Dark
Light

Review Lenovo Yoga Book 9i: Laptop 2 Layar Kencang yang Bisa Dilipat 360 derajat

5 mins read
August 24, 2023

Bosan dengan laptop kerja yang bentuknya “itu-itu” saja? Biasanya memang sebuah laptop berisikan sebuah layar dengan keyboard pada bagian bawahnya. Namun tidak dengan laptop dari Lenovo yang satu ini yang memiliki 2 layar pada bagian atas dan bawahnya. Nama dari laptop tersebut adalah Lenovo Yoga 9i.

Laptop yang sudah hadir di meja pengujian Hybrid semenjak sekitar 3 minggu yang lalu ini memang terlihat indah. Hal tersebut dikarenakan terdapat 2 layar penuh yang bisa disentuh pada bagian atas dan bawahnya. Lenovo juga sudah memikirkan tentang penggunaan keyboard, baik fisik maupun pada layar sentuhnya dengan matang. Mereka yang menggunakan 2 layar pada desktop tentu saja mengerti mengenai kenyamanan saat menggunakannya.

Dengan menyandang nama Yoga, tentu saja laptop ini bisa digunakan dengan memutar bukaan hingga 360°. Bahkan, laptop ini memiliki fungsi lebih banyak jika dibandingkan dengan kebanyakan seri Yoga yang biasanya hanya 4 fungsi, yaitu stand, laptop, tent, dan tentunya tablet. Tambahannya bisa berupa mode dua layar dan layar yang menyambung antara atas dan bawahnya.

Spesifikasi lengkap dari laptop Lenovo Yoga Book 9i yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Lenovo Yoga Book 9i
Prosesor Intel Core i7-1355U (2P+8E/12T) 1,7 GHz Turbo 5 GHz
GPU Intel Iris Xe 96 EU
RAM 16 GB LPDDR5X 6400
Storage SK Hynix HFS001TEJ4X112N M.2 NVMe PCI-e 4.0 1 TB
Layar IPS 13,3 inci 2880×1800 16:10 60 Hz Gorilla Glass
WiFi 802.11 ax atau WiFi 6E
Bobot 1,34 kg
Sistem operasi Windows 11 Home
Dimensi 299,1 × 203,9 × 15,95 mm
Baterai 80 Wh

Berikut adalah hasil pemindaian dari CPU-Z dan GPU-Z

Unboxing

Pada kotak paket penjualannya, akan ditemukan beberapa perlengkapan seperti keyboard bluetooth dan juga pen stylus. Selain itu juga ditemukan charger 65 watt yang menggunakan interface USB-C.

Desain

Pada saat tertutup, Lenovo Yoga Book 9i memang terlihat sama dengan kebanyakan laptop lainnya. Tubuh bagian luarnya memang terbuat dari aluminium sehingga terasa kokoh. Namun pada saat dibuka, langsung terlihat keindahan di mana terdapat 2 layar sentuh yang bisa dipakai seperti layaknya tablet. Dan Lenovo ternyata tidak meninggalkan mereka yang membutuhkan keyboard.

Ada beberapa mode keyboard pada perangkat yang satu ini. Pada saat Anda menyentuhkan 8 titik jari pada layar bawahnya, maka akan muncul sebuah keyboard. Keyboard ini bisa digeser ke atas dan ke bawah dengan 8 jari sehingga kita bisa memilih antara memiliki palm rest dan touch pad atau tambahan layar kecil.

Pada saat keyboard bluetooth-nya ditempelkan pada layar bagian bawahnya, Lenovo juga memberikan 2 pilihan. Jika keyboardnya diletakkan pada sisi atas dari layar bawahnya, maka kita akan mendapatkan palm rest dan touch pad. Jika keyboardnya diletakkan di sisi bagian bawahnya, maka akan muncul jendela Outlook serta Berita. Jika keyboardnya digunakan tanpa ditempel pada layarnya, maka kita dapat menggunakan kedua layar sebagai monitor.

Kedua layar yang ada pada Lenovo Yoga Book 9i menggunakan OLED dengan resolusi 2880×1800 dan refresh rate 60 Hz. Dimensi kedua layar ini sendiri adalah 13,3 inci dengan rasio 16:10. Kedua layarnya diklaim oleh Lenovo sudah menggunakan Gorilla Glass. Palet warna yang didukung kedua layarnya adalah 100% DCI-P3.

Di sisi kanan dan kiri dari perangkat ini hanya terdapat port Thunderbolt 4 saja. Oleh karena itu, pengguna yang ingin memakai port lainnya memang harus membeli USB Hub secara terpisah. Terdapat pula tombol untuk menonaktifkan kamera serta tombol power pada sisi sebelah kanannya.

Sistem operasi yang digunakan pada perangkat ini adalah Windows 11 Home versi 22H2. Laptop ini juga sudah terinstalasi Microsoft Office 365 dan dalam masa trial. Pada laptop ini juga sudah memiliki aplikasi Lenovo Vantage, yang selain memberikan berbagai informasi termasuk garansi, juga menyalakan beberapa fitur tersembunyi.

Pengujian Lenovo Yoga Book 9i

Perangkat Lenovo Yoga Book 9i ini menggunakan prosesor Intel Core i Generasi ke 13 seri U dengan nama kode Raptor Lake. Pada unit yang saya dapatkan, prosesor yang digunakan adalah Intel Core i7 1355U yang memiliki 2 inti prosesor performa, 8 inti prosesor efisien, serta 12 threads dengan kecepatan 1,7 GHz pada P-Core dan saat Turbo-nya menyala akan mencapai kecepatan 5 GHz. Prosesor yang menggunakan arsitektur hybrid ini menggunakan proses pabrikasi 10 nm Intel 7 dengan TDP 15 watt yang bisa meningkat hingga 55 watt saat turbo-nya menyala.

Laptop ini menggunakan grafis terintegrasi yang bernama Intel Iris Xe. Model yang dipakai pada laptop ini memiliki 96 compute unit dan memiliki kecepatan 1,3 GHz. RAM LPDDR5X yang terpasang pada perangkat ini menggunakan rating kecepatan 6400. Untuk media penyimpanannya, Lenovo menggunakan SK Hynix HFS001TEJ4X112NSSD PCIe 4.0 NVMe dengan kapasitas 1 TB.

Mencoba bermain FPS dengan Keyboard sentuh

Mungkin ini terdengar cukup aneh: bagaimana pengalaman bermain dengan menggunakan keyboard sentuh di layarnya. Untuk mencoba hal tersebut, saya melakukan instalasi game Valorant pada perangkat ini. Selain itu, karena tidak mungkin bermain dengan memakai touch pad, saya menancapkan sebuah mouse. Dan game pun dijalankan.

Sebenarnya, bermain game FPS dengan menggunakan keyboard sentuh memang memiliki sensasi berbeda. Sayangnya, keyboard sentuh pada Lenovo Yoga Book 9i tidak mendukung sentuhan 2 tombol kecuali dengan SHIFT dan CTRL. Hal tersebut tentu saja cukup mengganggu karena tombol W, A, S, D sangat sering digunakan dengan menekan 2 tombol atau lebih, seperti untuk strafing.

Saat menggunakan keyboard bluetooth-nya, saya tidak menemukan adanya masalah. Saya bisa bermain dengan cukup nyaman serta bisa memenangkan beberapa ronde pada game ini.

Untuk mengetahui kinerja perangkat ini untuk bermain game, berikut adalah beberapa benchmark yang saya lakukan

 

Nyaman untuk Bekerja

Saat saya menggunakan laptop ini untuk bekerja, ternyata memang sangat nyaman. Dengan menggunakan semua mode keyboard-nya saya bisa mengetik dengan baik, seperti untuk artikel ini. Namun tetap saja, saya masih memilih untuk menggunakan keyboard fisik untuk mengetik sebuah artikel.

Laptop ini memang nyaman untuk digunakan diberbagai kegiatan. Entah itu untuk menonton, mendengarkan musik, bekerja, bermain, serta browsing internet. Dengan hadirnya Dolby pada perangkat ini, sudah pasti bagian hiburan akan menjadi lebih menyenangkan.

Untuk memberikan Anda patokan mengenai kinerja perangkat dengan Intel Core i7-1355u ini, saya akan menggunakan beberapa program benchmark. Hasilnya bisa dilihat pada pengujian Cinebench, Geekbench, serta 3DMark CPU Profile. Untuk kinerja sistem secara keseluruhan, PCMark 10 bisa menjadi panduan untuk mengetahui kinerjanya. Berikut adalah hasilnya.

Pengujian Baterai dalam review laptop Lenovo Yoga Book 9i

Hybrid.co.id menguji laptop yang satu ini berdasarkan berapa lama sebuah perangkat bisa menonton file video 1080p dengan container file MP4. Perlu diketahui bahwa tidak satu tes baterai pun yang mampu memberikan hasil yang sama dengan penggunaan sehari-hari. Hanya saja, sebuah riset pernah dilakukan untuk mengukur pemakaian sebuah laptop.

Hasilnya, untuk nonton video, laptop yang satu ini ternyata bisa bertahan selama 9 jam 44 menit. Hasil tersebut saya dapatkan karena memang kedua layar terlihat menyala. Hasil ini bisa jadi lebih lama saat menggunakan aplikasi seperti Office atau web browsing serta mematikan layar bawahnya. Untuk bermain game, tentu saja hasilnya bisa lebih pendek.

Verdict Review Lenovo Yoga Book 9i

Sebuah pekerjaan memang lebih nyaman dilakukan pada saat menggunakan 2 layar dalam sebuah komputer. Namun, bekerja di mana saja memang tidak mudah membawa 2 layar. Hal tersebut pun telah dipecahkan oleh Lenovo dengan laptop terbarunya yang bernama Yoga Book 9i.

Pada generasi terbarunya ini, Yoga Book 9i menggunakan Intel Core i7-1355u yang memang mampu memberikan kinerja tinggi. Selain untuk bekerja, laptop ini juga bisa dipakai untuk bermain game ringan disela-sela istirahat menghilangkan kepenatan. Hal tersebut juga berarti selain Office, perangkat ini bisa digunakan untuk melakukan editing gambar dan video ringan.

Daya tahan baterai pada perangkat ini memang bukan yang paling panjang, namun masih cukup bisa diandalkan. Perangkat ini pun bisa digunakan dalam berbagai posisi yang membuat kita lebih nyaman. Walaupun begitu, banyaknya aksesori pada laptop ini cukup membuat penggunanya repot saat harus bepergian.

Lenovo menjual laptop Yoga Book 9i dengan harga Rp. 34.999.000. Lenovo memberikan bonus berupa Microsoft Office Home & Student 2021 dan 3 tahun garansi ADP serta PC Game Pass selama 3 bulan. Dengan harga tersebut, Anda bisa memiliki sebuah laptop kencang dengan 2 layar sentuh yang berbeda dari yang lain yang dapat digunakan untuk bekerja serta menikmati hiburan.

Sparks

  • Kinerjanya cukup baik dengan Intel Core i7-1355u
  • Dua layar sentuh dengan warna yang indah dan responsif
  • Memiliki berbagai mode
  • Daya tahan baterainya cukup baik
  • Paket penjualan termasuk aksesorisnya

Slacks

  • Membutuhkan USB Hub untuk memakai berbagai port
  • refresh rate hanya 60 Hz
  • Cukup repot untuk membawa semua aksesorisnya secara bersamaan
Gameplay Zenless Zone Zero
Previous Story

Zenless Zone Zero Unjuk Gameplay Terbaru di Gamescom 2023

Pengisi suara Mario, Charles Martinet
Next Story

32 Tahun Jadi Pengisi Suara Mario, Charles Martinet Pensiun

Latest from Blog

Don't Miss

Tablet Premium Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 Resmi Diluncurkan di Indonesia

Xiaomi kembali menghadirkan inovasi terbarunya di pasar Indonesia dengan merilis

Perkenalkan Seri ThinkPad Teranyar, Lenovo Rangkul Teknologi Keberlanjutan

Lenovo resmi meluncurkan laptop bisnis terbarunya dengan misi ingin membuktikan