7 Aktivitas di Genshin Impact yang Bisa Mengganggu Puasa Anda

Rupanya ada banyak aktivitas yang bisa mengganggu puasa, dan mungkin tidak terasa efeknya saat sedang tidak puasa.

Genshin Impact merupakan salah satu game mobile yang cukup asyik untuk dimainkan. Namun karena game ini dibuat oleh HoYoverse, yang notabene adalah perusahaan asal Tiongkok, desain karakter di game ini pasti ada yang terpengaruh dengan nilai-nilai dan kebudayaan setempat.

Dengan perbedaan tersebut, mungkin ada beberapa aspek kehidupan yang tidak sejalan dengan budaya kita. Salah satunya adalah Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, yang memang memiliki budaya yang berbeda.

Apalagi bulan Ramadhan merupakan bulan yang sakral. Jangan sampai kegiatan yang kita lakukan mengganggu ibadah dan puasa kita, khususnya gangguan-gangguan yang berasal dari dalam Genshin Impact, seperti:

1. Bermain karakter tertentu

sumber: Genshin Impact

Di Genshin Impact, terdapat berbagai macam karakter yang dapat dimainkan. Ditambah lagi dengan visual anime-style-nya yang memanjakan mata, akan menambah semangat bermain. Namun di antara karakter-karakter ini, ada beberapa karakter yang bisa dikatakan cukup menggoda mata, terutama untuk karakter perempuannya.

Sebut saja karakter-karakter seperti Raiden Shogun, Yae Miko, Shenhe, Yoimiya, Ganyu, dlsb. Karakter-karakter yang biasa disebut dengan karakter waifu ini memiliki desain yang cukup terbuka, dan bisa mengganggu puasa Anda.

Satu lagi kegiatan yang sangat terkenal karena cukup mengganggu adalah memanjat tebing dengan Lisa. Apalagi saat pemain bermain dengan dub Jepang, pemain akan mendengarkan suara-suara yang cukup "berbahaya" untuk didengarkan.

2. Melawan musuh tertentu

sumber: Genshin Impact

Tidak hanya karakter playable, ada juga musuh yang akan mengeluarkan desahan yang cukup mengganggu. Musuh tersebut adalah Cicin Mage, baik Electro Cicin Mage maupun Cryo Cicin Mage. Musuh ini tersebar di berbagai region, mulai dari Mondstadt hingga Inazuma.

Musuh ini akan mengeluarkan suara-suara yang cukup erotis saat diserang atau terpental. Efek dari hal ini mirip dengan poin pertama, namun lebih ke arah faktor eksternal, yang pemain hadapi.

3. Memasak

sumber: Genshin Impact

Aktivitas yang satu ini sebenarnya sudah cukup sederhana, tanpa perlu dijelaskan lebih dalam. Walaupun tampilannya terkesan kartunis, namun dalam keadaan lapar, gambar makanan di Genshin Impact bisa saja mempengaruhi suasana hati dan perut Anda.

Apalagi gambar makanan dan minuman memiliki variasi yang beragam, serta menggunakan warna-warna yang cerah, sehingga bisa saja menambah rasa lapar Anda.

4. Bermain Co-Op

Karena Genshin Impact merupakan game PvE, maka fitur Co-op dapat menambah keseruan berbeda di game ini. Mulai dari mengalahkan Boss bersama, menyelesaikan Domain, mencari material tertentu di World orang lain, atau hanya sekadar ngobrol saja.

Namun terkadang, pemain bisa menemukan pemain asing, yang cukup menyebalkan. Mulai dari pemain yang seenaknya sendiri bermain, tanpa mempedulikan komposisi tim, atau mungkin terlalu banyak berkomentar atau menilai karakter pemain lain.

Hal ini bisa memancing emosi, dan malah bisa jadi menciptakan perdebatan mengenai hal sepele. Berdebat di dunia maya dengan orang yang tak dikenal, merupakan salah satu kegiatan sia-sia, tanpa adanya faedah yang berarti di kehidupan nyata.

5. Farming dan Enhance Artifact

sumber: Genshin Impact

Farming Artifact merupakan salah satu kegiatan yang mungkin paling sering dilakukan di Genshin Impact oleh setiap pemain. Kegiatan ini merupakan salah satu yang paling dikeluhkan, karena ke-random-annya yang sangat menguras emosi.

Jika mendapatkan Artifact yang bagus, apakah penderitaan pemain akan berakhir? Tentu tidak. Pemain harus menaikkan level Artifact tersebut, dan akan bertemu lagi dengan sistem kenaikan substat yang akan ter-upgrade secara acak.

Hal ini sering membuat kesal, jika hasil upgrade tidak sesuai keinginian. Apalagi saat bermain Genshin Impact di bulan puasa, kekesalan ini bisa berlipat-lipat, jika bermain dengan perut kosong.

6. Bermain Spiral Abyss

sumber: Genshin Impact

Spiral Abyss merupakan salah satu konten tersulit yang ada di Genshin Impact Pemain akan diberi tantangan untuk menyelesaikan musuh dengan waktu yang telah ditentukan.

Bagi sebagian pemain, mungkin ada yang menganggap bahwa Spiral Abyss tidak menarik. Namun bagi mereka yang sering bermain di tantangan ini, pasti tau rasanya bagaimana menyelesaikannya, apalagi dengan predikat fullstar.

Karena tingkat kesulitan yang berubah-ubah, maka berbeda-beda pula persepsi orang mengenai tingkat kesulitannya. Bagi mereka yang ingin berusaha untuk tembus fullstar, maka sebaiknya dianjurkan untuk mencoba atau menyelesaikannya setelah buka puasa ataupun sahur, karena kegiatan ini cukup menguras tenaga dan konsentrasi, dan terkadang bisa saja mengundang emosi saat melawan musuh tertentu.

7. Inspeksi loadout karakter

sumber: Genshin Impact

Ada tipe pemain Genshin Impact, yang memang lebih tertarik dengan desain karakter daripada gameplay-nya itu sendiri. Tipe pemain tersebut biasanya sangat gemar memotret karakter favorit mereka, atau sekedar melihat-lihat wujud dan rupa dari karakter tersebut lebih dekat dan detail.

Namun tidak dapat dipungkiri, bahwa dengan menginspeksi atau melihat karakter tertentu, secara tidak sadar akan mengganggu puasa untuk sebagian orang, karena mengundang nafsu. Apalagi jika desain karakter tersebut cukup terbuka, atau memiliki outfit alternatif yang terbuka pula.

Walau terdengar konyol, namun kenyataannya ada orang yang memiliki ketertarikan seksual dengan karakter fiksi.

sumber header: Grup Facebook Genshin Impact Indonesia (GEMI).