Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Integrasi YouTube di Discord Mulai Masa Uji Coba

23 September 2021Yabes Elia

Integrasi YouTube ini sudah mulai muncul di sejumlah server Discord sebagai bagian dari uji coba implementasi kolaborasi antara YouTube dan Discord.

Discord mulai mencoba integrasi YouTube dengan sebuah fitur yang bernama Watch Together. Integrasi YouTube ini sudah mulai muncul di sejumlah server Discord sebagai bagian dari uji coba implementasi kolaborasi antara YouTube dan Discord.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan para pengguna untuk nobar video YouTube. Sebelumnya, fitur ini sebenarnya sempat dites 10 bulan yang lalu sebelum akhirnya menghilang (dan muncul kembali dengan nama baru Watch Together.

Fitur Watch Together sebenarnya sangat mirip dengan ketika seseorang broadcast layar mereka di Discord. Anggota server Discord juga bisa membuat playlist video YouTube dengan menempelkan tautan ke YouTube. Kita juga bahkan bisa mengaktifkan tombol remote yang memungkinkan anggota Discord lainnya dapat mengendalikan pemutar video.

Dengan fitur ini, para pengguna juga bisa mendengarkan musik lewat YouTube di Discord. Namun demikian, mereka mengingatkan jika kita bisa saja melihat iklan saat video tersebut berjalan.

Screenshot: Discord

Buat yang belum tahu, sebelumnya YouTube mematikan dua bot music Discord populer, yaitu Groovy dan Rythm. Groovy merupakan salah satu bot di Discord yang memungkinkan pengguna memutar musik dari YouTube dan digunakan di lebih dari 16 juta server Discord. Groovy pun menutup layanannya pada 30 Agustus 2021. Sedangkan Rythm adalah bot musik paling populer di Discord yang juga memungkinkan pengguna memutar musik dari YouTube dan memiliki lebih dari 560 juta pengguna di lebih dari 20 juta server Discord.

Kemungkinan besar, agresifnya YouTube dalam mematikan 2 bot populer tadi memang ada korelasinya dengan fitur Watch Together. Pasalnya, dengan fitur ini, YouTube tetap bisa mendapatkan pemasukan dari iklan yang diputar.

Sampai berita ini ditulis, fitur ini masih diimplementasikan di server-server keluarga dan kawan-kawan. Dalam beberapa pekan ke depan, fitur ini akan mulai diimplementasikan ke server-server dengan pengguna yang lebih banyak. Discord dikabarkan menargetkan fitur ini dapat digunakan di semua penggunanya di akhir Oktober.

Perjalanan Discord memang selalu menarik untuk diikuti. Beberapa bulan yang lalu, Sony mengucurkan investasi ke Discord dan akan mengintegrasikannya ke PlayStation. Hal tersebut terjadi setelah sebelumnya Discord dikabarkan menolak akuisisi yang ingin dilakukan Microsoft.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV