10 October 2022

by Galih

4 Trik Seru yang Hanya Bisa Dilakukan dengan Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Ada banyak hal yang bisa dieksplorasi pada smartphone lipat ini

Salah satu daya tarik utama dari seri Galaxy Flip milik Samsung adalah pada desain lipatnya. Form factor unik yang diusung memang mendukung lahirnya banyak kemungkinan yang bisa dieksplorasi oleh para penggunanya.

Apalagi untuk mendukung hal tersebut, Samsung telah melengkapi seri terbaru Galaxy Z Flip4 5G dengan sistem operasi dan user interface cerdas yang memungkinkan pengguna bisa merasakan greater foldable experience dalam menggunakan smartphone ini sehari-hari.

Dalam acara experience yang diadakan di Bali tanggal 10-12 Oktober 2022, Verry Octavianous, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, membeberkan berbagai fitur unggulan dari Galaxy Z Flip4 5G.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan perangkat ini mengajak penggunanya untuk lebih kreatif dalam membuat konten. Kemampuan flip untuk menghadirkan angle foto yang berbeda adalah salah satunya.

Nah selain itu, ada beberapa inspirasi trik yang bisa dicoba pada Samsung Galaxy Z Flip4 5G.

1. Menangkap Foto dari atas dengan mudah

Image Credit: Samsung Indonesia

Bagi para pengguna yang gemar atau harus sering memotret obyek dari atas mengambil foto dengan smartphone biasa mungkin terasa sulit. Terutama untuk mendapatkan sudut foto yang benar-benar tepat sambil mengecek hasil tangkapannya.

Namun berkat adanya Flex Mode pada Galaxy Z Flip4 5G ini, pengguna nantinya dengan mudah memotret makanan, produk, ataupun benda lainnya di meja dengan tetap duduk. Karena kamera pada Galaxy Z Flip4 ini dapat digunakan digunakan saat smartphone dilipa 90 derajat.

Cukup buka kamera, atur Flex Mode pada 90 derajat, dan geser viewfinder ke bagian bawah. Sekarang, arahkan kamera ke makanan dan pengguna nantinya bisa melihat hasil foto secara mudah.

2. Akses aplikasi lain dengan cepat dengan Edge Panel

Bagi para pengguna yang suka beraktivitas secara multitasking di smartphone tentu ingin dapat berpindah-pindah aplikasi dengan cepat tanpa harus kembali ke Home. Apalagi bila nantinya masih harus mencari aplikasi diantara aplikasi lain.

Untungnya, Samsung telah menyematkan fitur bernama Edge Panel yang akan mempermudah hal tersebut. Ketika pengguna akan membuka aplikasi lain maka mereka cukup melakukan swipe ke kiri dari sisi kanan, dan tabel Edge Panel akan terbuka.

Deretan aplikasi yang ada di Edge Panel juga bisa dikostumisasi sesuai kebutuhan penggunanya. Dan uniknya, pengguna bisa menarik aplikasi dari Edge Panel ke layar yang otomatis akan menjalankan Multi Window dalam mode split screen.

3. Maksimalkan Gesture untuk navigasi lebih seamless

ZFlip4 5G

Samsung telah membekali Galaxy Z Flip4 5G dengan fungsi gesture yang membuat tiap penggunaan perangkat jadi lebih praktis, termasuk dalam menjalani multitasking yang seamless.

Dengan fungsi gesture ini para pengguna dapat mengatur apa saja fungsi yang akan dieksekusi oleh Galaxy Z Flip4. Karena smartphone ini menyediakan banyak gesture yang dapat diaktifkan dan tidak.

Beberapa gesture yang berguna adalah melakukan swipe ke kanan atau kiri di bagian bawah layar akan membuka aplikasi lainnya dengan cepat. Ada juga "Mute with gestures" yang dapat menonaktifkan penggilan dan alarm dengan meletakkan tangan di atas layar saat layar menyala.

Dan masih ada beberapa gesture lain yang bisa di gunakan oleh para pengguna sesuai dengan kegunaan dan kebutuhannya masing-masing.

4. Mengubah Galaxy Z Flip4 menjadi sebuah laptop nano

Terakhir, dengan masih menggunakan Flex Mode pada smartphone ini pengguna dapat mengubah smartphone-nya menjadi layaknya sebuah laptop nano. Sehingga dapat digunakan dengan mudah dan nyaman di atas meja.

Dalam hal ini, kamu bisa mengoperasikan Galaxy Z Flip4 5G menggunakan Flex Mode Panel yang ada di layar bagian bawah tanpa mengganggu tampilan aplikasi yang kamu buka di layar bagian atas.

Bagusnya lagi, fungsi ini bisa digunakan untuk berbagai aplikasi populer seperti browser, platform streaming, mediasosial, video conference, dan aplikasi-aplikasi di bawah naungan Samsung, jadi kamu bisa menikmati kemudahan menggunakan Flex Mode di berbagai aktivitas.

Penutup

Berikut tadi adalah beberapa trik keren yang juga fungsional pada Samsung Galaxy Z Flip4 5G yang baru saja dirilis. Di luar daftar di atas, smartphone ini masih memiliki sedugang kemungkinan yang bisa dieksplorasi.

Anda juga bisa mencari informasi lebih lengkap dari Galaxy Z Flip4 5G ini melalui website resminya.