YouTube Mulai Cegah Penggunaan Ad Blocker di Platformnya

Eksperimen ini tidak menutup kemungkinan untuk diberlakukannya kebijakan baru yang akan menyasar praktik penggunaan ad blocker

YouTube baru-baru ini diketahui sedang melakukan eksperimen terkait penggunaan ad blocker. Hal ini ditemukan pertama kali oleh salah satu pengguna Reddit yang kemudian ia bagikan di forum tersebut.

Peringatan ini muncul ketika salah satu Redditor bernama Sizk100 berniat untuk menonton sebuah video di YouTube. Namun tidak seperti biasanya, ia malah mendapatkan peringatan untuk mematikan ad blocker-nya terlebih dahulu, jika masih ingin menonton video.

Gambar ini cukup menarik perhatian, karena penggunaan ad blocker bukanlah hal yang ilegal. Bahkan ada browser dengan ad blocker built-in yang otomatis aktif tanpa persetujuan dari penggunanya.

Awalnya banyak yang menganggap bahwa screenshot tersebut merupakan hasil rekayasa, karena minimnya pengguna yang mengeluhkan hal yang serupa. Namun ternyata, YouTube angkat suara mengenai perkara ini.

Dikutip dari Bleeping Computer, salah seorang juru bicara dari YouTube ternyata membenarkan hal tersebut. Peringatan di atas merupakan peringatan autentik yang menjadi bagian dari eksperimen kecil mereka.

"Kami sedang menjalankan percobaan kecil dengan skala global, yang mendesak penonton untuk mematikan ad blocker mereka ketika sedang menonton video di YouTube atau yang sedang mencoba YouTube Premium. Teknologi ad blocker sebenarnya bukanlah hal baru dan sudah banyak pihak yang meminta para penggunanya untuk mematikan fitur tersebut secara rutin."

Praktik penggunaan ad blocker sendiri sebenarnya sudah dilakukan selama bertahun-tahun, dan mungkin sejak YouTube belum sepopuler sekarang ini. Di kala itu, notifikasi iklan yang membabi buta sangat mengganggu pengalaman berselancar di dunia maya, sehingga menjadikan ad blocker sebagai solusi atas masalah tersebut.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan ad blocker. Dengan memblokir berbagai iklan dari suatu laman web, maka akan menghemat pemakaian data dan daya baterai, serta proses loading yang lebih cepat. Situs yang dikunjungi juga lebih enak dipandang dan bebas dari iklan-iklan yang tidak bertanggung jawab.

Namun di sisi lain, pemblokiran iklan akibat pemasangan ad blocker sudah pasti akan merugikan platform tersebut dan para konten kreator di dalamnya, baik pada platform video maupun teks seperti Hybrid yang sedang Anda kunjungi saat ini.