Dark
Light

Daftar Turnamen Esports Terpopuler di Juli 2022

5 mins read
August 2, 2022
FaZe saat memenangkan IEM Cologne 2022.

Kompetisi Mobile Legends selalu mendominasi daftar turnamen esports terpopuler sejak Februari sampai Juni 2022. Namun, tren ini tidak berlanjut pada Juli 2022 karena ketiadaan kompetisi Mobile Legends. Hal menarik lainnya, kebanyakan kompetisi dalam daftar turnamen esports terpopuler Juli 2022 diisi oleh kompetisi dari game esports untuk PC, seperti VALORANT dan CS:GO.

Berikut daftar turnamen esports terpopuler di Juli 2022, menurut Esports Charts.

5. Riyadh Masters 2022

Riyadh Masters 2022 menawarkan total hadiah sebesar US$4 juta. Dengan begitu, kompetisi tersebut menjadi turnamen Dota 2 dengan total hadiah terbesar, di luar The International dan turnamen Dota 2 Majors dari Valve. Dalam kompetisi itu, ada 10 tim profesional yang bertanding. Semua tim tersebut datang melalui jalur undangan. Pada akhirnya, PSG.LGD keluar sebagai pemenang dan membawa pulang US$1,5 juta. Posisi runner-up diisi oleh Team Spirit, yang memenangkan US$750 juta.

Diadakan pada 20-24 Juli 2022, Riyadh Masters 2022 memiliki total airtime selama 48 jam 50 menit. Kompetisi tersebut berhasil mendapatkan 32,3 juta views dan 9,8 juta hours watched. Pada puncaknya, ada 363,5 ribu orang yang menonton Riyadh Masters 2022. Menariknya, pertandingan yang berhasil menarik perhatian paling banyak penonton bukanlah babak grand final, tapi babak semifinal, yang mempertemukan Team Secret dengan Team Spirit. Meskipun begitu, jumlah penonton babak grand final antara PSG.LGD dan Team Spirit juga tidak kalah banyak, mencapai 357,3 ribu orang.

Data viewership dari Riyadh Masters 2022. | Sumber: Esports Charts

Walau PSG.LGD keluar sebagai pemenang dari Riyadh Masters 2022, Team Spirit sukses memenangkan gelar sebaga tim terpopuler dari segi hours watched. Tim asal Rusia itu mendapatkan 3,84 juta jam hours watched. Sebagai perbandingan, PSG.LGD hanya mendapatkan 3,26 juta jam hours watched. Namun, dari segi average viewers, keduanya mendapatkan jumlah penonton yang sama, yaitu 175 ribu orang.

Twitch merupakan platform favorit bagi fans Dota 2 untuk menonton Riyadh Masters 2022. Kompetisi itu disiarkan di 62 channels di Twitch dan mendapatkan 24,2 juta views, 150,1 ribu follows baru, seta 309,2 ribu peak viewers. Sementara itu, di YouTube, Riyadh Masters 2022 mendapatkan 4,3 juta views, 88,9 ribu likes, dan 77,2 ribu peak viewers.

Sementara dari segi bahasa, siaran dalam Bahasa Rusia menjadi siaran paling populer, dengan peak viewers sebanyak 182,6 ribu orang. Siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 165,1 ribu orang.

4. AIC 2022

Arena of Valor International Championship (AIC) 2022 kembali duduk di peringkat 4 dalam daftar turnamen esports terpopuler di Juli 2022, sama seperti pada Juni 2022. Padahal, jumlah peak viewers dari AIC 2022 menunjukkan kenaikan, dari 473,1 ribu orang pada Juni 2022, menjadi 581,8 ribu orang pada bulan lalu.

Disiarkan selama 85 jam, AIC 2022 mendapatkan 68,7 juta views dan 16,7 juta jam hours watched. Pertandingan paling populer sepanjang AIC 2022 adalah babak grand finals antara tim Taiwan, ONE Team dengan V Gaming dari Vietnam. Akhirnya, V Gaming keluar sebagai pemenang dari AIC 2022. Tak hanya itu, mereka juga memenangkan gelar sebagai tim terpopuler sepanjang AIC 2022. Mereka mendapatkan 6,74 juta jam hours watched dan 277 ribu average viewers.

Data viewership dari AIC 2022. | Sumber: Esports Charts

YouTube merupakan platform streaming paling populer untuk menonton AIC 2022. Di platform ini, AIC 2022 mendapatkan 44,5 juta views, 357,7 ribu likes, dan 409,1 ribu peak viewers. Setelah YouTube, Facebook menjadi platform streaming terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 114,5 ribu orang.

Mengingat betapa populernya V Gaming, tidak heran jika siaran dalam Bahasa Vietnam menjadi siaran paling populer dari AIC 2022. Siaran dalam Bahasa Vietnam mendapatkan peak viewers sebanyak 467,5 ribu orang. Setelah itu, siaran dalam Bahasa Thailand menjadi siaran terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 145,7 ribu orang.

3. ALGS: 2022 Championship

Dengan jumlah peak viewers sebanyak 632,4 ribu orang, Apex Legends Global Series (ALGS): 2022 Championship berhasil duduk di peringkat 3 dalam daftar turnamen esports terpopuler di Juli 2022. Total airtime dari kompetisi ini mencapai 39 jam. Dari sana, ALGS 2022 dapat mengumpulkan 36,1 juta views dan 11,3 juta jam hours watched. Ronde 9 pada Final Day menjadi pertandingan paling populer, diikuti oleh Ronde 8, yang mendapatkan peak viewers sebanyak 609,1 ribu orang.

Viewership ALGS: 2022 Championship. | Sumber: Esports Charts

ALGS: 2022 Championship disiarkan di tiga platform: Twitch, YouTube, dan Facebook. Di Twitch, kompetisi Apex Legends itu disiarkan di 160 channels dan mendapatkan 29,3 juta views dan 214,5 ribu follows. Sementara jumlah peak viewers di Twitch mencapai 500,6 ribu orang, menjadikannya sebagai platform favorit di kalangan fans Apex Legends. Sementara di YouTube, kompetisi ini mendapatkan 6,7 juta views, 84 ribu likes, dan 129,1 ribu peak viewers.

Siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran ALGS 2022 paling populer. Pada puncaknya, siaran dalam ALGS 2022 dalam Bahasa Inggris mendapatkan 429,3 ribu penonton. Setelah itu, siaran dalam Bahasa Jepang menjadi siaran terpopuler, dengan jumlah peak viewers sebanyak 135,5 ribu orang.

2. VCT 2022: Stage 2 Masters Copenhagen

VALORANT Champions Tour (VCT) 2022: Stage 2 Masters Copenhagen digelar selama dua minggu, yaitu pada 10-24 Juli 2022. Disiarkan selama 85 jam 50 menit, kompetisi ini berhasil mendapatkan 85,5 juta views dengan jumlah total hours watched sebanyak 27,3 juta jam. Pada puncaknya, ada 784 ribu orang yang menonton kompetisi VALORANT ini. Pertandingan yang menarik perhatian paling banyak penonton adalah pertandingan grand final antara FunPlus Phoenix dari Eropa dan Paper Rex dari Singapura.

FunPlus Phoenix keluar sebagai juara dari Masters Copenhagen. Tak hanya itu, dari segi hours watched, mereka juga menjadi tim paling populer sepanjang turnamen tersebut. Mereka mendapatkan 10,4 juta jam hours watched. Namun, jika Anda menggunakan jumlah penonton rata-rata sebagai metrik, maka Paper Rex akan menjadi tim terpopuler. Jumlah penonton rata-rata dari Paper Rex mencapai 471 ribu orang.

Data viewership dari VCT 2022: Stage 2 Masters Copenhagen. | Sumber: Esports Charts

Masters Copenhagen disiarkan di 78 channels di Twitch. Di platform milik Amazon tersebut, Masters Copenhagen mendapatkan 68,8 juta views, 283,1 follows, dan 623,8 ribu peak viewers. Dengan ini, Twitch menjadi platform streaming paling populer untuk menonton Masters Copenhagen. Setelah Twitch, YouTube menjadi platform siaran terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 1588,1 ribu orang. Di YouTube, Masters Copenhagen mendapatkan 16,3 juta views dan 336,4 ribu likes.

Dengan jumlah peak viewers sebanyak 459,6 ribu orang, siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran paling populer. Siaran dalam Bahasa Portugis menjadi siaran terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 200,2 ribu orang, diikuti oleh siaran dalam Bahasa Jepang, dengan jumlah peak viewers sebanyak 185,5 ribu orang.

Jika dibandingkan dengan semua turnamen Masters dari VALORANT, Masters Copenhagen memiliki jumlah penonton paling sedikit. Menurut Esports Charts, salah satu alasannya adalah jumlah penonton turnamen VALORANT sangat tergantung pada siaran yang dilakukan oleh community casters.

Faktanya, jika dibandingkan dengan siaran dari channel resmi untuk VCT, channel para casters justru memiliki audiens yang lebih banyak. Buktinya, total hours watched dari channel para casters tidak kalah dari total hours watched yang didapat oleh channel resmi. Padahal, waktu siaran channel resmi lebih lama. Tampaknya, tren ini muncul karena skena esports VALORANT masih relatif baru, jika dibandingkan dengan CS:GO. Jadi, jumlah fanbase mereka belum sebanyak game FPS buatan Valve tersebut.

Channels populer yang menyiarkan Masters Copenhagen. | Sumber: Esports Charts

Sepanjang Masters Copenhagen, siaran dari streamer Tarik menjadi favorit para penonton. Siaran oleh mantan pemain CS:GO itu mendapatkan lebih dari 68,7 ribu average viewers dengan jumlah peak viewers sebanyak 187,8 ribu orang. Sementara di Jepang, community caster yang paling sukses adalah fps_shaka dan di Spanyol, mixwell.

Alasan lain mengapa jumlah penonton Masters Copenhagen tidak sebanyak turnamen VALORANT Masters lainnya adalah karena turnamen ini diadakan bersamaan dengan IEM Cologne 2022.

1. IEM Cologne 2022

Dengan jumlah peak viewers sebanyak 1,2 juta orang, Intel Extreme Masters (IEM) Cologne 2022 berhasil menjadi turnamen esports terpopuler di Juli 2022. Turnamen CS:GO itu digelar pada 5-17 Juli 2022, dengan total durasi siaran selama 93 jam, 20 menit. Secara keseluruhan, IEM Cologne 2022 mendapatkan 74,3 juta views dan 25,8 juta jam hours watched.

Dalam IEM Cologne 2022, dua tim esports paling populer di kalangan penonton adalah Natus Vincere (NAVI) dan FaZe Clan. NAVI memiliki total hours watched sebanyak 9,35 juta jam, sementara FaZe 7,56 juta jam. Dari segi jumlah penonton rata-rata, NAVI mendapatkan 440 ribu average viewers, dan FaZe 403 ribu orang. Melihat popularitas dua tim tersebut, tidak heran jika pertandingan antara keduanya di grand final menjadi pertandingan yang menarik paling banyak penonton. Pada akhirnya, tim yang berhasil membawa pulang trofi IEM Cologne 2022 adalah FaZe Clan, yang belum lama ini telah melakukan IPO.

Viewership dari IEM Cologne 2022. | Sumber: Esports Charts

Twitch merupakan platform favorit untuk menonton IEM Cologne 2022. Buktinya, jumlah peak viewers dari platform itu mencapai 1,1 juta orang. Disiarkan di 36 channels Twitch, IEM Cologne 2022 mendapatkan 69,8 juta views dan 200 ribu follows. Sementara di YouTube, kompetisi ini mendapatkan 4 juta views, 41,6 ribu likes, dan 118,5 ribu peak viewers.

IEM Cologne disiarkan dalam belasan bahasa. Siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran paling populer, dengan jumlah peak viewers sebanyak 621,3 ribu orang. Setelah itu, siaran terpopuler ke-2 adalah siaran dalam Bahasa Rusia, dengan jumlah peak viewers sebanyak 275,2 ribu orang, diikuti oleh siaran dalam Bahasa Portugis, yang mendapatkan peak viewers sebanyak 204,2 ribu orang.

Previous Story

ASUS TUF Dash F15 FX517 Sudah Hadir di Indonesia, Tidak Hanya untuk Gamer saja

NFTiff by Tiffany & Co.
Next Story

Tiffany & Co. Luncurkan NFT Eksklusif, Masing-Masing Datang Bersama Perhiasan Mewah

Latest from Blog

Don't Miss

Review Poco X6 5G Hybrid

Review Poco X6 5G, Performa Ekstrem dan Sudah Dapat Pembaruan HyperOS

Poco X6 membawa layar AMOLED 120Hz dengan Dolby Vision lalu

Review Realme 12 Pro+ 5G, Smartphone Mainstream dengan Zoom Periscope Paling Terjangkau

Realme 12 Pro+ 5G merupakan smartphone paling baru dari realme di