3 January 2023

by Galih

3 Game Baru Bethesda Dipastikan Eksklusif untuk Xbox dan PC

Microsoft memastikan status eksklusivitas dari 3 game Bethesda yang akan datang

Akuisisi Microsoft terhadap Activision-Blizzard kini memang masih bermasalah. Namun Microsoft ternyata telah memberikan tugas besar kepada developer yang sudah diakuisisi pada 2021 silam, yaitu Bethesda.

Selama 2022 ini, Microsoft dan Xbox memang tidak memiliki game-game eksklusif yang kuat untuk melawan Sony. Tapi hal tersebut kelihatannya akan berubah karena Microsoft mengonfirmasi bahwa Bethesda tengah mengembangkan 3 game eksklusif untuk mereka.

Informasi ini muncul dalam berkas laporan Microsoft yang diserahkan kepada Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat (FTC). Dalam bagian respons terhadap FTC terselip konfirmasi terhadap 3 game eksklusif Bethesda.

"Xbox mengantisipasi bahwa tiga judul masa depan yaitu (disunting), semua game tersebut didesain untuk dimainkan sendiri maupun dalam kelompok kecil, akan eksklusif untuk Xbox dan PC," tulis pernyataan dalam laporannya.

Meskipun bagian tiga judul eksklusif tersebut disensor, namun para gamer yakin bahwa judul tersebut tidak jauh dari apa yang sebelumnya telah diumumkan Microsoft dan Bethesda.

Sehingga banyak netizen yang berspekulasi bahwa dua judul Bethesda tersebut antara lain adalah Starfield dan The Elder Scrolls 6. Kedua game tersebut memang telah dipastikan hadir meskipun belum memiliki tanggal perilisan.

Sedangkan satu judul baru lainnya adalah satu dari tiga kemungkinan yaitu Redfall, Indiana Jones, dan juga Fallout 5. Ketiga game tersebut juga telah diumumkan oleh Microsoft dan Bethesda sebelumnya, meski info yang diberikan masih minim.

Dan bila dikaitkan dengan pernyataan Bethesda di awal tahun yang mengumumkan bahwa mereka menunda perilisan Starfield dan Redfall, maka kemungkinan besar game ketiga yang disebut Microsoft adalah Redfall.

Baik Starfield dan Redfall kini masuk ke dalam radar perilisan semester pertama 2023 ini, dengan harapan bahwa penundaan sebelumnya dapat memberikan kedua game tersebut waktu untuk disempurnakan.

Selain game-game dari Bethesda, Microsoft dan Xbox Game Studios-nya juga tengah mempersiapkan beberapa game. Sebut saja Forza Motorsport, Fable, State of Decay 3,The Outer Worlds 2, Senua’s Saga: Hellblade II, hingga STALKER 2: Heart of Chornobyl.

Microsoft memang tengah mengejar ketertinggalan untuk masalah game eksklusif melawan Sony. Meskipun sayangnya, mereka masih kesulitan untuk mengatur jadwal perilisan game eksklusif mereka.

Sumber: NME.