14 August 2015

by Yoga Wisesa

7 Game Free-to-Play Terbaik yang Harus Anda Coba

Salah satu hal yang patut disyukuri oleh generasi gamer modern ialah, hanya dengan bermodalkan platform gaming - apakah itu PC, console atau perangkat mobile - kita bisa menikmati permainan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Tersedia ribuan judul di luar sana, dan sudah pasti ada game baru dirilis tiap tahun. Masalahnya, mana yang bermutu?

Kata 'terbaik' pada judul artikel bukanlah sekedar cara menarik perhatian Anda supaya membaca listicle ini. Terbaik maksudnya terbaik, dan setelah melihat nama serta penjelasannya, Anda akan mengerti mengapa tujuh permainan di bawah layak masuk dalam daftar Trenologi, dan mengapa Anda perlu mencobanya setidaknya sekali seumur hidup.

Tujuh game tersebut mengusung genre berbeda, silakan tentukan pilihan Anda.

 

7. Star Wars: The Old Republic

Upaya BioWare memasuki pasar MMORPG berlangganan memang tidak begitu mulus. Setelah mengeluarkan modal lebih dari US$ 200 juta, sistem free-to-play harus diterapkan pada The Old Republic agar permainan tetap hidup. Walaupun demikian, ia tetaplah game berkualitas blockbuster khas BioWare, berisi cerita, narasi serta karakter-karakter mengagumkan. Penyajiannya sangat fresh karena mengambil latar belakang 3.500 tahun sebelum film A New Hope.

Info menarik: Inilah Daftar Game Indie yang Harus Selalu Anda Awasi

6. World of Tanks

World of Tanks sukses menghimpun gamer action dan pecinta sejarah di satu wadah. Seperti namanya, permainan mengadu para pemain dalam pertempuran kendaraan lapis baja digital terbesar. Ia menawarkan beragam jenis tank dengan tingkatan kelas berbeda (ringan, berat, penghancur, artileri), dari tujuh negara adidaya - totalnya ada 390 tipe, plus fitur kustomisasi. Kesuksesan World of Tanks melahirkan dua pseudo-sekuel: World of Warplanes dan World of Warships.

 

5. Hearthstone: Heroes of Warcraft

Permainan card battle perdana buatan Blizzard Entertainment ini ialah fenomena global di tahun 2014, dan sekarang jumlah akun teregistrasi melewati 30 juta user. Gamer dan pers setuju pada beberapa hal: Hearthstone sangat adiktif, sederhana namun elegan dan dipenuhi detail terlepas dari fakta bahwa ia adalah game gratis. Hearthstone pun sanggup mencuri perhatian pemain yang belum familier dengan collectible card game. Ekosistem kian meluas berkat kehadirannya di Android dan iOS.

 

4. Tribes: Ascend

Tidak salah jika developer indie Hi-Rez Studios mengklaim Tribes: Ascend sebagai game shooter tercepat di Bumi. Sesudah mencobanya, Ascend akan merombak persepektif Anda mengenai genre FPS kompetitif. Dua tim diadu dalam aksi baku tembak berkecepatan tinggi. Di sana Anda tidak berlarian, melainkan berseluncur. Tak cuma mempengaruhi lintasan proyektil peluru dan bidikan, momentum tersebut mengubah map permainan jadi arena kejar-kejaran menegangkan.

Info menarik: Motherboard Z170A Gaming M Tiba di Indonesia, MSI Janjikan Pengalaman Gaming Terbaik

3. Path of Exile

Berkiblat pada Diablo II, tim developer kecil asal Selandia Baru bertekad buat menciptakan alternatif action-RPG impian mereka. Dikembangkan secara diam-diam sejak 2010, Path of Exile akhirnya diriilis untuk publik di triwulan keempat 2013. Dalam waktu singkat, Path of Exile menjelma sebagai permainan role-playing terfavorit, terutama bagi gamer yang dikecewakan oleh Diablo III. Tak heran jika GameSpot memberinya gelar PC Game of the Year 2013.

 

2. Dota 2

Kemunculan Dota 2 dalam daftar game free-to-play ini memang tidak aneh. Permainan ber-genre MOBA itu adalah rajanya video game kompetitif serta mulitplayer online, dan hal tersebut direfleksikan oleh hebohnya turnamen The International 2015 kemarin. Bersama IceFrog, Valve meracik Dota 2 dengan penuh perhatian, demi memastikan penyuguhannya berkualitas tinggi. Dota 2 ialah salah satu pencetus era baru free-to-play di mana item tidak lagi mengganggu keseimbangan game.

 

1. PlanetSide 2

Bahkan selepas tiga tahun semenjak pertama kali meluncur, hingga kini PlanetSide 2 masih merupakan 'keajaiban' dalam industri video game. Ia adalah permainan shooter terbesar yang pernah dibuat manusia, dengan mudah mengalahkan permainan-permainan selevel Battlefield, Killzone ataupun Halo. PlanetSide 2 menempatkan Anda sebagai satu dari ribuan prajurit penghuni planet Auraxis. Skala pertempurannya tidak tertandingi, dan Anda akan sadar betapa pentingnya koordinasi dalam menyelesaikan misi.

Header: PlanetSide2.com.