YouTube yang selama ini “diprotes” karena dinilai menghambur-hamburkan uang sekarang sudah bisa membalas dengan laporan keuntungan yang dimilikinya. YouTube menyatakan bahwa YouTube sudah mampu menghasilkan profit dan pendapat ini juga didukung dengan laporan kuantitatif yang mendukung.
YouTube saat ini telah me-monetisasi 1 milyar video tiap minggu, dan minggu lalu mereka juga mengumumkan bahwa mereka men-streaming 1 milyar video tiap hari. Dari data itu dapat dilihat bahwa YouTube mendatangkan revenue 1 dari 7 video yang diputar.
YouTube juga menegaskan bahwa hampir semua top advertiser versi AdAge kini telah beriklan di video YouTube dan juga berhasil menjual banner iklan di sidebar yang juga mendatangkan cukup banyak revenue bagi anak perusahaan Google tersebut. Jangan lupa juga label-label besar yang kini bergabung dengan YouTue dan juga kerjasama penjualan afiliasi dengan iTunes dan Amazon MP3 Store.
Jadi, semboyan Google memang terbukti masih sangat relevan : “Build something that people use, and the money will come later“.