Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Wacana Microsoft Membeli Discord Seharga Lebih Dari US$10 Miliar

23 March 2021Yabes Elia

Menurut laporan Bloomberg, Microsoft sedang menggulirkan wacana untuk mengakuisisi Discord.

Setelah sebelumnya menggemparkan dunia persilatan dengan mengakuisisi ZeniMax (induk Bethesda) sebesar US$ 7,5 miliar, wacana baru muncul dari Microsoft yang dikabarkan tertarik membeli Discord. Menurut laporan dari Bloomberg, Microsoft sedang berdiskusi untuk membeli Discord seharga lebih dari US$10 miliar.

Discord memang sedang berbicara kepada beberapa pembeli potensial dan Microsoft menjadi yang terdepan dalam diskusi tersebut. Namun, belum akan ada kesepakatan bisnis dalam waktu dekat, menurut beberapa sumber yang menolak untuk disebutkan namanya ke Bloomberg. Discord malah lebih mungkin melakukan IPO ketimbang menjual dirinya, kata salah satu sumber. Sayangnya, perwakilan Microsoft ataupun Discord menolak memberikan komentar mereka.

Sebelumnya, menurut laporan dari VentureBeat, Discord sendiri memang menimbang opsi untuk menjual perusahaannya berkat ketertarikan beberapa pihak yang ingin mengakuisisi mereka.

Best-Discord-Bot-Featured

Discord sendiri memang sebuah layanan komunikasi yang identik dengan komunitas gamer. Menurut klaim mereka sendiri, sejak diluncurkan di 2015, Discord sudah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan di bulan Juni 2020. Dikutip dari Wall Street Journal, Discord juga disebut berhasil meraih pendapatan sebesar US$130 juta di 2020 — naik drastis dari 2019 yang ‘hanya’ US$45 juta.

Sebaliknya, Microsoft juga terlihat agresif dalam melakukan akuisisi belakangan ini — meski sedikit terlihat strateginya berbeda dengan Tencent, yang sama-sama raksasa namun dari timur. Jika Anda tertarik dengan akuisisi Microsoft lainnya, Anda juga bisa membaca tulisan saya tentang apa saja yang bisa terjadi dengan akuisisi Microsoft atas induk Bethesda.

“Kemungkinan Microsoft mengakuisisi Discord memang sangat masuk akal karena perusahaan tersebut (Microsoft) memang mengubah bentuk bisnis gaming-nya lebih mengarah ke software dan services,” ujar Matthew Katerman, Bloomberg Intelligence Analyst.

Microsoft sendiri juga sebenarnya sudah punya Skype namun layanan komunikasi tersebut sepertinya sudah tertinggal jauh jika dibanding dengan layanan komunikasi lainnya. Dari laporan The Verge, di Maret 2020, Microsoft sempat mengungkap bahwa pengguna aktif Skype dalam 6 bulan terakhir mencapai 200 juta orang.

Featured Image via: Reddit

Play video

7 May 2021

HYBRID CUP Tarkam Series - PUBG Mobile Squad

NGABUBURIT sambil main PUBG Mobile buat dapetin uang tunai sebesar Rp. 500000! Kira-kira siapa yang akan menjadi pemenangnya ya? . . . Follow IG: ...

Others from #HybridTV