Dark
Light

Review Seagate Firecuda LightSaber Collection Special Edition SSD: Penyimpanan Kencang untuk para Penggemar Star Wars

3 mins read
May 16, 2023

Merakit sebuah komputer memang memiliki seni tersendiri. Biasanya, para gamer atau enthusiast merakit komputer mereka dengan indah dan memiliki tema tertentu. Bagi mereka yang suka akan film Star Wars, Seagate punya sebuah media penyimpanan kencang yang bertemakan film perang dengan kekuatan Force tersebut. Perangkat tersebut adalah Seagate Lightsaber Collection Special Edition SSD.

Di bawah nama Seagate, tentu saja Solid State Drive yang satu ini menjadi sebuah barang resmi berlisensi untuk dikoleksi oleh para penggemar Star Wars. Dengan basis SSD Seagate FireCuda 530, seperti yang pernah saya ulas sebelumnya, perangkat ini tentu saja memiliki kinerja yang tinggi. Namun, perbedaan firmware tentu saja akan membuat sebuah perangkat memiliki perbedaan kinerja.

Kali ini, Seagate juga bekerja sama dengan EK Water Block. Mereka lah yang mendesain face plate serta heatsink-nya. Dengan heatsink yang tebal ini, tentu saja membuat SSD ini akan bisa bekerja dengan stabil tanpa kepanasan.

Spesifikasi dari Seagate FireCuda Lightsaber Collection Special Edition SSD yang saya dapatkan adalah sebagai berikut

Spesifikasi Seagate Lightsaber Collection Special Edition SSD
Kapasitas 2 TB
Interface PCIe Gen 4 x4
Tipe konektor NVMe 1.4
Form Factor M.2 2280
Controller Phison PS5018-E18
Jenis memori NAND Micron 176L TLC
Endurance 2550 TBW
Dimensi 80,15 x 25 x 19 mm
Bobot 47 gram

SSD ini dijanjikan akan berlari pada kecepatan 7.300 MB/s. Faceplate yang ditawarkan pun juga bukan hanya Luke Skywalker saja, namun ada 2 lagi lainnya yang tersedia. Seagate memberikan garansi 5 tahun untuk SSD NVMe yang satu ini. Selain itu, garansi yang diberikan juga akan akan terpotong oleh TBW (TeraByte Written) yang ditentukan.

Unboxing

Inilah yang bisa ditemukan di dalam paket penjualan Seagate Lightsaber Collection Special Edition SSD. Dapat ditemukan 2 faceplate lainnya dan kabel 5v 3 pin ARGB.

Desain

Sebagai salah seorang penggemar Star Wars, memegang media penyimpanan yang satu ini memang cukup membuat deg-degan. Desain SSD yang satu ini memang terlihat keren, walaupun terlihat sangat tebal. Tebalnya heatsink ini juga karena adanya modul LED pada bagian atasnya untuk membuat efek lightsaber.

Seperti yang sudah dikatakan di atas, Seagate Lightsaber Collection Special Edition SSD datang dengan 3 face plate yang bisa dicopot-pasang. Face plate tersebut memiliki nama Luke Skywalker, Darth Vader, serta Obi-Wan Kenobi. Uniknya, dibalik face plate tersebut juga ada kutipan kata-kata dari karakter Star Wars tersebut.

Untuk menyalakan efek lightsaber-nya, Anda membutuhkan konektor 5V 3 Pin ARGB pada motherboard komputer. Sayangnya, tidak semua motherboard memiliki pin tersebut. Setidaknya, hal tersebut terjadi pada saya dan beberapa rekan yang saya hubungi. Seagate juga telah memberikan kabel penghubung agar lampu LED yang ada bisa menyala.

Pada sisi SSD-nya, tidak ada perbedaan antara Seagate Lightsaber Collection Special Edition SSD dengan FireCuda 530 yang menggunakan 2 sisi untuk menempelkan NAND flash-nya. Untuk kontrolernya, SSD ini menggunakan Phison PS5018-E18 dengan proses pabrikasi 12 nm dari TSMC. Chip NAND-nya sendiri menggunakan Micron 176-Layer Triple-Level Cell. Dan hadir modul RAM DDR4 buatan Hynix yang berfungsi sebagai cache.

Pengujian Kinerja

Platform NVMe dengan PCIe 4.0 x4 memang sudah lama hadir. Saya masih menggunakan sebuah laptop yang memakai prosesor Intel Core i5 Generasi ke 11 yang memang sudah mendukung PCI express 4.0 dan mampu menjalankan SSD NVMe PCIe Gen 4 x4 dengan kecepatan penuh. Sistem operasi yang saya gunakan adalah Windows 11 terbaru.

Saya cukup kaget saat melakukan pengujian perangkat yang satu ini. Pada Seagate FireCuda 530, saya mampu menjalankan SSD tersebut pada kecepatan maksimalnya. Namun pada Seagate Lightsaber Collection Special Edition SSD, ternyata tidak bisa mencapai angka 7 GB/s. Saya sudah mencoba menambahkan kipas untuk menurunkan panas ke tingkat 38 derajat celcius, namun hasilnya sama saja.

Berikut adalah hasil pengujian dari ATTO DiskBench serta 2 versi dari Crystal Disk Mark. Tidak satu pun pengujian yang mampu mencapai angka 7 GB/s. Saya masih belum tahu apakah hal ini disebabkan versi Windows 11 yang lebih baru atau memang firmware baru dari Seagate Lightsaber Collection Special Edition SSD. Walaupun begitu, hasil perolehan ini cukup menunjukkan bahwa SSD tersebut sangat kencang.

Beda kecepatan sekitar 300 MB/s untuk sebuah SSD NVMe mungkin tidak terasa saat menggunakannya. SSD ini mampu me-load Windows 11 serta beberapa game dengan sangat cepat. Saat melakukan pengujian, panas yang ada mampu tertahan pada angka sekitar 55-60 °C, lebih dingin dari FireCuda 530 yang pernah saya uji dulu.

Kinerja seperti ini memang cocok untuk para gamer dan editor yang butuh penyimpanan berkinerja tinggi. Gamer butuh agar permainan yang dijalankan bebas dari lag dan lambatnya loading. Untuk para editor, membutuhkan kinerja kencang karena rendering gambar dan video akan terbantu sehingga kinerja prosesor akan lebih optimal. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tampilan SSD yang keren.

Verdict

Sebuah barang collectible baru dengan tema Star Wars hadir di Indonesia untuk para penggemar film perang bintang tersebut. Hal ini tentu saja untuk memuaskan para gamer serta enthusiast yang menginginkan setup desktop keren. Hal tersebut dipuaskan oleh Seagate dengan Lightsaber Collection Special Edition SSD.

Contoh pengaplikasian dengan kabel 5v 3 pin ARGB. Sumber gambar: Seagate

Kinerja dari SSD collectible yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Hasil kinerja di atas 6 GB/s memang sudah memastikan semua game dan rendering akan berjalan dengan cepat. SSD ini juga bekerja dengan suhu yang tidak terlalu panas karena tebalnya heatsink yang digunakan. Jaminan TBW sebesar 2,55 petabyte membuat SSD ini akan bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Seagate Lightsaber Collection Special Edition SSD dengan kapasitas 2 TB dijual dengan harga Rp 5.118.000 dan Rp 4.550.000 pada harga promosi. Harga ini bahkan lebih rendah dari saat pertama FireCuda 530 diluncurkan. Harga ini tentunya sangat pas untuk sebuah SSD dengan kapasitas besar dan memiliki desain unik bagi para penggemar Star Wars. So, may the force be with you.

Sparks

  • Kinerja tinggi mencapai hampir 7 GB/s
  • Desain unik dan keren dengan lightsaber warna warni
  • Garansi yang panjang 5 tahun
  • TBW yang cukup besar dengan 2550 TBW
  • Heatsink dari EKWB yang menjamin suhu tetap terjaga

Slacks

  • Harganya masih tergolong mahal
  • Butuh konektor 5v 3 Pin ARGB untuk menyalakan lightsaber
Fitur generative AI di Android
Previous Story

5 Fitur Generative AI yang Akan Segera Hadir di Android 14

YouTube mulai cegah ad blocker
Next Story

YouTube Mulai Cegah Penggunaan Ad Blocker di Platformnya

Latest from Blog

Don't Miss

Lexar Luncurkan NM790, Ares DDR5 RGB 6400, SD Card Silver Pro, serta SL600 Portable

Lexar, merek global terkemuka untuk Flash Memory, baru saja merilis

Review Klevv CRAS C930: Kencang dan Bisa Memilih dengan Heatsink atau Tidak

Saat memiliki sebuah SSD, kadang kita belum tahu akan digunakan