1 September 2022

by Glenn Kaonang

10 Game Strategi PC Online dan Offline yang Wajib Dimainkan di Tahun 2022

Rekomendasi game strategi PC online dan offline bagi mereka yang gemar mengasah kemampuan berpikir dan perencanaannya

Saat berbicara tentang game PC, sebagian besar dari kita mungkin akan langsung teringat pada game-game yang masuk genre shooter, yang memang sangat ideal dimainkan menggunakan kombinasi mouse dan keyboard. Namun seperti yang kita tahu, tidak semua orang betah berlama-lama bermain game shooter yang sangat menuntut ketangkasan dan presisi. Sebagian mungkin akan merasa lebih nyaman dengan game yang menuntut kemampuan berpikir dan perencanaan, dan buat yang masuk kategori ini, game strategi bisa jadi pilihan yang lebih tepat.

Genre strategi memiliki sejarah panjang di industri video game. Bahkan di beberapa tahun terakhir pun, game strategi tetap banyak diminati, terbukti dari adanya beberapa game strategi klasik yang di-remaster maupun franchise lawas yang dihidupkan kembali. Belakangan kita juga melihat semakin banyak game strategi di platform mobile, meski pada akhirnya PC tetap menjadi platform pilihan para penggemar game strategi sejati.

Di artikel ini, saya telah merangkum 10 game strategi PC online dan offline yang wajib dimainkan di tahun 2022. Saya sengaja memilihkan judul-judul game strategi yang relatif baru, sebab saya tahu ada banyak gamer di luar sana yang kurang begitu tertarik dengan mahakarya klasik, entah karena alasan seputar kualitas grafik maupun kontrol yang terasa kaku.

Daftar game strategi PC online dan offline yang layak dicoba di tahun 2022

1. Age of Empires IV

Penggemar setia franchise game strategi perang yang satu ini pasti akan langsung protes melihat pilihan saya, sebab Age of Empires IV memang bukanlah yang terbaik di seluruh franchise Age of Empires. Kalau Anda mencari yang terbaik, silakan mainkan Age of Empires II: Definitive Edition. Namun kalau Anda mencari yang paling modern dan yang lebih aksesibel, Age of Empires IV patut jadi pertimbangan. Oh ya, keduanya sama-sama tersedia gratis buat para pelanggan PC Game Pass.

Pilihan bangsa atau peradaban yang dapat dimainkan merupakan salah satu kekurangan sekaligus kekuatan utama Age of Empires IV. Sejauh ini, pilihannya memang cuma ada 8 peradaban (plus 2 peradaban baru yang akan hadir melalui update di bulan Oktober 2022), namun semuanya terasa sangat unik dan asyik untuk dijadikan bahan eksperimen. Age of Empires IV seakan ingin membuktikan bahwa terkadang kualitas itu lebih penting ketimbang kuantitas.

2. Sid Meier's Civilization VI

Lagi-lagi saya akan dicecar oleh para fans setia seri game ini. Pasalnya, banyak yang menilai Civilization IV sebagai entry terbaik di sepanjang sejarah franchise Civilization. Namun game itu adalah keluaran tahun 2005, dan seperti yang saya bilang, tidak semua orang betah memainkan game lawas. Civilization VI yang dirilis di tahun 2016 akan jadi alternatif yang lebih menarik bagi mereka. Ya, memang sudah hampir enam tahun berlalu sejak game ini pertama diluncurkan, tapi itu juga berarti DLC yang melengkapinya pun kian ekspansif.

Civilization VI mempertahankan formula 4X (explore, expand, exploit, exterminate) yang dipopulerkan pendahulu-pendahulunya. Micromanagement merupakan aspek yang sangat esensial dalam Civilization VI maupun game lain yang masuk kategori 4X, bukan cuma untuk pengaturan unit, tetapi juga untuk mekanisme-mekanisme lain seperti diplomasi dan regulasi. Kalau Anda suka sejarah dan gameplay yang begitu kompleks dan mendalam, bersiaplah menghabiskan waktu ratusan jam di Civilization VI.

3. Crusader Kings III

Tidak seperti kebanyakan game strategi perang pada umumnya yang lebih berfokus pada aksi pertempuran, Crusader Kings III hadir membawa elemen role-playing yang cukup kental. Saling berebut teritori memang masih menjadi sajian utama di Crusader Kings III, tapi di saat yang sama pemain juga harus memperhatikan keseharian dari tokoh penguasa yang dijalankannya, yang ternyata sarat akan drama.

Ketika karakternya mati, maka pemain akan lanjut memerankan garis keturunannya selagi masih harus berhadapan dengan segala konsekuensi yang muncul akibat keputusan-keputusan yang diambil sebelumnya. Bagi para penggemar game strategi sekaligus RPG, Crusader Kings III sama sekali tidak boleh dilewatkan. Game ini juga tersedia di katalog layanan PC Game Pass dari Microsoft.

4. Old World

Ketika elemen-elemen terbaik dari seri game Civilization dikawinkan dengan elemen-elemen terbaik dari seri game Crusader Kings, maka jadilah Old World. Seperti Civilization, Old World juga masuk kategori 4X, namun di sini pemain tidak hanya mengelola peradaban dari sudut pandang seseorang saja. Pasalnya, tokoh pemimpinnya bisa mati kapan saja, dan ketika itu terjadi, giliran garis keturunannya yang mengambil alih.

Sistem hubungan antar manusianya memang tidak sekompleks yang ditawarkan Crusader Kings III, akan tetapi penyempurnaan terhadap formula 4X tradisional yang dibawanya saja sebenarnya sudah cukup untuk membuat pemain ketagihan, terutama jika melihat latar belakang pimpinan tim pengembangnya yang merupakan lead designer Civilization IV. Kalau Anda bingung harus memilih antara Civilization atau Crusader Kings, coba ambil jalur alternatif dengan melirik Old World.

5. Total War: Warhammer III

Dengan total 15 game sejauh ini, Total War merupakan salah satu seri game strategi terbesar yang pernah ada. Total War: Warhammer III adalah entry yang paling gres, sekaligus yang paling kreatif eksekusinya. Campaign dalam game ini benar-benar masif, dan itu masih bisa dibuat lebih masif lagi jika Anda juga memiliki kedua prekuelnya — yang akan dilebur menjadi satu mode anyar bernama Immortal Empires.

Sesuai judulnya, setting game ini diadaptasikan langsung dari setting fantasi Warhammer yang sangat populer di kalangan pemain tabletop RPG. Kalau Anda lebih suka dengan setting yang berdasar pada sejarah, Anda bisa cek game yang berikutnya.

6. Total War: Three Kingdoms

Konflik perang saudara bangsa Tiongkok yang mengakhiri kekuasaan dinasti Han ini selalu menarik untuk diangkat menjadi setting video game. Namun sepertinya cuma Total War yang bisa menggambarkan betapa epiknya skala peperangan di periode Three Kingdoms.

Yang menarik, Total War: Three Kingdoms menawarkan dua mode berbeda yang bisa mengubah jalannya permainan secara drastis. Mode yang pertama dirancang untuk menonjolkan sisi realistis, sementara mode yang kedua lebih mengutamakan aspek fun dengan menyisipkan special ability pada tiap-tiap komandan perang. Kalau Anda familier dengan seri game Dynasty Warrior, Anda pasti paham dengan apa yang hendak diwujudkan mode kedua ini.

Seperti Warhammer III, Three Kingdoms juga menawarkan dukungan multiplayer yang cukup lengkap, menjadikan keduanya sebagai alternatif game strategi PC online yang menarik untuk dipertimbangkan. Buat yang ingin menghemat, Anda bisa mendapatkan kedua game Total War ini dengan berlangganan layanan PC Game Pass.

7. BattleTech

Banyak game strategi sukses yang diadaptasikan dari board game, dan BattleTech merupakan salah satu contoh terbaiknya. Dalam game ini, Anda akan mengontrol sekelompok tentara bayaran beserta robot raksasa alias mecha yang dikendalikannya. Sebagian besar musuh yang menghadang tentu saja juga datang membawa mecha-nya masing-masing, dan di sinilah pemikiran taktis pemain akan diuji.

Video game yang melibatkan robot raksasa tidak akan lengkap tanpa elemen kustomisasi, dan di sini pun pemain dibebaskan untuk memodifikasi lebih dari 30 playable mecha yang tersedia. Kalau Anda suka robot dan Anda haus akan gameplay yang kompleks yang sangat menuntut kemampuan berpikir, jangan lewatkan Battletech. Ketersediaannya di katalog layanan PC Game Pass juga menjadi nilai plus tersendiri.

8. Stellaris

Dalam Stellaris, Anda mengemban tugas berat untuk mengelola peradaban luar angkasa dalam misi eksplorasi dan kolonisasi di tingkat galaksi. Anda akan banyak bertemu spesies makhluk asing, dengan variasi yang nyaris tidak terbatas berkat penerapan sistem procedural generation. Tipikal game 4X, tidak semua konflik di Stellaris harus diselesaikan dengan perang, dan Anda harus pandai mengasah kemampuan diplomasi jika ingin peradaban spesies Anda bisa maju.

Meski sudah berusia lebih dari enam tahun, game ini masih mampu menyuguhkan permainan yang cukup menyegarkan, terutama berkat settingsci-fi masa depannya yang ekspansif. Bukan cuma itu, pengembangnya juga masih aktif merilis pembaruan hingga tahun ini. Seperti kebanyakan game yang ada di artikel ini, Stellaris juga bisa didapatkan secara cuma-cuma lewat PC Game Pass.

9. Command & Conquer Remastered Collection

Seperti yang saya bilang di awal, popularitas genre strategi dalam beberapa tahun terakhir ditandai oleh banyaknya game strategi lawas yang di-remaster. Command & Conquer Remastered Collection adalah salah satu contohnya, dan eksekusi remaster-nya benar-benar ditangani dengan baik sehingga para fans veteran maupun penggemar barunya bisa sama-sama menikmati pengalaman RTS orisinal yang memuaskan.

Secara teknis, versi remaster-nya ini mencakup dua game dan tiga expansion pack sekaligus, yang berarti ada banyak sekali skenario peperangan yang bisa pemain nikmati. Dari visual sampai audionya telah dioptimalkan sesuai standar modern, demikian pula beberapa kelemahan di sisi gameplay pada versi aslinya. Selain solo campaign, Anda juga bisa bermain bersama pemain lain di game strategi PC online yang satu ini. Bagi para pelanggan PC Game Pass, Anda bisa langsung memainkannya tanpa perlu keluar uang lagi.

10. XCOM 2

Penggemar game dengan sistem pertempuran turn-based semestinya sudah tidak asing lagi dengan game yang satu ini. Dirilis di tahun 2016, XCOM 2 masih merupakan salah satu game strategi terbaik yang bisa Anda mainkan saat ini, terutama bagi Anda yang selalu mencari tantangan baru dalam setiap sesi permainan. Mulai dari alur cerita sampai gameplay-nya, nyaris tidak ada yang jelek dari XCOM 2. Seandainya Anda masih mendambakan keseruan ekstra, ada expansion berjudul XCOM 2: War of the Chosen yang siap menyapa dengna segudang konten baru.

Satu hal yang tidak terlupakan dari XCOM 2 adalah betapa kreatifnya game ini dalam hal membatasi gerak-gerik pemain demi memberikan tantangan lebih, sehingga pada akhirnya pemain juga harus lebih kreatif dalam setiap pengambilan keputusan. Kalau Anda harus memilih satu game strategi yang tidak boleh dilewatkan, jangan segan menunjuk XCOM 2.