9 March 2023

by Galih

ZTE Hadirkan Tablet 3D AI Pertamanya, Nubia Pad 3D

Tablet ini bahkan dapat digunakan untuk memproduksi konten 3D

Inovasi pada gawai memang terus didorong oleh berbagai brand teknologi saat ini. Tidak melulu performa, beberapa hal unik lain juga terus dikembangkan.

Seperti yang dilakukan oleh brand smartphone asal Tiongkok, ZTE lewat tablet barunya, Nubia Pad 3D. Seperti namanya, perangkat ini diklaim menjadi tablet 3D Ai pertama di dunia.

Nubia Pad 3D sendiri pertama kali ditampilkan oleh ZTE pada gelaran Mobile World Congress 2023. Dalam presentasinya, tablet ini memungkinkan panggilan video, streaming, dan gaming 3D tanpa membutuhkan kacamata khusus.

Tidak hanya sekadar tampilan, fitur 3D ini juga akan diterapkan ke dalam pembuatan konten dan aplikasi. Untuk merealiasikan hal tersebut, ZTE berkolaborasi dengan pengembang teknologi 3D AI terkemuka di dunia,ย Leia Inc.

"ZTE bekerja sama dengan Leia dalam teknologi 3D AI, dengan bangga mengumumkan perluasan portfolio 5G+3D. Dengan teknologi ini, pengguna dapat menikmati pengalaman 3D tanpa memerlukan kacamata." ungkap Ni Fei, Senior Vice President ZTE Corporation dan President ZTE Mobile Devices.

Image credit: ZTE

CEO Leia, Cecilia Qvist juga mengatakan bahwa mereka memang ingin menghadirkan pengalaman 3D ke level baru, baik dalam hal kenyamanan menonton, dan kemudahan untuk membuat konten 3D.

Nubia Pad 3D telah menggunakan 'neural network' yang canggih dan algoritma untuk mengonversi konten 2D massif seperti media streaming, game, film, dll menjadi pengalaman visual 3D yang secara mulus.

Sehingga para pengguna nantinya akan mendapatkan pengalaman visual 3D yang imersif dan unik secara real-time. Leia juga menghadirkan teknologi 3D lightfield yang memberikan sudut pandang 3D nyaman bagi penggunanya.

ZTE bahkan tidak hanya membuat tablet Nubia Pad 3D sebagai perangkat untuk menikmati konten 3D saja, tapi juga perangkat yang mampu memproduksi konten 3D.

Maka dari itu tablet ini dilengkapi dengan dual camera di depan dan di belakang dengan prinsip persepsi stereoskopis. Sehingga hasil foto dari dual camera 16MP di belakang akan menjadi gambar 3D.

Begitu juga dual camera di depan dengan resolusi 8MP yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan video 3D yang unik. Apalagi Leia juga menyediakan software kreatif dalam tabletnya agar pengguna dapat membuat karya visual 3D melalui AI.

Guna mengakomodasi berbagai fungsi 3D yang diusung, Nubia Pad 3D dilengkapi dengan konfigurasi chipset Snapdragon 888 terbaru. Baterai yang dipasang juga tidak tanggung-tanggung, yaitu berkapasitas 9070mAh.

Semua aktifitas pengguna nantinya akan dilakukan pada layar IPS LCD seluas 12,4 inci dengan adaptive dimming 2,5K, resolusi 2560x1600 dan intelligent refresh rate yang mencapai 120Hz. Serta telah dilengkapi dengan empat speaker surround Dolby.

Untuk sekarang, ZTE berencana akan membawa tablet 3D ini ke Thailand dahulu. Sayangnya masih belum diketahui kapan atau apakah Nubia Pad 3D ini akan masuk ke Indonesia.