11 August 2022

by Lukman Azis

Ini Peningkatan Yang Dibawa Smartphone Foldable Terbaru Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Peningkatan Samsung Galaxy Z Flip4 5G termasuk desain, baterai, kamera, dan performa lebih kencang

Sejak tahun lalu, smartphone foldable Samsung mengalami kemajuan yang amat pesat. Baik dari segi teknologi maupun ketahanan perangkat, faktor tersebut membuat Galaxy Z Flip3 5G dan Galaxy Z Fold3 5G semakin nyaman digunakan dengan normal sebagai perangkat utama.

Kini Samsung kembali mendorong batasan terhadap keserbagunaan smartphone dengan foldable generasi keempatnya, sambutlah Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G. Keduanya menawarkan form factor yang bisa dikustomisasi, pengalaman terpersonalisasi, dan peningkatan performa.

Yuk cari tahu tentang Galaxy Z Flip4 5G di bawah ini dan untuk Galaxy Z Fold4 5G akan dibahas pada artikel terpisah.

Peningkatan Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Bagi penggemar smartphone berukuran mini, Galaxy Z Flip4 5G akan menjadi pilihan yang sangat menarik. Smartphone foldable ini punya desain clamshell yang layarnya terlipat secara horizontal dan ketika terlipat dimensinya sangat ringkas hanya 71,9 x 84,9 mm dengan ketebalan antara 15,9 - 17,1 mm.

Kemudian ketika dibuka, terpampang Infinity Flex Display 6,7 inci beresolusi FHD+, menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X dengan adaptive refresh rate 1 - 120 Hz. Layar utamanya diklaim 45% lebih kuat berkat perubahan struktur layar dan ultra thin glass yang lebih kuat. Perekat yang menjaga pelindung layar juga lebih kuat tahun ini. Bodinya juga masih tahan air dan debu dengan sertifikasi IPX8.

Ia juga punya cover screen 1,9 inci Super AMOLED beresolusi 260x512 piksel, memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak hal tanpa membuka perangkat. Termasuk menelepon, membalas pesan, membuka kunci mobil, hingga mengontrol widget SmartThings Scene, semua bisa dilakukan di layar sampulnya.

Selain itu, engsel Galaxy Z Flip4 5G dibuat sedikit lebih ramping. Samsung meluruskan tepi ponsel yang sebelumnya melengkung, memangkas lebar dan tingginya beberapa milimeter, serta bodi kaca beraksen hazed yang kontras dengan rangka metal yang glossy. Panel kaca di bagian belakang kini juga diperkuat dengan Corning Gorilla Glass Victus+.

Ya, Galaxy Z Flip4 5G memang masih mengadopsi desain yang identik seperti generasi sebelumnya dengan sejumlah perbaikan kecil. Namun peningkatan lain yang dibawanya juga penting, termasuk baterai dengan kapasitas lebih besar dan dukungan pengisian daya lebih cepat, hardware kamera ditingkatkan, dan performa lebih kencang.

Pengguna dapat menggunakan Galaxy Z Flip4 5G lebih lama berkat kapasitas baterai yang kini diperluas dari 3.300 mAh pada model sebelumnya menjadi 3.700 mAh. Didukung Super Fast Charging yang lebih cepat, naik dari 15W menjadi 25W yang memungkinkan mengisi daya hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Dapur pacunya mengandalkan chipset 6 nm Snapdragon 8+ Gen 1 yang menghadirkan performa sebanding dengan smartphone flagship zaman sekarang. Ditopang RAM 8 GB dan opsi penyimpanan internal 128 GB, 256 GB, atau 512 GB.

Di sektor kamera, Galaxy Z Flip4 5G masih mengemas dua kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 12 MP dan 12 MP dengan lensa ultrawide 123 derajat, dan kamera depan 10 MP. Samsung mengatakan bahwa sensor kamera utamanya lebih besar, tidak diungkap berapa ukurannya sensornya tetapi ukuran pikselnya meningkat dari 1,4 µm menjadi 1,8 µm, serta dilengkapi Dual Pixel AF dan OIS.

Terkait fitur-fitur favorit, pengguna bisa merekam secara hands-free maupun mengambil group selfie secara utuh dari berbagai angle dengan melipat Galaxy Z Flip4 5G sebagian untuk mengaktifkan FlexCam. Fitur ini bahkan bisa dipakai di beragam aplikasi, berkat kolaborasi Samsung dengan Meta, FlexCam telah dioptimalkan untuk digunakan di berbagai social platform terpopuler, termasuk Instagram, WhatsApp, dan Facebook.

Pengguna pun bisa buat konten dengan lebih baik di Galaxy Z Flip4 5G, seperti mengambil selfie berkualitas tinggi langsung dari cover screen menggunakan kamera utama dengan fitur Quick Shot. Video berkualitas tinggi juga bisa direkam di mode Quick Shot, bahkan dengan transisi yang seamless saat beralih ke Flex Mode untuk melanjutkan perekaman secara hands-free tanpa menghentikan video terlebih dahulu.

Pengguna pun sekarang bisa mengambil selfie dalam Portrait Mode dan melihat preview foto dengan rasio sebenarnya menggunakan Quick Shot. Lewat kamera yang telah ditingkatkan berkat penanaman sensor dengan hasil gambar yang 65% lebih terang dan dukungan Snapdragon 8+ Gen 1.

Infografis Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Galaxy Z Flip4 5G akan tersedia dalam opsi warna standar seperti graphite, pink gold, bora purple, dan blue. Pengguna juga bisa memilih warna sesuai selera dengan Bespoke Edition melalui website Samsung yang memungkinkan mencampur dan mencocokkan hingga 75 kombinasi warna yang unik. Harga Samsung Galaxy Z Flip4 5G di Indonesia dibanderol mulai dari Rp13.999.000 dan tersedia melalui pre-order mulai 10 Agustus dan akan tersedia secara langsung mulai 26 Agustus di sejumlah negara.

Sumber: Samsung