Dark
Light

Microsoft 365 Copilot Rilis Update Terbaru, Tawarkan Sistem AI yang Lebih Terintegrasi

by
2 mins read
September 18, 2024

Keseriusan Microsoft untuk mengembangkan sistem AI Copilot terus dibuktikan lewat beragam inovasi baru. Melalui Microsoft 365 Copilot, mereka mencoba menyatukan web + work + Pages sebagai sistem kerja baru yang benar-benar terintegrasi.

Pertama, Microsoft memperkenalkan Copilot Pages yang merupakan sebuah platform atau kanvas kolaboratif dinamis yang memungkinkan beberapa pengguna untuk saling bekerja sama dengan AI utnuk menciptakan dan mengelola konten yang sudah dibuat.

Kedua, Microsoft juga mengumumkan penyempurnaan Copilot yang ada di aplikasi Microsoft 365. Lewat pembaruan terbarunya, para pengguna dapat memanfaatkan Copilot di Microsoft Teams untuk melakukan analisa data tingkat lanjut, pengelolaan kotak masuk di email, dan banyak lagi.

Ketiga, diperkenalkannya Copilot Agents yang akan mengoptimalisasikan proses bisnis dan meningkatkan produktivitas tim secara otomatis dengan bantuan AI. Sehingga para pemilik bisnis dapat meningkatkan performa keseluruhan perusahaan secara otomatis.

“Kami sangat antusias untuk membagikan pembaruan ini dengan semua pelanggan kami di seluruh dunia. Mulai dari perusahaan hingga usaha kecil, mereka membantu Copilot menjadi lebih baik setiap harinya.” ujar Jared Spataro, Corporate Vice President, AI at Work Microsoft.

Selain melakukan peningkatan secara menyeluruh, Microsoft juga memberikan pembaruan terhadap Copilot yang berada di aplikasi Microsoft Office dan produk layanan produktivitas mereka lainnya. Adapun peningkatannya sebagai berikut:

 Copilot di Excel

Kabar baik untuk para pengguna Microsoft Excel, karena di pembaruan ini Microsoft mengumumkan bahwa Copilot in Excel sekarang tersedia secara umum. Pengguna kini dapat bekerja dengan data yang belum diformat dalam bentuk tabel hingga melakukan visualisasi seperti grafik dan PivotTable.

Lebih jauh, analisa data yang dapat dilakukan di Excel kini bisa lebih mendalam berkat dukungan Python. Sehingga para pengguna dapat melakukan analisa lanjutan seperti forecasting, analisis risiko, machine learning, dan memvisualisasikan data kompleks hanya lewat perintah sederhana.

Copilot di PowerPoint

Kini PowerPoint dilengkapi dengan Narrative builder yang dapat membantu para pengguna untuk membangun draft peresentasi agar dapat menarik. Sekaligus tetap mengendalikan proses kreatif agar pembuatan presentasi dapat lebih cepat dan menarik.

Ada juga fitur Brand Manager yang membuat Copilot dapat memanfaatkan template brand perusahaan pengguna. Hal ini membuat PowerPoint dapat menyertakan gambar yang disetujui perusahaan dari SharePoint Organization Asset Library milik pengguna.

Copilot di Word

Para pengguna Word kini dapat memasukkan konten dari dokumen dan aplikasi lain dengan cepat. Karena Copilot memungkinkan Anda merujuk tidak hanya data dari web, namun dari sumber lain seperti file, dokumen terenkripsi, hingga data email dan rapat.

Seluruh pengintegrasian informasi ini langsung disertakan ke dalam alur kerja Anda, sehingga Anda dapat menyelesaikan draf pertama yang baik dengan cepat. Pembaruan terbaru meliputi on-canvas start experience dengan rekomendasi prompt untuk memulai proses kreatif pengguna.

Copilot di OneDrive

Copilot in OneDrive kini dapat memindai semua file milik Anda dengan cepat untuk menemukan informasi yang pengguna butuhkan. Sehingga mempermudah pengguna untuk mendapatkan insight, merangkum file, hingga membandingkan file yang ada.

Pengguna dapat membandingkan hingga lima file dengan ringkasan yang jelas serta mudah dibaca, tentang detail dan perbedaan dalam masing-masing file tanpa membuka file tersebut. Copilot in OneDrive sekarang mulai di-roll out, dan akan tersedia secara umum pada bulan ini.

Copilot di Outlook

Untuk masalah email, Copilot akan membatu pengguna untuk mengakses pesan yang penting, menganalisis kotak masuk berdasarkan konten email dan konteks posisi Anda di dalam perusahaan. Sehingga Anda dapat dengan cepat meneruskan atau membalas email.

Email panjang yang masuk juga dapat diringkas secara cepat dan otomatis, ditambah Copilot akan menyertakan alasan mengapa Copilot  memprioritaskan pesan tersebut. Terakhir, pengguna juga dapat mengajari Copilot mengenai topik, kata kunci, atau prioritas terhadap orang tertentu.

Copilot di Teams

Layaknya moderator, Copilot di Teams akan mencatat semua percakapan yang diucapkan maupun melalui chat. Menalar dan menyusunnya ke dalam transkrip untuk memberikan gambaran lengkap tentang apa saja yang dibahas selama rapat berlangsung.

Copilot akan dengan cepat memindai apa yang dikatakan peserta rapat, serta apa yang diketik dalam chat, untuk melihat apakah ada yang tidak terjawab. Sekarang dengan Copilot in Teams, tidak ada pertanyaan, ide, atau kontribusi yang tertinggal.

Agent Builder

Terakhir, Microsoft juga menghadirkan sebuah fitur powerful Agent Builder yang memungkinkan siapapun dapat membuat Copilot Agent langsung di BizChat atau SharePoint dengan cepat. Sehingga pengguna memiliki fleksibilitas untuk membuat Copilot Agent sesuai kebutuhan bisnis.

Kehadiran Agent Builder memungkinkan para pemilik bisnis ataupun pimpinan perusahaan untuk membuat asisten Copilotnya sendiri. Bahkan ketika mereka tidak memiliki keahlian teknis pemrograman untuk membangunnya.

Previous Story

S Pen Adalah Pelengkap Kreativitas di Galaxy Z Fold6

Latest from Blog

Don't Miss

Tips ke Luar Negeri Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series

Sejak hadirnya Galaxy AI di smartphone-smartphone Samsung, banyak pengguna yang

MediaTek Pamerkan Keunggulan dari Chipset Helio G100

Pasar smartphone mid-range memang menjadi salah satu pasar paling ramai