Dark
Light

MPL Indonesia Season 10 Jadi Turnamen Terpopuler Agustus

6 mins read
September 12, 2022
Gen.G keluar sebagai pemenang dari LCK Summer 2022. | Sumber: Inven Global

Pada semester pertama 2022, kompetisi esports dari Mobile Legends terus mendominasi daftar turnamen esports terpopuler bulanan.

Namun, pada Juli 2022, tidak ada kompetisi esports Mobile Legends yang diselenggarakan. Alhasil, daftar turnamen esports terpopuler di Juli 2022 dipenuhi dengan game esports untuk PC.

Liga nasional Mobile Legends kembali digelar di Indonesia pada bulan lalu. Jadi, tidak heran jika kompetisi tersebut ada di puncak dari daftar turnamen esports terpopuler di Agustus 2022.

Satu hal yang menarik, selain liga Mobile Legends, empat turnamen lain yang masuk dalam daftar lima kompetisi terpopuler di bulan lalu mengadu game PC, seperti League of Legends, Dota 2, dan VALORANT.

Berikut daftar turnamen esports paling populer Agustus 2022, berdasarkan data dari Esports Charts.

5. VCT 2022: North America Last Chance Qualifier

VCT 2022: North America Last Chance Qualifier diadakan pada 4-14 Agustus 2022. Disiarkan selama 44 jam 15 menit, kompetisi itu berhasil mendapatkan 30,5 juta views dan 9,7 juta jam hours watched.

Pada puncaknya, ada 631,7 ribu orang yang menonton kompetisi esports online tersebut. Sementara itu, jumlah penonton rata-rata mencapai 218,7 ribu orang.

Data viewership dari VCT 2022: NA Last Chance Qualifier. | Sumber: Esports Charts

Menariknya, pertandingan yang mendapat perhatian paling banyak penonton bukanlah babak Grand Final, tapi pertandingan antara Sentinels dan Guard di hari pertama. Sementara pertandingan terpopuler ke-2 adalah antara Sentinels dan 100 Thieves.

Pertandingan itu menarik 525,6 ribu peak viewers di hari ke-5. Babak Grand Final, yang mempertemukan 100 Thieves dan Guard, hanya menjadi pertandingan terpopuler ke-4, dengan jumlah peak viewers sebanyak 277,8 ribu orang.

Meskipun Sentinels tidak berlaga hingga babak final, mereka merupakan tim esports paling populer di NA Last Chance Qualifier, baik dari segi hours watched maupun jumlah penonton rata-rata.

Tim yang dipimpin oleh Shahzeb “ShahZaM” Khan itu mendapatkan 4,51 juta hours watched sepanjang NA Last Chance Qualifier, dengan jumlah penonton rata-rata mencapai 423 ribu orang.

Daftar tim terpopuler di NA Last Chance Qualifier. | Sumber: Esports Charts

NA Last Chance Qualifier disiarkan di 53 channels Twitch dan mendapatkan 26,6 juta views, serta 181,6 ribu followers baru. Dengan jumlah peak viewers sebanyak 560 ribu orang, Twitch menjadi platform streaming favorit bagi fans untuk menonton kompetisi VALORANT ini.

Selain di Twitch, NA Last Chance Qualifier juga disiarkan di YouTube dan Facebook. Di YouTube, kompetisi tersebut mendapatkan 3,9 juta views, 75 ribu likes, dan 70 ribu peak viewers.

Menurut Esports Charts, NA Last Chance Qualifier masuk dalam daftar 10 turnamen VALORANT paling populer dalam sejarah. Alasannya karena turnamen itu menjadi debut dari Michael “Shroud” Grzesiek, mantan pemain Counter-Strike: Global Offensive yang juga merupakan seorang streamer.

Kehadian Shroud juga menjadi alasan mengapa Sentinels bisa meraih gelar sebagai tim paling populer di kompetisi ini.

4. PGL Arlington Major 2022

Dengan jumlah peak viewers sebanyak 707,9 ribu orang, PGL Arlington Major 2022 duduk di peringkat 4 dalam daftar turnamen esports terpopuler di Agustus 2022. Digelar pada 4-15 Agustus 2022, kompetisi Dota 2 ini memiliki total airtime selama 110 jam 25 menit.

Dari sana, turnamen tersebut mengumpulkan 89 juta views dan 33,7 juta jam hours watched. Rata-rata, jumlah penonton dari turnamen offline tersebut mencapai 305,4 ribu orang.

Viewership dari PGL Arlington Major 2022. | Sumber: Esports Charts

Pertandingan antara PSG.LGD dan Team Spirit di Final Day menjadi pertandingan yang menarik perhatian paling banyak orang. Setelah itu, pertandingan terpopuler ke-2 adalah antara Team Spirit dan Aster, yang menarik 600,9 ribu orang peak viewers.

Pada akhirnya, Team Spirit berhasil keluar sebagai pemenang dari Arlington Major 2022 setelah mengalahkan PSG.LGD dengan skor 3-1. Tak hanya itu, tim asal Rusia itu juga menjadi tim terpopuler di PGL Arlington Major 2022. Dari segi hours watched, Team Spirit mendapatkan 10,5 juta jam.

Sementara dari segi jumlah penonton rata-rata, Team Spirit dapat menarik perhatian 273 ribu orang penonton. PSG.LGD menjadi tim terpopuler ke-2 dengan jumlah hours watched sebanyak 8,26 juta jam dan jumlah average viewers sebanyak 249 ribu orang.

Daftar tim terpopuler di Arlington Major 2022. | Sumber: Esports Charts

PGL Arlington Major 2022 disiarkan di 6 platform streaming game. Twitch menjadi platform streaming terpopuler, dengan jumlah peak viewers sebanyak 573,5 ribu orang. Di Twitch, kompetisi Dota 2 ini ditayangkan di 77 channels dan mendapatkan 63,8 juta views serta 406,8 ribu follows.

Setelah itu, YouTube menjadi platform favorit ke-2 para fans, dengan jumlah peak viewers sebanyak 115,3 ribu orang. Secara keseluruhan, total views di YouTube mencapai 14,9 juta views, dengan jumlah likes sebanyak 291,9 ribu likes.

Sebagai turnamen internasional, PGL Arlington Major 2022 ditayangkan dalam lebih dari 20 bahasa. Siaran dalam Bahasa Rusia menjadi siaran paling populer, dengan jumlah peak viewers sebanyak 370 ribu orang. Setelah itu, siaran terpopuler ke-2 adalah siaran dalam Bahasa Inggris, yang memiliki peak viewers sebanyak 228,7 ribu orang.

3. VALORANT Champions 2022

Peringkat ketiga dalam daftar turnamen esports terpopuler di Agustus 2022 diisi oleh turnamen VALORANT lain, yaitu VALORANT Champions 2022. Menawarkan total hadiah sebesar US$1 juta, turnamen itu baru mulai diadakan pada 31 Agustus 2022 dan akan berakhir pada 18 September 2022.

Saat ini, total airtime dari kompetisi tersebut mencapai 53 jam dan 20 menit. Sementara total views yang sudah terkumpul adalah 80,3 juta views dengan jumlah hours watched sebanyak 26,2 juta jam.

Rata-rata, jumlah penonton dari VALORANT Champions 2022 adalah 491,9 ribu orang. Pada puncaknya, ada 860,3 ribu orang yang menonton kompetisi tersebut.

Sejauh ini, pertandingan yang berhasil menarik perhatian paling banyak penonton adalah pertandingan antara Paper Rex dari Singapura melawan EDward Gaming (EDG) dari Tiongkok.

Viewership dari VALORANT Champions 2022. | Sumber: Esports Charts

Menggunakan hours watched sebagai tolok ukur, saat ini, Fnatic menjadi tim terpopuler, dengan total hours watched sebanyak 4,2 juta jam. Setelah itu, BOOM Esports, yang mengumpulkan 4,14 juta jam hours watched, merupakan tim paling populer ke-2.

Namun, dari segi average viewers, Paper Rex menjadi tim terpopuler, dengan jumlah penonton rata-rata sebanyak 641 ribu orang. Posisi ke-2 ditempat oleh EDG, yang mendapatkan 616 ribu average viewers.

Disiarkan di lima platform streaming gaming, VALORANT Champions 2022 paling banyak ditonton di Twitch. Turnamen itu ditayangkan di 118 channels dan mendapatkan 65,7 juta views, serta 430,4 ribu followers baru. Pada puncaknya, ada 674,6 ribu orang yang menonton kompetisi VALORANT itu di Twitch.

Dengan jumlah peak viewers sebanyak 184,1 ribu orang, YouTube menjadi platform streaming terpopuler ke-2. Secara total, VALORANT Champions mendapatkan 14,2 juta views dan 254,3 ribu likes di platform streaming milik Google tersebut.

2. LCK Summer 2022

Dengan jumlah peak viewers sebanyak 1,3 juta orang, League of Legends Champions Korea (LCK) Summer 2022 berhasil duduk di peringkat 2 dalam daftar turnamen esports terpopuler di Agustus 2022. Tentu saja, pertandingan yang menarik perhatian paling banyak orang adalah babak Grand Final, yang mempertemukan T1 dengan Gen.G.

Viewership dari LCK Summer 2022. | Sumber: Esports Charts

Walaupun Gen.G berhasil keluar sebagai juara, T1 merupakan tim paling populer sepanjang LCK Summer 2022. Buktinya, lima pertandingan terpopuler dari liga nasional itu selalu melibatkan T1. T1 juga memiliki hours watched dan average viewers paling tinggi.

Total hours watched yang didapat oleh T1 mencapai 25,1 juta jam, jauh melampaui hours watched yang didapatkan oleh Damwon Gaming, yang ada di posisi ke-2. Damwon Gaming hanya dapat mengumpulkan total hours watched sebanyak 16,5 juta jam.

Dari segi average viewers, T1 juga unggul dengan jumlah penonton rata-rata sebanyak 409 ribu orang. Gen.G memiliki average viewers terbanyak ke-2, yaitu sebanyak 300 ribu orang.

Daftar tim terpopuler di LCK Summer 2022. | Sumber: Esports Charts

LCK Summer 2022 disiarkan di 5 platform streaming game dan dalam 11 bahasa. Mengingat kompetisi itu adalah liga nasional di Korea Selatan, tidak heran jika siaran dalam Bahasa Korea menjadi siaran terpopuler, dengan jumlah peak viewers sebanyak 636 ribu orang.

Sementara itu, siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran terpopuler ke-2. Siaran dalam Bahasa Inggris mendapatkan total peak viewers sebanyak 471 ribu orang. Siaran terpopuler ke-3 adalah siaran dalam Bahasa Vietnam, yang mendapatkan peak viewers sebanyak 219,4 ribu orang.

Twitch menjadi platform favorit fans untuk menonton LCK Summer 2022. Liga itu disiarkan di 22 channels dan mendapatkan 132,8 juta views serta 171 ribu followers baru. Sementara pada puncaknya, ada 742,9 ribu orang yang menonton LCK Summer 2022 di Twitch. YouTube menjadi platform streaming terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 349,7 ribu orang. Di YouTube, LCK Summer 2022 mendapatkan 34,2 juta views dan 235,6 ribu likes.

1. MPL Indonesia Season 10

Walau baru dimulai pada 12 Agustus 2022, Mobile Legends Professional Indonesia (MPL ID) Season 10 berhasil memuncaki daftar turnamen esports terpopuler di Agustus 2022. Sudah bisa ditebak, pertandingan El Clasico antara EVOS Legends dan RRQ Hoshi menjadi pertandingan paling populer sejauh ini. Pada puncaknya, pertandingan itu ditonton oleh 1,76 juta orang.

Saat ini, RRQ Hoshi dan EVOS Legends juga masih menjadi dua tim esports terpopuler di MPL ID S10. Dari segi hours watched, RRQ Hoshi berhasil mendapatkan 12,09 juta jam dan EVOS Legends 8,67 juta jam. Sementara dari segi average viewers, RRQ Hoshi memiliki 771 ribu penonton dan EVOS Legends 571 ribu penonton.

Lima organisasi esports terpopuler di MPL ID S10. | Sumber: Esports Charts

Total airtime MPL ID S10 sekarang adalah 73 jam 45 menit. Dan sejauh ini, liga nasional itu telah mendapatkan 154 juta views, 31,1 juta jam hours watched, serta 421,9 ribu average viewers. MPL ID S10 disiarkan di tiga platform streaming game dan dalam empat bahasa.

YouTube menjadi platform siaran paling populer, dengan jumlah peak viewers sebanyak 1,5 juta orang. Setelah itu, platform siaran terpopuler ke-2 adalah TikTok, yang memiliki peak viewers sebanyak 178,3 ribu orang, diikuti olehFacebook, dengan peak viewers sebanyak 124,6 ribu orang.

Viewership MPL ID S10 sejauh ini. | Sumber: Esports Charts

Di YouTube, MPL ID S10 mendapatkan 142,9 juta views dan 1,8 juta likes. Mengingat turnamen itu adalah liga nasional, tidak heran jika sebagian besar audiens menonton siaran dalam Bahasa Indonesia. Jumlah peak viewers dari siaran dalam Bahasa Indonesia mencapai 1,57 juta orang. Sementara itu, siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 297,7 ribu orang.

Sumber header: Inven Global

Previous Story

Netflix Berkolaborasi dengan Ubisoft untuk Kembangkan Tiga Game

Next Story

Thetan Arena, Game Blockchain Berbasis MOBA yang Memiliki 25 Juta Pemain

Latest from Blog

Don't Miss

Erajaya Digital Adakan Turnamen Esports Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Dukungan Erajaya Digital terhadap industri esports Indonesia kini memasuki tahun
Champion baru League of Legends, Briar

Mengenal Briar, Champion Baru League of Legends yang Sering Kehilangan Kendali

Sempat muncul bocorannya beberapa waktu lalu, Briar akhirnya resmi diperkenalkan