Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Advance Guard Ranking Tekken 7 Regional Jakarta, Update Agustus 2019

30 August 2019Ayyub Mustofa

Ranking ini menjadi acuan untuk penyelenggaraan turnamen, misalnya PSe Tekken 7 Rookie Turnament.

Bila Anda merupakan pembaca setia Hybrid.co.id, Anda pasti sudah tahu bahwa akan ada dua turnamen fighting game yang digelar di wilayah Jakarta dalam waktu dekat. Pertama yaitu kompetisi terbuka Tekken 7 yang digelar oleh Hybrid sendiri, bernama Hybrid Cup. Kedua adalah kompetisi gelaran PS Enterprise (PSe) untuk game Samurai Shodown dan Soulcalibur VI dengan nama PSe Tournament Series 2019 – Fighting Edition. Kedua turnamen sama-sama akan dilaksanakan pada tanggal 7 September 2019.

Sebetulnya ada satu lagi kompetisi yang juga digelar oleh PSe pada hari tersebut, yaitu Tekken 7 Rookie Tournament alias turnamen Tekken 7 khusus pemula. Berbarengan dengan dua game lainnya, turnamen ini juga jatuh pada hari Sabtu tanggal 7 September di PSe Lounge ITC Mangga Dua Lt. 2 D79 Jakarta. Lalu mungkin ada di antara Anda yang bertanya-tanya, siapa saja yang boleh ikut di turnamen tersebut? Apa kriteria “rookie” yang dimaksud?

PSe Tekken 7 Rookie Tournament
Sumber: PS Enterprise

Menurut keterangan Bram Arman dari Advance Guard, selaku organizer PSe Tournament Series 2019 – Fighting Edition, sebetulnya Advance Guard memiliki semacam leaderboard atau ranking sendiri untuk turnamen-turnamen yang mereka gelar. Terinspirasi dari Tekken World Tour dan Capcom Pro Tour, leaderboard ini sudah dibuat sejak tahun 2018, dan saat ini terbagi ke dalam beberapa tingkatan:

  • Rank AA: Tournament Champion, yaitu pemain yang sudah pernah menjadi juara turnamen Advance Guard.
  • Rank A: Top Placing Players, pemain yang pernah menempati peringkat atas turnamen (Top 32, Top 16, atau Top 8).
  • Rank B+: Notable Players, atau pemain yang menunjukkan performa kuat di turnamen. Bisa dibilang pemain “semi-pro”.
  • Rank B: Tournament Entries, yaitu pemain yang sudah pernah berpartisipasi dalam turnamen Advance Guard.

Per bulan Agustus 2019, Advance Guard Ranking untuk Tekken 7 wilayah Jakarta memiliki empat orang pemain Rank AA. Mereka adalah:

  • SoG | Meat (Juara 1 Tokopedia IENC Road to SEA Games)
  • DRivals | TJ (Juara 1 C3AFA AFAPLAY 2018)
  • Alter Ego | R-Tech (Juara 1 Various Tournaments)
  • mishimaboy (Juara 1 Fight Fest 2019)
Advance Guard Ranking - Agustus 2019
Advance Guard Ranking per 31 Agustus 2019 | Sumber: Advance Guard

“Jadi sebenarnya Advance Guard Ranking ini dibuat udah lama. Memang tujuannya untuk klasifikasi skill player yang transparan. Di mana nanti dari klasifikasi tersebut bisa digunakan untuk event lain, misalnya Rookie Tournament seperti ini,” ujar Bram. PSe Tekken 7 Rookie Tournament tidak boleh diikuti oleh pemain dengan Rank AA, A, atau B+. Untuk para pemegang peringkat tersebut, dipersilahkan untuk mengikuti Hybrid Cup yang merupakan turnamen terbuka.

Lanjutnya lagi, “Rookie Tournament ini dulu pernah saya bikin untuk Street Fighter V tahun 2017 kemarin. Cuma mungkin secara channel, dulu exposure saya hanya sebatas circle core FGC Indo saja.”

Advance Guard Ranking - Abuget 2018
Advance Guard Ranking dengan sistem poin, tahun 2018 | Sumber: Advance Guard

Selain peringkat regional di atas, Advance Guard sebetulnya juga pernah membuat leaderboard dengan sistem poin. Peraih poin tertinggi saat itu diberi kehormatan untuk berpartisipasi dalam ajang Abuget Cup 2018 secara gratis. Seiring esports fighting game di Indonesia semakin populer, Bram berharap supaya Advance Guard Ranking ini bisa menjadi semacam CPT/TWT Ranking versi lokal ke depannya.

Pendaftaran Hybrid Cup: http://bit.ly/HybridCupTekken7

Pendaftaran PSe Tekken 7 Rookie Tournament: http://bit.ly/pset7r

Disclosure: Hybrid merupakan media partner Advance Guard.

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV