pandemi, Rama juga bercerita bahwa dirinya dan kawan-kawan komunitas sedang mengadakan satu ajang balap virtual di kancah lokal yang bertajuk “Balap di Rumah”. Diikuti juga oleh pebalap motorsport lokal, Sean Gelael, gelaran ini merupakan inisiatif komunitas untuk mengisi waktu selama pandemi COVID-19, yang diadakan mulai dari 7 hingga 23 Mei 2020 mendatang.

Selamat kepada Rama! Semoga bisa terus meraih prestasi, dan membanggakan Indonesia di skena balap virtual untuk kawasan regional SEA ataupun internasional!

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV