22 September 2022

by Glenn Kaonang

10 Game Browser Terbaik yang Bisa Dimainkan Secara Gratis

Deretan game browser terbaik yang dapat dimainkan secara cuma-cuma di sela-sela aktivitas bekerja atau belajar

Bermain game adalah salah satu cara termudah untuk melepas penat. Entah ketika sedang bekerja atau belajar, pasti ada kalanya kita merasa jenuh atau bosan, dan bermain game adalah salah satu obat yang paling jitu untuk mengatasinya. Namun ketimbang harus beranjak dari depan laptop atau mengalihkan perhatian kita ke smartphone untuk bermain game, kita sebenarnya juga bisa menikmati yang namanya game browser.

Game browser ada banyak, namun yang bisa dikategorikan sebagai yang terbaik adalah yang mampu mengisi jeda waktu singkat di sela-sela kegiatan bekerja ataupun belajar. Itu artinya kita sama sekali tidak perlu mengunduh apa-apa, dan game-nya pun bisa langsung dimainkan sesaat setelah kita mengetikkan alamat situsnya dan menekan tombol Enter.

Karena hanya memerlukan sebuah browser, spesifikasi laptop atau PC yang digunakan pun juga tidak harus yang berstandar gaming. PC standar kantoran pun juga bisa digunakan untuk bermain game browser, dan ini berlaku untuk game browser yang lebih kompleks daripada Chrome Dino ataupun Wordle. Namun tentu saja, risiko dimarahi bos harus ditanggung sendiri.

Di artikel ini, saya telah merangkum 10 game browser terbaik yang bisa dimainkan secara gratis di sela-sela aktivitas bekerja atau belajar. Semua game dalam daftar ini dapat langsung dimainkan di browser modern tanpa memerlukan plugin tambahan. Mendaftar akun juga merupakan langkah yang opsional di game-game ini, sehingga waktu istirahat Anda yang singkat tidak akan terbuang sia-sia.

Daftar game browser terbaik yang dapat dimainkan secara gratis

1. Agar.io

Simpel tapi adiktif, demikianlah cara termudah mendeskripsikan Agar.io. Sepintas, game ini mungkin terlihat begitu gampang, namun seiring Anda mulai bermain, game-nya akan terasa cukup menantang. Di setiap sesi permainan, Anda akan memulai sebagai sebuah makhluk bersel tunggal berwujud lingkaran kecil, yang perlahan akan terus membesar seiring Anda memakan titik-titik kecil di sekitarnya.

Di awal, gerak-gerik lingkarannya akan terasa gesit, dan ini penting karena Anda harus menghindari lingkaran-lingkaran besar yang berusaha memakan Anda. Selagi diameter lingkaran Anda makin besar, pergerakannya akan semakin lamban, dan Anda juga harus memakan pemain lain (yang lebih kecil) jika ingin bertambah besar lagi.

Dirilis pertama kali di tahun 2015, Agar.io sempat meledak popularitasnya di kalangan streamer Twitch. Menariknya, game ini sampai sekarang masih memiliki cukup banyak pemain, dan kesuksesannya berhasil menginspirasi banyak game lain yang mengangkat premis serupa — yang umumnya juga memakai embel-embel ".io" pada namanya.

2. Slither.io

Premis yang diangkat Slither.io sebenarnya tidak jauh berbeda dari Agar.io: dengan memakan titik-titik kecil yang tersebar, maka karakter Anda akan terus bertumbuh. Bedanya, karakter Anda di sini bukan sebatas lingkaran, melainkan seekor ular yang akan terus bertambah panjang. Anggap saja Slither.io sebagai hasil kawin silang Agar.io dan game andalan ponsel Nokia zaman lawas.

Faktor lain yang membedakan Slither.io adalah, Anda tidak bisa memakan pemain lain di game ini. Meski begitu, Anda bisa menjebak mereka supaya menabrak tubuh Anda, lalu memakan sisa-sisa mayatnya. Ya, cukup brutal kalau dipikir-pikir.

Sama seperti Agar.io, Slither.io juga membebaskan para pemain untuk mengkustomisasi skin ularnya masing-masing. Tidak lama setelah dirilis di tahun 2016, Slither.io pun juga sempat populer di kalangan influencer.

3. War Brokers

War Brokers adalah sebuah battle royale yang menyamar sebagai game browser. Tampilan serba voxel-nya memang kelihatan simpel, tapi secara gameplay, War Brokers bisa dibilang cukup adiktif. Mode permainan yang ditawarkan ada empat — 4 vs 4, 8 vs 8, battle royale, survival — akan tetapi saya biasanya langsung klik tombol "Play Now" dan mulai bermain.

Jumlah pemain War Brokers sepertinya cukup banyak, terbukti dari begitu cepatnya saya bisa masuk ke sesi permainan bersama sejumlah pemain lain. Ada beberapa variasi senjata yang bisa digunakan, dan pemain juga bisa mengendarai sejumlah kendaraan yang tersebar di map.

Sesuai kriteria game browser terbaik yang sudah saya singgung, War Brokers dapat dimainkan tanpa harus login dengan akun apa pun. Namun jika Anda memutuskan untuk membuat akun, Anda pun bisa menjalani sejumlah side mission untuk memperoleh hadiah.

4. Zombs Royale

Battle royale dengan dukungan hingga 100 pemain yang bisa dimainkan di browser komputer? Itulah Zombs Royale. Gameplay-nya ibarat hasil peleburan Fortnite dan PUBG, sementara tampilan visualnya seperti game Prison Architect yang digabung dengan perspektif top-down ala Grand Theft Auto era PS1.

Untuk ukuran game browser yang dapat dimainkan tanpa plugin tambahan, Zombs Royale tergolong cukup mengesankan. Variasi senjata yang ditawarkanya sangat melimpah, demikian pula sejumlah item pendukung seperti granat maupun tameng. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2018, Zombs Royale tidak butuh waktu lama untuk menjaring jutaan pemain setiap harinya, dan itu pada akhirnya memicu pengembangnya untuk menggarap versi Android dan iOS-nya.

5. 8 Ball Pool

Kalau Anda pernah mendengar nama Miniclip, Anda semestinya sudah kenal betul dengan game yang satu ini. Meski sudah berumur, 8 Ball Pool masih cukup diminati hingga sekarang, dan Anda tidak akan butuh waktu lama untuk dipertemukan dengan pemain lain setiap kali menekan tombol Play, termasuk saat bermain tanpa login sekalipun.

Namanya biliar, durasi setiap sesi permainan di 8 Ball Pool pasti sangat bergantung pada skill masing-masing pemain. Untungnya, cara bermain dalam game ini tergolong sangat mudah untuk dikuasai — jauh lebih mudah daripada kebanyakan game biliar dengan tampilan 3D yang lebih mengutamakan realisme. Kalau Anda cuma punya waktu 5 menit untuk istirahat, 8 Ball Pool bisa jadi pendamping yang tepat.

6. Catan Universe

Catan adalah salah satu board game yang sangat populer, dan sekarang versi digitalnya dapat kita mainkan secara cuma-cuma melalui browser. Di Catan Universe, Anda bisa memilih untuk bermain melawan pemain lain atau AI, dan seandainya Anda belum pernah tahu cara bermain Catan sebelumnya, ada sesi tutorial yang bisa Anda ikuti terlebih dulu.

Secara umum, Catan adalah sebuah permainan yang akan menguji kemampuan pemain dalam bernegosiasi dan berpikir strategis. Maka dari itu, game ini mungkin akan lebih cocok dimainkan saat Anda punya waktu istirahat yang cukup panjang.

7. Freeciv

Terinspirasi oleh seri game Civilization, Freeciv adalah game strategi yang sarat dengan elemen 4X (explore, expand, exploit, exterminate). Bedanya, Freeciv dapat dimainkan langsung dari browser tanpa perlu mengunduh apa-apa. Dari segi tampilan, Freeciv kelihatan paling mirip seperti Civilization II, dan kebetulan keduanya memang sama-sama dirilis ke publik pada tahun 1996.

Di Freeciv, Anda bisa memilih untuk bermain sendiri bersama AI atau melawan pemain-pemain lain. Yang paling menarik, ada opsi Longturn yang dapat dimainkan oleh 300 pemain sekaligus, dengan masing-masing pemain menjalankan satu turn atau giliran setiap harinya. Tipikal game strategi, Anda butuh waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan satu permainan di Freeciv, jadi silakan sesuaikan sendiri dengan durasi jeda aktivitas Anda.

8. Sort the Court

Simpel, unik, dan menyenangkan, Sort the Court menempatkan pemain sebagai raja atau ratu yang harus mengambil banyak keputusan demi kesejahteraan rakyatnya. Setiap harinya, Anda akan menghadapi banyak permintaan dari banyak individu — tidak selalu manusia. Beberapa ada yang meminta uang, meminta makanan, dan ada juga yang mencoba mengancam kedamaian kerajaan Anda.

Semua petisi tersebut harus Anda selesaikan cukup dengan menjawab ya atau tidak. Kedengarannya mudah, tapi setiap keputusan Anda punya konsekuensi. Salah menjawab, rakyat bisa meninggalkan kerajaan Anda, atau kerajaan Anda bisa jatuh miskin. Menyeimbangkan kebahagiaan rakyat dan kekayaan ini akan selalu menjadi dilema dalam Sort the Court.

Sort the Court bukanlah game yang akan selesai dalam sekali duduk. Namun kabar baiknya, meski ia hanya sebatas game browser, setiap progres Anda akan selalu disimpan, sehingga Anda bisa lanjut bermain di keesokan harinya.

9. Spelunky

Dirilis pertama kali pada tahun 2008, Spelunky kerap disebut sebagai salah satu game platformer terbaik yang pernah ada. Premisnya mungkin kedengaran simpel — Anda harus mengumpulkan sebanyak mungkin harta karun di bawah tanah selagi menghindar dari berbagai macam jebakan dan musuh — akan tetapi eksekusinya benar-benar apik sampai-sampai game ini akhirnya di-port ke banyak platform lain.

Kabar baiknya, Spelunky sekarang juga bisa sepenuhnya dimainkan via browser komputer. Terlepas dari tampilannya yang sederhana, game ini punya banyak mekanisme gameplay yang kompleks dan adiktif. Spelunky juga mengandalkan banyak randomized element dan procedural generation, sehingga setiap sesi bermain akan selalu terasa fresh dan tidak membosankan.

10. Townscaper

Game browser terbaik terakhir yang bisa Anda mainkan di sela-sela aktivitas bekerja dan belajar adalah Townscaper. Game ini benar-benar merupakan game city building yang sangat sederhana — tanpa narasi ataupun tujuan — tapi yang bisa membantu membunuh kebosanan secara efektif.

Tidak ada yang perlu dipelajari di game ini, sebab kontrolnya hanya sebatas klik kiri mouse untuk membangun dan klik kanan untuk menghapus, sementara variasi desain bangunan-bangunannya sepenuhnya ditangani oleh teknik procedural generation. Kalau Anda sekadar ingin rileks setelah berjam-jam berkonsentrasi di depan komputer, langsung saja buka Townscaper dan mulailah membangun pemukiman sesuka hati.

Bonus: Dino Swords

Dino Swords adalah versi lebih kreatif dari Chrome Dino, game platformer bawaan Google Chrome. Di sini Anda tetap menjalankan seekor T-Rex, dan Anda masih harus melompati kaktus demi kaktus menggunakan tombol Space Bar atau klik kiri mouse. Yang berbeda, Anda juga bisa menemukan berbagai macam senjata yang dapat digunakan untuk menebas kaktus maupun sejumlah hewan yang menghadang.

Total ada 26 senjata yang bisa ditemukan, yang masing-masing diwakili oleh satu tombol alfabet. Beberapa juga terkesan sangat konyol, seperti contohnya Double-Edged Sword, yang ternyata tidak boleh digunakan sama sekali kecuali Anda mau si T-Rex bunuh diri.